Keping kartu RAM di motherboard. (Gamestation)
Keping kartu RAM di motherboard. (Gamestation)

Berapa RAM yang Dibutuhkan di PC Masa Kini?

Teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Juli 2019 11:09
Jakarta: Tak hanya di smartphone, RAM adalah salah satu aspek penting di komputer. RAM ikut menentukan kemampuan PC menerima beban kerja sebanyak mungkin, multitasking, dan memenuhi permintaan software atau kegiatan komputasi tertentu.
 
Seperti yang diketahui, saat ini kapasitas RAM 4GB sudah menjadi persyaratan minimal untuksmartphone. Berbeda dengan smartphone, kapasitas RAM pada PC bisa dikonfigurasi atau ditentukan langsung. Sayangnya, harga komponen RAM tidak murah.
 
Umumnya harga komponen RAM juga menentukan performa, juga daya tahan atau usia pakai komponen tersebut. Dikutip dari ZDnet,PC dengan kapasitas RAM 4GB saja sudah cukup tergantung dengan jenis kebutuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapasitas RAM 4GB menjadi kebutuhan minimum untuk menjalankan sistem operasi 64-bit, termasuk menggunakan software pengolahan dokumen dan penyuntingan foto ringan seperti yang dilakukan pekerja kantoran.
 
Di pasar juga ada PC yang menawarkan kapasitas RAM 8GB. Tentu saja meningkatkan kapasitas RAM membuka peluang bagi PC untuk bisa melakukan komputasi yang lebih berat, membuat komputer dapat menjalankan software yang lebih rumit sekaligus canggih.
 
Pada kapasitas RAM 8GB, kini PC yang digunakan bisa mendukung pengolahan foto yang lebih kompleks dan detail sekaligus kemampuan untuk melakukan rendering video dengan kualitas HD. Bagi pengguna yang berlangganan layanan lengkap Adobe Creative Cloud maka wajib memiliki kapasitas RAM 8GB.
 
Bagaimana dengan kebutuhan bermain game? Kapasitas RAM 8GB sebetulnya sudah bisa memainkan game kelas AAA. Dengan catatan, resolusinya harus di tingkat konfigurasi rendah, agar PC dapat melakukan loading grafis yang cepat.
 
Bagi para gamer, sangat dianjurkan untuk menggunakan PC dengan kapasitas RAM 16GB. Di kapasitas tersebut, PC juga bisa digunakan untuk mendukung lebih banyak software populer seperti Adobe Premiere Pro, Adobe Photoshop, dan Adobe After Effects. Anda bahkan akan bisa membiarkan PC membuka beberapa software sekaligus. Proses berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain akan berjalan lancar.
 
Kapasitas RAM 16GB juga mendukung software desain atau 3D modelling seperti CAD dan kemampuan rendering video di kualitas 4K. Artinya banyak software atau kegiatan komputasi yang berat bisa dilakukan bersamaan. Sejauh ini kapasitas RAM 16GB sudah sangat mencukupi meskipun Anda masih bisa menambahkan lagi kapasitasnya hingga 32GB.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif