Berikut tombol yang bisa kamu tekan untuk melakukan screenshot pada perangkat Windows 10.
Berikut tombol yang bisa kamu tekan untuk melakukan screenshot pada perangkat Windows 10.

Tips & Trik

4 Cara Screenshot di Windows 10 Tanpa Aplikasi

Lufthi Anggraeni • 04 Oktober 2022 12:30
Jakarta: Tidak jarang kita menemukan hal menarik yang ingin disimpan untuk inspirasi di kemudian hari, saat menjelajahi internet. Namun terkadang, hal menarik tersebut tidak dapat diunduh sehingga tangkapan layar atau screenshot menjadi cara untuk menyimpannya.
 
Bagi pengguna smartphone atau tablet, tangkapan layar mungkin bukan hal baru, sebab perangkat tersebut telah dibekali jalan pintas atau shortcut untuk melakukan screenshot. Namun tindakan ini juga dapat kamu lakukan di laptop atau perangkat Windows, termasuk Windows 10.
 
Berikut sejumlah cara untuk melakukan screenshot di perangkat Windows 10 tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Tombol PrtSc
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan screenshot pada perangkat Windows 10 adalah dengan menekan tombol PrtSc. Menekan tombol ini akan secara otomatis melakukan screenshot pada seluruh tampilan layar.
 
Hasil screenshot ini bisa kamu salin atau paste di aplikasi Microsoft Paint, dengan menekan kombinasi tombol CRTL + V setelah mengklik lembaran kertas di aplikasi, atau klik kanan pada touchpad atau mouse di lembaran kertas gambar di aplikasi.
 
Untuk menyimpan, klik ikon floppy disk atau disket di kiri atas layar aplikasi Paint, atau klik Menu File, lalu Save atau Save As. Jika kamu memilih opsi Save As, kamu akan dapat mengubah jenis file dari PNG sebagai default, menjadi JPG, JPEG, dan jenis file lainnya dan memilih lokasi penyimpanan sebelum mengklik tombol Save.
 
2. Tombol Alt + PrtSc
Cara lainnya adalah dengan menekan kombinasi tombol Alt + PrtSc secara bersamaan. Dengan cara ini, kamu bisa melakukan screenshot hanya pada tampilan jendela yang tengah aktif diakses.
 
Setelah melakukan screenshot, kamu bisa menyalin atau paste hasil screenshot di aplikasi Paint dengan langkah yang sama dengan tombol PrtSc.
 
3. Tombol Fn + PrtSc
Pada dasarnya, kombinasi tombol ini serupa dengan tombol PrtSc, namun penambahan tombol Fn diperlukan jika perangkat tidak dapat melakukan screenshot hanya dengan menekan tombol PrtSc. Penggunaan tombol yang dikombinasikan dengan PrtSc juga bervariasi, bergantung pada pengaturan laptop.
 
4. Tombol Windows + PrtSc
Kombinasi tombol lain yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan screenshot pada tampilan seluruh layar perangkat adalah tombol Windows dengan ikon jendela. Berbeda dengan cara lain, cara ini memiliki indikator saat proses screenshot dilakukan.
 
Indikator ini berupa pencahayaan pada layar yang meredup selama beberapa detik sebelum kemudian kembali ke level kecerahan sebelumnya, mengindikasikan bahwa proses screenshot telah selesai.
 
Untuk menyimpan hasil screenshot, kamu bisa melakukan langkah seperti yang kami jelaskan pada cara pertama. Selamat mencoba!
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif