Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Cara Aktifkan Mode Hemat Baterai di Laptop

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 03 Agustus 2021 14:36
Jakarta: Laptop mungkin jadi perangkat paling tepat untuk menjaga produktivitas selama bekerja di rumah dalam kondisi PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang kini masih diperpanjang hingga tanggal 9 Agustus 2021.
 
Laptop lebih nyaman karena bisa digunakan di mana saja, di atas tempat tidur, di sofa ruang tamu, hingga di meja makan. Berbeda dengan komputer desktop atau PC yang tidak bisa digunakan di mana saja.
 
Kegiatan Anda di laptop mungkin cukup padat mulai dari mengetik sambil melakukan video conference di Zoom. Di momen ini mungkin Anda mulai cemas baterai laptop habis namun Anda mungkin malas untuk beranjak dari posisi saat ini untuk mencari charger atau Anda sedang berada di tengah rapat virtual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di semua laptop terutama laptop Windows 10 sudah ada fitur mode hemat baterai laptop yang bisa diaktifkan dan diatur kapan mode ini mulai menyala. Hal ini bukan fitur baru namu mungkin masih banyak pengguna laptop yang belum mengetahuinya terutama orang tua yang baru saja membelikan laptop untuk anaknya sekolah online.
 
Berikut ini Medcom.id membuat panduan mengaktifkan mode hemat baterai di laptop Windows 10.
  1. Di bagian taskbar atau kolom yang ada di deretan bawah tampilan layar terdapat ikon yang menujukan kapasitas baterai laptop, lokasinya ada di sisi kanan taskbar.
  2. Apabila Anda mengarahkan pointer mouse ke ikon tersebut maka akan langsung muncul persentase kapasitas baterai serta daya tahan yang tersisa, misalnya 50 persen untuk durasi tiga jam 21 menit.
  3. Sekarang klik kiri ikon tersebut menggunakan mouse atau trackpad di laptop sehingga muncul kotak menu di atasnya. Pada menu yang muncul klik tombol Battery Saver setelah itu mode hemat baterai akan langsung aktif dengan tampilan ikon baterai yang berbeda di taskbar.
  4. Battery Saver bisa otomatis nonaktif saat baterai laptop dicas atau bisa dinonaktifkan secara manual dengan langkah yang sama.
Bagaimana cara mengatur mode hemat baterai laptop aktif secara otomatis? Langkah masih sama seperti di atas namun Anda harus mengklik menu Battery Settings, bukan Battery Saver.
  1. Battery Settings akan menampilkan jendela baru berisi halaman menu pengaturan Baterai yang merupakan bagian dari Settings atau Control Panel. Di sini.
  2. Pada halaman pengaturan Battery, cari menu “Turn battery saver on automatically at”.
  3. Di bagian bawah menu tadi akan tersedia angka persentase baterai, ubah pilihan kapasitas baterai yang diinginkan agar mode Battery Saver otomatis menyala. Pilihannya mulai dari kapasitas 10 persen hingga 50 persen atau selalu menyala (Always).
Medcom.id menyarankan agar tidak memilih kapasitas baterai 10 persen karena pengguna kerap lupa untuk mencari charger demi enggan menunda kegiatan atau pekerjaannya di laptop. 
 
Akibatnya laptop segera masuk ke mode sleep sebelum baterainya sempat dicas. Kondisi baterai laptop yang habis total atau hanya tersisa sedikit juga rentang mengurangi usia baterai laptop. Makanya jangan pernah lupa untuk mengisi daya baterai saat sudah memasuki mode Battery Saver.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif