Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bagaimana Hacker Bisa Memanfaatkan Fitur Auto-Reply?

Teknologi tips dan trik teknologi cyber security kaspersky
Ellavie Ichlasa Amalia • 11 Maret 2019 16:29
Jakarta:Pada email, Anda bisa menggunakan fitur auto-reply ketika Anda hendak berlibur. Dengan begitu, ketika Anda menerima email dari klien atau kolega Anda, mereka secara otomatis mendapatkan penjelasan bahwa Anda tengah tidak bekerja serta informasi tentang orang yang kini menggantikan tugas Anda.
 
Sayangnya, ini juga bisa dimanfaatkan oleh kriminal siber untuk melakukan serangan phishing. Biasanya, spammer akan mengirimmkan email ke database potensial korban. Lama-kelamaan, daftar itu akan menjadi kurang berguna karena sebagian dari daftar itu tidak lagi digunakan.
 
Namun, ketika ada orang yang membalas dari alamat email itu, spammer akan tahu bahwa alamat email itu masih aktif. Mereka lalu akan mengirimkan surat spam dengan lebih sering, menurut Kaspersky Lab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, dari auto-reply, seorang kriminal juga bisa mendapatkan informasi dari sang pengirim, seperti nama, jabatan, dan bahkan nomor telepon. Pada akhirnya, semua informasi ini bisa digunakan oleh para penyerang siber untuk melakukan serangan spear phishing.
 
Apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi?
 
Hal pertama yang bisa perusahaan untuk mencegah masalah muncul karena auto-reply adalah menentukan siapa saja pegawai yang memang memerlukannya. Jika seorang pegawai hanya bertanggung jawab atas beberapa klien, sebaiknya mereka memberitahu para klien melalui telepon atau satu kali email.
 
Sementara bagi pegawai yang tugasnya digantikan oleh satu orang lain, maka sebaiknya perusahaan langsung mengalihkan email yang diterima karyawan yang tengah berlibur atau cuti ke karyawan yang menjadi penggantinya.
 
Untuk pegawai, mereka bisa membuat dua balasan untuk auto-reply, yaitu balasan untuk internal dan eksternal. Pada pesan yang ditujukan untuk kolega perusahaan, mereka bisa memberikan informasi yang cukup detail. Namun, pada email balasan yang ditujukan untuk pihak luar, sebaiknya batasi informasi yang diberikan.
 
Tidak memberikan informasi detail pada fitur auto-reply, seperti nama lini produk pelanggan, nomor telepon kolega, informasi tentang tempat karyawan berlibur, dan informasi detail lainnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif