Instagram menyampaikan sejumlah hal yang bisa pengguna lakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan.
Instagram menyampaikan sejumlah hal yang bisa pengguna lakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan.

Tips & Trik

Bangun Lingkungan Positif di Instagram dengan Hal Ini

Teknologi teknologi instagram
Lufthi Anggraeni • 11 Februari 2020 16:21
Jakarta: Media sosial ini menjadi salah satu medium penting bagi masyarakat dunia, sebab tidak hanya bermanfaat sebagai ranah ekspresi, juga berbagi informasi, dan bahkan menjadi media promosi sehingga usaha dapat lebih dikenal masyarakat.
 
Sayangnya, media sosial menjadi cara baru untuk melakukan perundungan terhadap penggunanya, melalui komentar jahat. Media sosial juga menjadi ladang subur dalam penyebaran informasi palsu, yang kerap diterima secara mentah oleh penggunanya.
 
Memperingati Hari Internet Aman Sedunia, Instagram menekankan komitmen jejaring sosialnya dalam memberikan informasi yang ditujukan untuk menjaga keamanan pengguna di platform tersebut. Namun, pengguna juga diimbau untuk melakukan sejumlah guna menjaga keamanan diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah tersebut termasuk menggunakan password kuat, serta mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor guna mencegah peretasan dan pengambilalihan akun Instagram. Selain itu, pengguna juga diimbau untuk melakukan validasi setiap email terkait akun Instagram melalui fitur Email dari Instagram secara langsung dari layanan Instagram di perangkat mobile dan desktop.
 
Pengguna juga dapat membuat akun menjadi privat untuk mengatur pengguna yang bisa mengikuti akun Instagram. Selain itu, pengguna juga dapat mengendalikan pemberi komentar di unggahan via fitur Kontrol Komentar, serta pengirim pesan langsung.
 
Dengan mengaktifkan fitur Teman Dekat di Instagram Stories, pengguna akan dapat mengatur pengikut yang dapat melihat unggahan di layanan video singkat yang akan terhapus secara otomatis dalam kurun waktu 24 jam tersebut.
 
Guna mencegah perundungan atau Bullying di akun Instagram, pengguna dapat memanfaatkan fitur Pelaporan, untuk melaporkan unggahan atau komentar yang menyinggung, negatif serta melanggar Standar Komunitas Instagram.
 
Perundungan juga dapat dihindari jika pengguna memanfaatkan filter komentar untuk mengendalikan komentar di unggahan. Pengguna juga dapat membuat daftar kata yang dinilai menyinggung, serta memilih pengguna lain yang dapat berkomentar di unggahan Instagram.
 
Apabila menemukan pengguna lain yang kerap memberikan komentar tidak menyenangkan di unggahan Instagram, pengguna dapat memblokir akun serta komentar negatif, sehingga akun pengguna lain tersebut tidak akan dapat melihat profil atau membuat komentar di unggahan.
 
Cara lainnya yaitu dengan membatasi akun yang kerap meninggalkan komentar negatif tersebut. Setelah fitur Batasi diaktifkan, komentar dari pengguna tersebut secara otomatis hanya dapat dilihat oleh dirinya sendiri. Namun, pengguna tetap dapat melihat komentar dengan mengetuk opsi Lihat Komentar.
 
Tidak hanya diri sendiri, pengguna juga dapat melindungi keamanan dan kenyamanan pengguna lain dengan saling menghormati dan menghargai. Selain itu, pengguna dapat melaporkan dan menandai unggahan yang mengindikasikan ancaman bunuh diri atau tindakan melukai diri sendiri secara anonim.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif