Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Hemat Kuota, 4 Cara Matikan Autoplay Video di Facebook

Teknologi media sosial teknologi facebook
Cahyandaru Kuncorojati • 07 September 2020 15:55
Jakarta: Meskipun Anda rajin mengecek media sosial biasanya selalu ada keinginan untuk menghemat kuota, misalnya dengan tidak memutar konten video saat internet ponsel tidak terhubung ke WiFi.
 
Selain koneksi internet seluler kadang tidak lancar, proses buffering video juga sudah cukup menyedot data internet. Pada akhirnya video yang diputar tidak bisa dinikmati dengan nyaman. Sayangnya di media sosial seperti Facebook, video yang ada di linimasa atau timeline kerap langsung berputar.
 
Hal ini disebut sebagai autoplay. Tentu saja video yang berputar akan langsung menyedot kuota atau data internet seluler. Padahal fitur autoplay video di Facebook bisa dinonaktifkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Di dalam apliaksi Facebook mobile di ponsel, pilih ikon tiga garis horizontal yang ada di sudut kanan atas aplikasi. Setelah berpindah ke halaman selanjutnya geser tampilan menu ke bawah hingga menemukan menu Settings & Privacy.
 
2. Pilih menu Settings & Privacy sehingga muncul menu baru di bawahnya dan terakhir pilih menu Settings untuk masuk ke halaman menu pengaturan selanjutnya.
 
Hemat Kuota, 4 Cara Matikan Autoplay Video di Facebook
 
3. Di bagian halaman menu pengaturan terbaru, geser layar ke bawah hingga menemukan menu bertuliskan Media & Contacts. Pilih menu tersebut untuk beralih ke pengaturan selanjutnya.
 
4. Kini Anda harus menemukan menu bertuliskan Autoplay dan pilih menu tersebut. Di sini akan tersedia pilihan apakah fitur autoplay video akan aktif saat terhubung ke koneksi internet seluler dan WiFi, hanya WiFi, atau dinonaktfikan sama sekali.
 
Hemat Kuota, 4 Cara Matikan Autoplay Video di Facebook
 
Anda bisa memilih untuk menonaktifkannya dengan menu bertuliskan Never Autoplay Video. Apabila sudah maka tinggal kembali ke halaman linimasa atau timeline. Setiap video yang tampil sekarang tidak lagi otomatis berputar.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif