Fitur baru WhatsApp bernama View Once yang otomatis hapus foto dan video setelah dilihat penerima.
Fitur baru WhatsApp bernama View Once yang otomatis hapus foto dan video setelah dilihat penerima.

Tips & Trik

Cara Buat Foto dan Video di WhatsApp Otomatis Hilang Setelah Dilihat Penerima

Teknologi media sosial teknologi tips dan trik teknologi whatsapp
Cahyandaru Kuncorojati • 04 Agustus 2021 11:08
Jakarta: Hari ini WhatsApp resmi merilis fitur baru yang sempat dipamerkan pada bulan Juni, fitur ini diberi nama View Once. Namanya memang menggambarkan fungsinya, jadi foto dan video yang dikirim ke penerima akan otomatis terhapus setelah dilihat.
 
Foto dan video tersebut sama sekali tidak akan tersimpan di memori perangkat atau smartphone penerima. Jadi fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengirim foto atau video sambil tetap menjaga privasi pengirim atau memiliki data tersebut.
 
Tentu saja fitur View Once ini tidak langsung aktif. Pengguna bisa memilih foto dan video yang bakal otomatis dihapus setelah dilihat penerimanya. Bagaimana cara menggunakan fitur WhatsApp View Once ini?
  1. Lakukan langkah seperti akan mengirim foto atau video lewat WhatsApp.
  2. Setelah Anda memilih foto atau video yang akan dikirim biasanya akan muncul halaman untuk menuliskan teks atau caption yang menjadi keterangan foto atau video.
  3. Sebelum menekan tombol panah Kirim atau Send di sebelahnya akan ada ikon dengan angka “1”. Pilih ikon ini untuk mengaktikan fitur View Once di foto atau video tersebut sehingga akan otomatis terhapus setelah dilihat oleh penerimanya.
  4. View Once akan aktif dengan tanda ikon “1” berwarna hijau. Apabila Anda ingin membatalkannya cukup tekan kembali ikon tersebut sehingga warnanya menjadi abu-abu.
  5. Terakhir, lanjutkan dengan menekan tombol panah Kirim atau Send.
Penerima WhatsApp akan mengetahui apabila Anda menggunakan fitur ini View Once pada foto dan video yang dikirim. Hal ini ditandai dengan ikon angka “1” di file yang diterima.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tentu saja penerima WhatsApp masih bisa melakukan screenshot atau screen recorder saat melihat foto atau video yang dikirim jadi mereka masih bisa menyimpan file tersebut meskipun akan merepotkan.
 
Di Instagram juga terdapat fitur yang serupa tapi perbedaannya adalah yang terhapus bukan sekadar foto dan video melainkan semua percakapan. Fitur ini bernama Vanish Mode, saat diaktifkan maka semua percakapan yang terjadi di dalam mode ini akan otomatis terhapus atau tidak tersimpan di aplikasi Instagram.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif