Sebaiknya Anda tidak memasukkan Apple ID asing ke perangkat Anda. (Photo by NICOLAS ASFOURI / AFP)
Sebaiknya Anda tidak memasukkan Apple ID asing ke perangkat Anda. (Photo by NICOLAS ASFOURI / AFP)

Jangan Masukkan Apple ID Asing ke iPhone Anda, Ini Alasannya

Teknologi tips dan trik teknologi
Ellavie Ichlasa Amalia • 21 Januari 2019 15:21
Jakarta:Jangan memasukkan Apple ID orang lain ke iPhone atau iPad Anda. Bagi para pengguna Apple, Anda tidak hanya disarankan untuk tidak memberikan username dan password dari Apple ID ke orang lain, tapi juga tidak mencoba kredensial orang lain di perangkat Anda.
 
Kaspersky Lab menjelaskan alasan mengapa sebaiknya Anda tidak memasukkan Apple ID orang lain ke perangkat Anda. Alasannya, karena hal ini bisa dimanfaatkan oleh kriminal siber untuk memblokir perangkat Anda melalui fitur Find my iPhone di iCloud.
 
Pada dasarnya, fungsi fitur Find My iPhone berfungsi untuk memastikan informasi pada iPhone Anda tetap aman ketika Anda kehilangan ponsel. Anda juga bisa menampilkan informasi Anda sehingga orang yang menemukan iPhone Anda bisa mengembalikannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, ketika Anda memasukkan Apple ID orang lain ke perangkat Anda, maka perangkat Anda akan dimasukkan ke dalam daftar perangkat yang terhubung melalui iCloud orang tersebut. Dan mereka bisa memanfaatkan fitur Find My iPhone untuk memblokir iPhone atau iPad Anda dan meminta uang tebusan.
 
Bagaimana Cara Kriminal Meminta Anda Memasukkan Apple ID Miliknya?
Kaspersky menyebutkan ada beberapa cara yang biasa digunakan oleh para penipu untuk mendorong Anda memasukkan Apple ID miliknya ke perangkat Anda. Salah satunya adalah dengan masuk ke forum terkait Apple dan meminta tolong pada anggota forum.
 
Biasanya, mereka akan mengatakan bahwa ponsel mereka mati dan mereka perlu mengakses kontak di iCloud mereka. Karena itu, mereka akan meminta Anda untuk memasukkan Apple ID mereka ke perangkat Anda. Terkadang, mereka juga akan meminta tolong dengan cara lain.
 
Karena Anda memiliki kredensial Apple ID sang pelaku, Anda mungkin berpikir Anda bisa membatalkan pemblokiran dengan masuk ke Web iCloud. Namun, biasanya, Apple ID para pelaku dilindungi dengan autentikasi dua faktor. Artinya, selain password, Anda juga harus memasukkan kode yang didapatkan sang penyerang di salah satu perangkatnya.
 
Inilah alasan mengapa sebaiknya Anda tidak memasukkan Apple ID orang yang tidak dikenal ke perangkat Anda.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif