Microsoft Excel
Microsoft Excel

Tips & Trik

50 Shortcut Microsoft Excel Wajib

Arif Wicaksono • 09 Oktober 2024 22:26
Jakarta: Banyak orang sekarang menggunakan Microsoft Excel untuk kebutuhan pelajaran sekolah atau pekerjaan di kantor. Namun, tidak semua paham cara menggunakan Microsoft Excel dengan optimal.
 
Baca juga: Cara Gunakan Pivot Tabel di Microsoft Excel

Nah, apakah kamu sudah paham cara memaksimalkan penggunaan Excel?
 
Dikutip dari Media Indonesia, berikut 50 shortcut Excel yang bakal membantu banget sebagaimana dilansir dari @michelpurnamaa. Kamu harus tahu!
 
1. Ctrl+N: Membuat buku kerja baru.
2. Ctrl+0: Membuka buku kerja yang ada.
3. Ctrl+S: Menyimpan buku kerja.
4. Ctrl+P: Mencetak buku kerja.
5. Ctrl+F: Mencari teks dalam buku kerja.
6. Ctrl+H: Menemukan dan mengganti teks.
7. Ctrl+Z: Membatalkan tindakan terakhir.
8. Ctrl+Y: Mengulangi tindakan terakhir.
9. Ctrl+X: Memotong sel atau teks yang dipilih.
10. Ctrl+C: Menyalin sel atau teks yang dipilih.
11. Ctrl+V: Menempelkan sel atau teks yang disalin.
12. Ctrl + A: Memilih semua sel dalam lembar kerja.
13. Ctrl + B: Membuat teks yang dipilih menjadi tebal.
14. Ctrl + 1: Membuat teks yang dipilih menjadi miring.
15. Ctrl + U: Membuat teks yang dipilih menjadi bergaris bawah.
16. Ctrl+1: Membuka kotak dialog Format Sel.
17. Ctrl+2: Mengubah teks yang dipilih menjadi ukuran font 10.
18. Ctrl+3: Membuat teks yang dipilih menjadi miring.
19. Ctrl + 4: Membuat teks yang dipilih menjadi bergaris bawah.
20. Ctrl + 5: Membuat teks yang dipilih menjadi dicoret.
21. Ctrl + Shift + =: Menambahkan fungsi Jumlah ke sel yang dipilih.
22. Ctrl + Shift + >: Memperbesar ukuran font teks yang dipilih.
23. Ctrl + Shift + <: Memperkecil ukuran font teks yang dipilih.
24. Ctrl + Shift + L: Menambahkan filter di data yang dipilih.
25. Ctrl + Shift + F: Membuka kotak dialog Pencarian Lanjutan.
26. Alt + Enter: Membuat baris baru di dalam sel yang dipilih.
27. Alt + =: Menambahkan fungsi AVERAGE ke sel yang dipilih.
28. Alt + D + F: Membuka kotak dialog Filter.
29. Alt + D + S: Membuka kotak dialog Pengaturan Penyortiran.
30. Alt + H+O+ 1: Menyisipkan gambar.
31. Alt+H+O+C: Menyisipkan bagan.
32. Alt+H+O+S: Menyisipkan tabel.
33. Alt+H+O+T: Menyisipkan teks.
34. Alt+H+O+R: Menyisipkan bentuk.
35. F2: Mengedit isi sel yang dipilih.
36. F3: Membuka kotak dialog Nama.
37. F4: Mengulangi perintah terakhir.
38. F5: Membuka kotak dialog Goto.
39. F7: Memeriksa ejaan pada sel yang dipilih.
40. F9: Menghitung ulang seluruh buku kerja.
41. F10: Mengaktifkan menu Ribbon.
42. F11: Membuat bagan baru dari data yang dipilih.
43. F12: Membuka kotak dialog Simpan Sebagai.
44. Shift + F3: Membuka kotak dialog Fungsi.
45. Shift + F5: Membuka kotak dialog Cari Sekarang.
46. Shift + F6: Beralih ke window sebelumnya.
47. Shift + F11: Menyisipkan lembar kerja baru.
48. Shift + F12: Menyimpan buku kerja dengan cepat.
49. Ctrl+Shift+1: Menggunakan format Angka dengan 2 angka di belakang koma.
50. Ctrl + Shift + 2: Menggunakan format Waktu.

Nah, itulah 50 shortcut di Excel yang harus kalian tahu ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan