Resident Evil 2 versi orisinal dan remake.
Resident Evil 2 versi orisinal dan remake.

Remastered, Remake, dan Reboot di Game, Apa Bedanya?

Teknologi games tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 03 Desember 2019 12:26
Jakarta: Industri game bisa dibilang tidak kehabisan ide melainkan menyegarkan game lawas yang terkenal. Hal ini kemudian mendorong munculnya penyebutan game dengan embel remastered di judulnya.
 
Baru di judulnya, industri game juga kemudian diramainkan istilah remake dan reboot. Bagi gamer awam mungkin bingung dengan ketiga istilah ini. Berikut Medcom.id sudah merangkum beragam definisi sehingga diperoleh perbedaan dari remastered, remake, dan reboot di dalam game.
 
Apa itu remastered? Remastered lebih ditujukan peningkatan kualitas grafis yang diikuti peningkatan kebutuhan tingkat teknologi komponen pengolahan grafis. Misalnya, game Assassin's Creed Remastered dan Call of Duty 4: Modern Warfare Remastered.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tujuan dari Remastered dilihat sebagai keinginan gamer memainkan lagi game lawas tapi dengan kualitas resolusi yang lebih tinggi. Di game versi remastered tidak ada perubahan cerita maupun gameplay. Jadi masih serupa dengan versi orisinal.
 
Satu tingkat di atasnya ada game versi remake. Versi remake berfokus menyajikan game yang tidak hanya menyediakan peningkatan kualitas grafis tapi gameplay juga berubah tanpa menyentuh perubahan cerita di dalamnya.
 
Misalnya, Resident Evil 2 buatan Capcom seri orisinal angle kamera menggunakan jenis fixed camera dan seri remake menjadi third person view. Di dalamnya juga ada penambahan gameplay misalnya crafting item dengan cara baru atau gameplay atau sistem mekanik yang tidak ada di versi orisinal.
 
Kini sampai di istilah ketiga yaitu game versi reboot. Jadi tidak hanya ada perubahan kualitas grafis, tapi juga ada gameplay atau sistem mekanik yang baru. Lebih jauh lagi ada perubahaan ke cerita, sehingga bisa saja menyajikan spin-off yang menjadi sekuel, atau lebih menarik lagi sebagai prekuel.
 
Contoh game reboot adalah Call of Duty: Modern Warfare 2019 yang dahulunya bernama Call of Duty 4: Modern Warfare. Versi reboot tersebut juga menjadi cerita prekuel dari seri orisinal.
 
Di satu sisi, mungkin banyak pihak menilai developer atau publisher terkesan buntu tidak bisa menyajikan game baru. Namun, ketiga langkah ini justru bisa memicu kehadiran ide atau franchise game baru.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif