Router WiFi.
Router WiFi.

Tips & Trik

Ini Lokasi Terbaik Pasang Router Supaya Sinyal WiFi di Rumah Kuat

Teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Mei 2022 10:37
Jakarta: Apakah Anda pernah merasa sinyal di smartphone menjadi lemah saat berada di bawah tanah atau di dalam bioskop? Hal ini sama seperti saat Anda menaruh router WiFi rumah secara sembarangan.
 
Sinyal yang seharusnya diterima terhalang oleh banyak lapisan benda, terutama benda logam dan sinyal dari perangkat elektronik lain. Makanya, jangan heran apabila Anda sudah menggunakan router mahal dan berlangganan paket WiFi paling kencang namun kualitas buruk.
 
Kemungkinan kualitas buruk itu berasal dari kualitas sinyal WiFi yang diterima perangkat Anda di rumah. Teori bahwa menentukan lokasi tepat untuk memasang router WiFI untuk menghasilkan sinyal yang kuat dan stabil adalah fakta!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Medcom.id telah menyusun tips lokasi tebaik untuk memasang router WiFI di rumah sehingga sinyalnya kuat, dikutip dari CNET.
 
1. Pilih Lokasi di Tengah
Pasang router di lokasi tengah dari bangunan rumah, tujuannya adalah agar sinyal WiFi bisa terpancar ke seluruh ruangan. Jangan pasang di ruangan paling sudut atau tepi karena sinyal WiFI justru akan lebih kencang di rumah tetangga, menyisakan blank spot di rumah Anda
 
2. Pilih Posisi yang Tinggi
Router memancarkan sinyal WiFi ke seluruh penjuru termasuk ke atas dan ke bawah. Kami sangat menganjurkan memasang router di bagian plafon atau atap bagian dalam rumah, tapi bukan di lantai dua rumah Anda.
 
Apabila Anda menaruh router di lantai dua maka sinyal di ruang lantai satu mungkin kurang bagus karena harus menembus lantai yang cukup tebal. Solusi alternatifnya adalah dengan menaruh di atas lemari buku dan lain yang posisinya lebih tinggi.
 
3. Hindari Taruh Dekat Benda Elektronik Lain
Bukan hanya material padat seperti dinding dan lantai yang bisa menghalangi sinyal, benda elektronik lain yang juga memancarkan sinyal ikut membuat sinyal router WiFi terhalang. Contohnya, banyak orang menaruh router di belakang televisi. 
 
4. Antena Router Juga Punya Peran
Meskipun antena router dianggap tidak begitu membantu, faktanya antena yang jumlahnya banyak tersebut sebenarnya ikut membantu mengarahkan pancaran sinyal WiFi. Jadi atur arah antena ke berbagai penjuru, jangan arah yang sama.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif