Ilustrasi. (Getty Images)
Ilustrasi. (Getty Images)

Tips & Trik

Cara Baca Pesan WhatsApp yang Keburu Dihapus

Teknologi media sosial tips dan trik teknologi whatsapp
Cahyandaru Kuncorojati • 15 September 2020 14:06
Jakarta: Aplikasi WhatsApp sudah memiliki fitur untuk menghapus pesan yang baru saja dikirim dan belum sempat terbaca oleh penerima pesan.
 
Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang mungkin berisi typo atau ingin mengoreksi pesan yang ingin disampaikan.
 
Melihat pesan yang masuk tapi ternyata muncul notifikasi bahwa pesan sudah dihapus oleh pengirim sebelum kita baca kadang membuat kita kepo atau penasaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun masih ada cara untuk bisa membaca pesan WhatsApp yang sudah keburu dihapus oleh pengirim sebelum kita memnacanya. Caranya dengan memasang aplikasi pihak ketiga (third party) atau aplikasi lain. Medcom.id menemukan sebuah aplikasi bernama Notisave.
 
Aplikasi Notisave berfungsi untuk merekam atau menyimpan notifikasi yang masuk ke dalam ponsel Android pengguna. Jadi saat aplikasi Notisave aktif maka semua notifikasi seperti pesan WhatsApp yang masuk akan terekam sebelum dihapus oleh pengirimnya.
 
Caranya menggunakannya cukup mudah. Unduh aplikasi Notisave kemudian berikan izin (allow) aplikasi untuk mengakses fitur notifikasi di ponsel. Saat sudah aktif dan terpasang maka semua notifikasi yang masuk dan terekam bisa dibaca di dalam aplikasi Notisave.
 
Meskipun begitu sebenarnya cara ini tidak aman karena WhatsApp sendiri tidak pernah mengizinkan fitur untuk membaca pesan yang sudah dihapus oleh pengirim sebelum terbaca.
 
Adanya aplikasi pihak ketiga yang bisa membaca seluruh notifikasi dari semua aplikasi di smartphone Anda juga sebenarnya termasuk pelanggaran privasi. Tidak ada yang menjamin kerahasiaan data atau percakapan Anda apabila perangkat Anda dipantau oleh aplikasi pihak ketiga.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif