Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips dan Trik

Begini Cara Buat Bunyi Notifikasi Setiap Aplikasi Berbeda

Cahyandaru Kuncorojati • 05 Juli 2022 07:06
Jakarta: Setiap pengguna smartphone pasti gemar membuat perangJkat mereka berbeda dan semakin menarik sebagai salah satu gadget favoritnya. Makanya smartphone menyediakan begitu banyak personalisasi, tidak cuma mengganti wallpaper tapi juga ringtone.
 
Ringtone atau nada dering menjadi penanda saat ada telepon hingga notifikasi dari aplikasi yang terpasang. Tentu saja saat ini ada banyak aplikasi dengan fungsi yang berbeda-beda serta sangat penting bagi keseharian penggunanya.
 
Beberapa contoh adalah aplikasi email, WhatsApp, dan game. Biasanya notifikasi dari aplikasi ini tidak ingin pengguna lewatkan. Kabar baiknya, sistem operasi Android memberikan kebebasan untuk Anda mengganti dan membuat bunyi notifikasi setiap aplikasi berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui notifikasi yang masuk ke smartphone tanpa lebih harus membuka atau menyalakan layar smartphone terlebih dulu. 
 
Medcom.id sudah menyiapkan panduan cara membuat bunyi notifikasi setiap aplikasi berbeda. Langkah di semua smartphone Android sama, hanya nama menu sedikit berbeda. Kami mencobanya pada smartphone Xiaomi.
 
-Masuk ke menu Pengaturan atau Settings
 
-Pilih menu Apps dan lanjutkan dengan Manage Apps
 
-Di halaman selanjutnya Anda akan disajikan daftar aplikasi yang terpasang di smartphone, pilih yang bunyi notifikasinya akan diganti, misalnya Gojek
 
- Anda kemudian disajikan halaman informasi aplikasi Gojek, geser ke bawah dan pilih menu Notifications
 
-Pada tampilan halaman yang muncul akan ada sederet pilihan notifikasi untuk aplikasi Gojek, pilih salah satu dan selanjutnya akan diperlihatkan menu Sound yang bisa ditekan untuk mengganti bunyi atau ringtone notifikasi.
 
-Apabila sudah memilih bunyi notifikasi yang baru, kembali ke halaman awal Manage Apps dan pilih aplikasi lain yang ingin diganti bunyi notifikasinya.
 
Kini Anda akan dengan mudah mengetahui bunyi notifikasi untuk setiap aplikasi, termasuk memilih bunyi notifikasi unik, misalnya rekaman suara kurir paket untuk notifikasi aplikasi ecommerce.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif