Engsel layar laptop yang patah sehingga bagian luarnya terbuka.
Engsel layar laptop yang patah sehingga bagian luarnya terbuka.

Tips & Trik

Begini Cara Mencegah Engsel Layar Laptop Patah

Teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 20 September 2021 09:39
Jakarta: Banyak dari pengguna laptop yang cemas bahwa suatu hari engsel pada bagian bawah layar laptop yang menghubungkan dengan bodi utamanya akan patah. Hal ini bukan tidak mungkin terjadi karena di internet sudah banyak pengguna yang membagikan cerita tersebut.
 
Bagian engsel layar laptop memang sangat penting. Tentu saja produsen laptop sudah merancang agar bagian ini awet untuk usia yang lama namun tetap saja ada konsumen yang mengalami engsel layar laptop patah padahal usia laptop masih sangat mudah.
 
Beberapa waktu lalu Medcom.id sudah membagikan informasi berisi daftar penyebab engsel layar laptop patah. Kini kami akan berbagi tips untuk mencegah engsel laya laptop patah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Pilih desain dan material laptop dengan cermat
Apabila Anda membeli laptop dengan model layar yang bisa berputar 360 derajat biasanya desain engsel layar laptop akan berbeda bahkan menggunakan material yang lebih kokoh seperti logam maupun plastik tapi yang lebih tebal.
 
2. Jangan malas menyimpan laptop menggunakan tas 
Saat ini sudah banyak tersedia aksesori berupa tas laptop atau laptop sleeve yang memiliki bantalan pelindung. Apabila Anda harus berpindah lokasi meskipun hanya sebentar atau dekat coba untuk menyimpan laptop ke dalam sleeve dibandingkan menjinjing atau menentengnya dengan tangan sehingga rentang jatuh dan terbentur.
 
Anda juga disarankan untuk tidak membawa laptop dalam keadaan terbuka dengan menenteng bagian layarnya. Hal ini sangat berbahaya terutama bagi laptop gaming yang umumnya punya bodi lebih tebal dan berat.
 
3. Buka laptop dengan benar
Apabila Anda memperlakukan laptop dengan halus masa usia perangkat dipastikan lebih panjang. Hal sederhana ini bisa dilakukan saat Anda ingin membuka laptop. Buka laptop sebisa mungkin dengan dua tangan terutama apabila laptop cukup tebal.
 
Posisikan satu tangan di bagian lid atau tepi layar di bagian tengah dan satu lagi menahan bodi bagian bawah keyboard. Posisi tersebut bisa membantu tekanan yang diterima engsel merata keseluruh bagian dibandingkan membuka dengan posisi salah satu tangan hanya di sudut kiri atau kanan layar.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif