Ini adalah alat yang dirancang untuk membantu pengguna menangkap ide, membuat daftar, dan menyimpan informasi penting dengan cepat dan mudah.
Baca juga: Cara Praktis Buat QR Code Google Maps, Cocok untuk Undangan & Poster Acara |
Sering kali digambarkan sebagai "post-it notes" digital, Google Keep tersedia di berbagai platform, termasuk web, Android, dan iOS.
Fungsi Utama Google Keep
Fungsi utama Google Keep adalah untuk menyediakan tempat yang sederhana dan cepat. Berbagai fungsi yang bisa kamu lakukan seperti:- Mencatat ide dan pikiran sehingga kamu bisa menuliskan ide-ide yang muncul secara spontan, seperti ide untuk proyek, resep, atau topik blog.
- Membuat daftar seperti daftar belanja, daftar tugas (to-do list), atau daftar barang yang harus dibawa saat bepergian.
- Mengatur informasi dengan menyimpan tautan penting, kutipan, atau informasi kontak yang ingin kamu simpan.
- Google Keep memungkinkan kamu mengatur pengingat berdasarkan waktu (misalnya, jam 9 pagi) atau lokasi (misalnya, saat kamu sampai di rumah).
Fitur-fitur Utama Google Keep
Berikut adalah beberapa fitur andalan dari Google Keep.1. Kamu bisa membuat catatan dalam beberapa format
- Catatan teks biasa- Untuk ide, tulisan singkat, atau informasi.
- Daftar centang (Checklist)
- Untuk daftar tugas di mana kamu bisa mencentang item yang sudah selesai.
- Catatan gambar
Kamu bisa mengunggah gambar dan menambahkan deskripsi. Google Keep juga memiliki kemampuan OCR (Optical Character Recognition) untuk mengekstrak teks dari gambar.
Kamu bisa merekam memo suara. Google Keep akan secara otomatis mentranskrip (mengubah suara menjadi teks) memo tersebut.
2. Organisasi yang Mudah
Kamu dapat mewarnai catatan dengan warna yang berbeda untuk membedakannya secara visual, dan menambahkan label (tag) untuk mengelompokkan catatan dengan topik yang sama (misalnya, #belanja, #proyek, #pribadi).Kamu bisa menyematkan catatan penting di bagian atas agar selalu terlihat.
Pengingat (Reminders)
Pengingat WaktuAtur pengingat pada tanggal dan jam tertentu.
Pengingat Lokasi
Atur pengingat untuk muncul saat kamu tiba di lokasi tertentu (misalnya, "beli susu" saat kamu sampai di supermarket).
Kolaborasi
Kamu dapat berbagi catatan dengan orang lain (misalnya, daftar belanjaan dengan pasangan kamu) dan mengeditnya bersama-sama secara real-time.Sinkronisasi Lintas Perangkat
Google Keep secara otomatis tersinkronisasi dengan akun Google kamu, sehingga catatan yang kamu buat di ponsel akan langsung tersedia di komputer atau tablet kamu.Cara Menggunakan Google Keep
Menggunakan Google Keep sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkah dasarnya.- Kunjungi keep.google.com atau nduh aplikasi "Google Keep - catatan dan daftar" dari Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS).
Di bagian atas layar, kamu akan melihat beberapa opsi:
1."Take a note..." (Buat catatan...): Klik atau ketuk ini untuk membuat catatan teks biasa.
2."New list" (Daftar baru): Klik ikon daftar centang untuk membuat daftar tugas.
3."New note with drawing" (Catatan dengan gambar): Klik ikon kuas untuk menggambar.
4."New note with image" (Catatan dengan gambar): Klik ikon gambar untuk mengunggah gambar
- Ketuk bagian "Title" (Judul) untuk memberikan judul pada catatan kamu.
- Klik ikon palet di bagian bawah catatan untuk memilih warna.
- Klik ikon tiga titik (...) di bagian bawah catatan, lalu pilih "Add label" (Tambahkan label). kamu bisa mengetik label baru atau memilih yang sudah ada.
- Klik ikon lonceng di bagian atas catatan untuk mengatur pengingat.
- Klik ikon "Collaborator" (Orang) di bagian atas catatan untuk mengundang orang lain.
- Klik ikon kotak di bagian bawah catatan untuk mengarsipkan catatan yang sudah selesai agar tidak memenuhi layar utama. kamu bisa menemukannya lagi di menu arsip.
Secara keseluruhan, Google Keep adalah alat yang sangat efektif dan mudah digunakan untuk mengorganisasi kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id