Instagram Reels (Digiday)
Instagram Reels (Digiday)

5 Fakta dan Cara Menggunakan Instagram Reels si Pesaing TikTok

Teknologi instagram aplikasi tiktok
Muhammad Syahrul Ramadhan • 24 Juni 2021 11:19
Jakarta: Instagram baru saja meluncurkan fitur Reels untuk Indonesia. Fitur ini sejatinya sudah tersedia di beberapa negara sejak 2020, namun terkunci bagi pengguna Instagram di Nusantara.
 
Instagram Reels yang hadir sebagai pesaing TikTok ini memungkinkan penggunannya untuk membuat video singkat yang dapat dikostumisasi. Mulai dari audio dan musik, video, hingga efek filter.
 
Untuk mengetahui lebih jauh tentang fitur ini, berikut lima fakta dan cara menggunakan Instagram Reels si pesaing TikTok.

1. Mengenal Instagram Reels

Instagram Reels sama dengan TikTok, pengguna dapat merekam video dengan durasi 30 detik. Kemudian bisa melakukan kustomisasi seperti menambahkan efek, menambahkan lagu. Video yang dibuat dengan Instagram Reels dapat dibagikan di Insta Story, explore, dan tab Reels baru di dalam profil pengguna.

2. Mulai kapan tersedia di Indonesia?

Fitur serta konten Instagram Reels untuk pengguna di Indonesia Rabu, 23 Juni 2021. Fitur ini hadir lewat update bertahap, bagi pengguna Instagram yang belum menemukannya bisa mengecek pembaruan atau update aplikasi di Instagram via Google Play Store atau Apple App Store.

3. Fitur di Instagram Reels

Salah satu yang menarik dari aplikasi video singkat seperti TikTok adalah penggunan diberi kebebasan untuk melakukan editing atau penyuntingan lewat berbagai fitur yang disediakan. Begitu juga Instagram Reels.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di dalam Instagram Reels  terdapat fitur pengeditan, pengaturan timer, pengaturan kecepatan, efek AR, hitung mundur, hingga berkolaborasi dengan pengguna lainnya melalui fitur Remix serta menyatukan beragam potongan video.

4. Lagu di Instagram Reels tidak melanggar hak cipta

Instagram memastikan musik di Instagram Reels tidak akan melanggar hak cipta. Ini tentu menjadi angin segar bagi konten kreator di Instagram yang kerap kena semprit karena kontennya terkena copyright.

5. Cara menggunakan Instagram Reels

Sebelum menggunakan fitur Reels pastikan Instagram kamu sudah mendapat update terbaru. Caranya untuk pengguna Android bisa cek di Play Store, dan untuk pengguna iPhone bisa cek Apps Store. Setelah dipastikan mendapat update terbaru Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.
  1. Buka kamera Instagram
  2. Pilih Reels di bawah scroll bar
  3. Pilih beragam peralatan edit di sebelah kiri layar
  4. Pakai tombol perekam untuk membuat klip (bisa juga menggunakan video yang sudah direkam sebelumnya)
  5. Edit atau tekan tombol panah untuk langsung mengunggahnya.

 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif