Beberapa gadget bisa tetap berfungsi dan membantu penggunanya saat listrik padam.
Beberapa gadget bisa tetap berfungsi dan membantu penggunanya saat listrik padam.

Antisipasi Listrik Padam, Siapkan Beberapa Gagdet Ini

Teknologi teknologi pln tips dan trik teknologi hardware listrik padam
Cahyandaru Kuncorojati • 05 Agustus 2019 15:37
Jakarta: Padamnya listrik di kawasan Jabodetabek dan sebagian Pulau Jawa dari kemarin hingga hari ini masih menyisakan pekerjaan rumah bagi PT PLN (Persero). Mereka belum bisa memberikan informasi hingga kapan proses pemadaman bergilir berlangsung.
 
Di tengah usaha PT PLN (Persero) membuat pasokan listrik kembali pulih, masyarakat hanya bisa berharap sekaligus mempersiapkan diri apabila kawasan tempat tinggal termasuk yang mengalami pemadaman bergilir.
 
Dari sekian banyak yang dipersiapkan, gadget sudah menjadi barang harus ada dan berfungsi saat listrik padam, salah satunya adalah smartphone. Fungsi telekomunikasinya terutama koneksi internet yang mungkin terputus tetap membuat smartphone bisa jadi sumber hiburan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain smartphone,masih ada gadget lain yang fungsinya akan sangat membantu menunggu pulihnya listrik yang padam. Apa saja? Berikut ini beberapa gadget yang menurut Medcom.id bisa disiapkan untuk menjadi bekal saat bertahan melalui kondisi listrik yang padam.
 
1. Powerbank
Tidak ada solusi paling tepat selain menyediakan sumber daya listrik cadangan yaitu dengan menggunakan powerbank. Fungsi powerbank saat ini tidak hanya untuk mengisi baterai smartphone, tapi juga gadget lain yang sudah menyediakan fitur pengisian daya menggunakan kabel USB.
 
Selain harus mempertimbangkan kapasitas yang dimiliki, beberapa powerbank juga menyediakan daya hantar atau output yang berbeda untuk masing-masing port USB. Tujuannya untuk menyesuaikan kebutuhan daya gadget yang diisi.
 
2. Mobile WiFi atau MiFi
Pada kondisi listrik padam, kemungkinan router WiFi juga ikut tidak berfungsi. Padahal dengan mengandalkan koneksi WiFi serta menonaktifkan fitur koneksi data di smartphone maka konsumsi baterai smartphone bisa lebih hemat.
 
Kabar baiknya semua operator telekomunikasi di Indonesia sudah menyediakan kartu layanan untuk bisa digunakan pada perangkat mobile WiFi atau MiFi. Beberapa ada yang dikunci khusus untuk MiFi tertentu dan ada yang tidak.
 
Keputusan menyediakan MiFi bisa membantu Anda ikut menghemat baterai smartphone. Dianjurkan MiFi tersebut juga menggunakan kartu operator yang berbeda dari yang terpasang di smartphone. Jadi saat salah satu layanan telekomunikasi operator tumbang, Anda bisa mengandalkan layanan operator lain.
 
3. Senter Rechargeable
Alat penerangan bertenaga baterai memang jadi solusi saat listrik padam. Ada dua jenis pilihan yang biasa digunakan, yaitu emergency lamp atau lampu darurat, dan satu lagi adalah senter.
 
Umumnya emergency lamp membutuhkan pengisian baterai dengan cara terhubung langsung ke sumber listrik. Apabila Anda lupa mengisinya, alat ini mungkin tidak berfungsi. Berbeda dari senter yang kini juga menjadi gadget unik dan diandalkan yaitu senter rechargeable.
 
Senter rechargeable memiliki baterai yang bisa diisi ulang dayanya tapi tidak menggunakan baterai jenis zinc carbon maupun alkaline melainkan baterai Litihium-ion seperti smartphone. Senter rechargeable selalu mendukung pengisian daya menggunakan kabel USB.
 
Jadi senter ini bisa tetap digunakan meskipun daya baterainya mulai lemah dengan mengandalkan powerbank untuk mengisi dayanya.
 
4. Kipas Portabel
Apabila listrik padam saat kondisi di siang atau malam hari sekalipun di musim kemarau tentu saja cuaca yang panas akan membuat Anda menjadi kesal. Sekali lagi, gagdet bisa membantu Anda melalui kondisi ini. Caranya dengan menggunakan kipas portabel.
 
Kipas portable yang dimaksud adalah yang memiliki dukungan berupa baterai jenis Lithium-ion di dalamnya sehingga bisa diisi ulang seperti smartphone. Perangkat ini juga mendukung pengisian daya menggunakan kabel USB atau micro USB yang terhubung ke powerbank atau smartphone.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif