Tampilan halaman utama Microsoft Edge.
Tampilan halaman utama Microsoft Edge.

Tips & Trik

Cara Unduh Microsoft Edge Terbaru Berbasis Chromium

Teknologi teknologi microsoft tips dan trik teknologi aplikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 17 Januari 2020 16:46
Jakarta: Microsoft menjadi perhatian karena mereka baru saja merilis peramban internet versi terbaru dari Edge. Meskipun masih dengan nama yang sama tapi tampilan dan fitur di dalamnya diklaim jauh lebih baik.
 
Hal lain yang menarik adalah Microsoft Edge ini punya tampilan atau antarmuka yang sangat mirip dengan Google Chrome. Tidak mengherankan karena Microsoft Edge akhirnya mengadopsi open-source platform Google Chromium yang juga digunakan untuk Google Chrome.
 
Microsoft Edge versi terbaru sudah tersedia untuk sistem operasi Windows 10 dan MacOS. Kabarnya, aplikasi tersebut juga sudah hadir untuk mobile di perangkat Android dan iOS. Cara mendapatkannya adalah dengan mengunduh gratis dari situs resmi Microsoft.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama, masuk ke situs resmi Microsoft. Apabila Anda bingung, cukup masukan kata pencarian Microsoft Edge di layanan pencarian Google. Anda akan menemukan satu tautan resmi dari Microsoft dan langsung berada di halaman untuk mengunduhnya.
 
Kedua, setelah mengunduh aplikasi Microsoft Edge maka jalankan installer. Nantinya ikon aplikasi Microsoft Edge yang lama akan berubah dengan ikon yang baru.
 
Bagi Anda yang tidak mau mengunduhnya, tidak masalah. Microsoft menyatakan akan merilis Microsoft Edge versi terbaru melalui update Windows 10 yang akan diterima desktop dan laptop dalam waktu dekat. Jadi semua Microsoft Edge di perangkat pengguna akan menerima pembaruan.
 
Kini Anda bisa menjalankan aplikasi Microsoft Edge versi terbaru. Di halaman pertama aplikasi Anda akan menerima pilihan untuk memindahkan data atau akun Anda di Google Chrome ke peramban ini.
 
Cara Unduh Microsoft Edge Terbaru Berbasis Chromium
 
Hal ini wajar karena Microsoft Edge menggunakan open-source platform yang dimiliki Google. Jadi layanan mereka bisa terintegrasi ke peramban Google. Pengguna juga diberi pilihan untuk login menggunakan akun Microsoft.
 
Pengalaman Medcom.id mulai mencoba Microsoft Edge adalah aplikasi ini punya antarmuka yang serupa Google Chrome. Kami hampir tidak perlu menelusuri bagian menu utnuk menemukan fitur atau konfigurasi lainnya.
 
Cara Unduh Microsoft Edge Terbaru Berbasis Chromium
 
Microsoft Edge terbaru disebut punya fitur bernama Collection yang fungsinya belum jelas. Penjelasan yang kami temukan menyatakan bahwa beragam file atau konten akan bisa dikumpulkan dan ditemukan dengan mudah di fitur ini.
 
Satu-satunya fitur yang cukup bagus adalah Microsoft Edge ini sangat berfokus ke perlindungan privasi penggunanya. Di bagian awal konfigurasi Medcom.id menerima opsi jenis perlindungan privasi dari tracker yang bisa digunakan oleh iklan di situs atau web.
 
Di perlindungan tingkat Basic, Microsoft Edge mengklaim akan memblokir tracker yang terindikasi berbahaya tapi tetap membiarkan tracker situs yang dikunjungi melakukan kurasi konten dan iklan. Beralih ke tingkat Balanced, peramban ini akan memblokir semua tracker berbahaya termasuk kunjungan Anda ke sebuah situs yang tidak dikenal.
 
Cara Unduh Microsoft Edge Terbaru Berbasis Chromium
 
Di tingkat lebih tinggi yaitu Strict, Microsoft Edge akan memblokir semua tracker tanpa terkecuali. Hal ini diklaim membuat pengguna lebih aman tapi akan berimbas ke beberapa fitur di situs yang dikunjungi tidak bekerja secara normal.

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif