Perubahan logo yang menandakan versi terbaru Microsoft Edge.
Perubahan logo yang menandakan versi terbaru Microsoft Edge.

Tips & Trik

Cara Pasang Google Search di Microsoft Edge Chromium

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 05 Agustus 2020 12:55
Jakarta: Microsoft mulai menggulirkan update ke perangkat dengan sistem operasi Windows 10 yang di dalamnya juga berisi sistem peramban atau browser internet mereka yitu Microsoft Edge baru versi Chromium.
 
Meskipun masih terbilang baru dan selama ini browser buatan Microsoft dianggap buruk, tapi di versi Chromium ternyata tersedia banyak perubahan. Di sisi tampilan atau antarmuka, Microsoft Edge versi Chromium masih sangat mirip dnegan Google Chrome.
 
Hal ini disebabkan Microsoft Edge terbaru menggunakan engine Chromium open-source yang disediakan oleh Google. Namun di segi konsumsi memori RAM banyak pihak yang sudah mengakui bahwa Microsoft Edge Chromium jauh lebih ringan dibandingkan Google Chrome.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Efeknya ke sistem perangkat adalah aplikasi Microsoft Edge jauh lebih ringan saat digunakan. Sayangnya, seperti pendahulunya browser ini hadir dengan pengaturan mesin pencarian bawaan (default) Bing milik Microsoft di bagian kolom Adress Bar.
 
Jadi pengguna yang terbiasa menggunakan mesin pencarian Google untuk "googling" akan kebingungan. Jangan panik, Microsoft Edge ternyata masih memberikan pilihan untuk mengubah opsi mesin pencarian ke Google Search.
 
Berikut ini Medcom.id sudah merangkum langkah untuk mengganti mesin pencarian di Microsoft Edge terbaru atau versi Chromium dari Bing ke Google untuk perangkat PC atau laptop.
 
1. Di aplikasi Microsoft Edge klik ikon tiga titik horizontal yang ada di sudut kanan atas, di bawah tanda "X" atau close. Nanti akan muncul kotak menu kemudian pilih Settings
 
Cara Pasang Google Search di Microsoft Edge Chromium
 
2. Di dalam halaman Settings, akan langsung terlihat kotak dengan ikon kaca pembesar dan kolom bertuliskan "Search settings". Bagian ini bisa digunakan untuk mencari opsi pengaturan dengan cepat dan mudah.
 
Cara Pasang Google Search di Microsoft Edge Chromium
 
Di kolom tadi tuliskan kata "search engine. Selanjutnya akan disajikan hasil pencarian dengan kata kunci tadi. Anda akan melihat opsi menu bernama Adress bar lengkap dengan penjelasannya, pilih menu tersebut
 
Cara Pasang Google Search di Microsoft Edge Chromium
 
3. Langkah selanjutnya adalah memilih mesin pencarian yang akan digunakan secara otomatis di adress bar. Pengguna bisa mengklik kolom yang ada di sebelah teks "Search engine used in the adres bar".
 
Kolom tersebut nantinya akan menyajikan beragam pilihan mesin pencarian, salah satunya adalah Google. Klik "Google" maka proses selesai. Anda
 
Cara Pasang Google Search di Microsoft Edge Chromium
 
Kini setiap kali Anda mengetikan sesuatu yang ingin dicari di kolom bagian atas (adress bar) maka Microsoft Edge akan meyajikan hasil pencarian dari Google Search, bukan Bing.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif