Ilustrasi kabel USB.
Ilustrasi kabel USB.

Bakal Ada USB4, Apa Hebatnya?

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 04 September 2019 09:10
Jakarta: Organisasi pengembang standar teknologi USB dilaporkan baru saja membuat pengumuman terbaru terkait teknologi yang populer digunakan para beragan perangkat elektronik.
 
Mereka mengumumkan teknologi interface terbaru bernama USB4, peningkatan dari generasi sebelumnya USB 3.0. Mengingat teknologi ini mendukung konektivitas transfer data, USB4 diklaim bakal memiliki kecepatan transfer lebih tinggi.
 
Apa saja kehebatan dari teknologi USB4? Pertama tentu saja soal kecepatan transfer data, dikutip dari Tech Crunch. USB4 diklaim bisa menyediakan kecepatan transfer data hingga 40 Gigabit per detik, bukan Gigabyte. Kecepatan ini dua kali lebih cepat dari teknologi USB 3 terbaru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, USB4 bakal kompatibel dengan kemampuan Universal Thunderbolt 3. Kita ketahui bahwa teknologi Thunderbolt 3 merupakan teknologi hak cipta milik Intel. Intel telah mengambil langkah baru untuk menyediakan spesifikasi teknologi Thunderbolt 3 gratis kepada pengembang.
 
Jadi nantinya pengembang teknologi USB4 bisa membuat kabel atau perangkat dengan interface tersebut yang juga mendukung Thunderbolt 3. Kemampuan selanjutnya dari USB4 adalah dukungan display atau data splitting yang lebih baik.
 
Interface USB 3 selama ini mampu mendukung sebuah kabel untuk menyediakan transfer daya listrik, data, dan sinyal video untuk display melalui sebuah kabel. Namun, terkadang kecepatannya akan menurun saat melakukan hal tersebut.
 
Diklaim bahwa USB4 nantinya bisa menyediakan data splitting dengan kecepatan yang lebih baik. Kemampuannya bisa mendukung proses transfer sinyal video ke monitor yang membutuhkan bandwidth 8Gbps. Artinya, akan bisa mendukung monitor dengan resolusi lebih tinggi.
 
Kabar baik terkait hal tersebut adalah USB4 masih akan menggunakan interface kabel atau kepala connector USB yang sama. Hal ini jelas akan sangat menguntungkan produsen perangkat elektronik karena mereka tidak perlu mendesain ulang produknya dan cukup memberikan update firmware.
 
Soal penamaannya, CEO USB Promoter Group Brand Saunders menyebut ingin memberikan nama yang lebih mudah dan sederhana seperti dikutip dalam wawanacara Tom's Hardware. Jadi mereka akan meninggalkan penamaan berdasarkan versi.
 
"Kami tidak berencana untuk menggunakan nama seperti USB 4.0, 4.1, 4.2, dan seterusnya. Kami ingin membuatnya sesimpel mungkin. Apabila versi terbaru lebih cepat lagi maka kami akan mengumumkannya sebagai versi tercepat," ungkap Saunders.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif