Pekerja merenovasi bangunan rumah Joglo empat generasi milik seorang warga Desa Surodadi, Sayung, Demak, Jawa Tengah (17/9/2018). Rumah tradisional berbahan baku kayu jati ini tergolong laku keras. Antara Foto/Aji Styawan
Pekerja merenovasi bangunan rumah Joglo empat generasi milik seorang warga Desa Surodadi, Sayung, Demak, Jawa Tengah (17/9/2018). Rumah tradisional berbahan baku kayu jati ini tergolong laku keras. Antara Foto/Aji Styawan

Broker Jaman Now Wajib Berkemampuan Konsultan

Teknologi apartemen bisnis properti kpr
Rizkie Fauzian • 13 Oktober 2018 09:21
Jakarta: Rumah tapak masih merupakan instrumen investasi yang nilai sangat bertahan. Bahkan ada kecenderungan terus naik harganya akibat tingginya permintaan hunian sementara luas lahan yang tersedia makin berkurang.
 
Di sisi lain kecenderungan tersebut juga merupakan kelemahannya sebagai instrumen investasi. Tidak bisa seketika mencairkan aset properti menjadi uang tunai di saat kepepet. Situasinya akan semakin menekan bila kita berprofesi broker properti yang harus ada penjualan agar ada pemasukan.
 
Jadi konsultan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang broker properti tidak hanya penghubung antara penjual dan pembeli. Lebih dari itu mereka harus bisa menjadi konsultan properti, memberi penjalasan dan pertimbangan detail kepada calon pembeli. Termasuk soal perijinan, sertifat, kredit hingga analisa prospek investasi
 
“Kalau sudah begitu nantinya klien akan menjadi sangat nyaman dengan broker bersangkutan dan jadi langganan," ujar Business Development Manager Operations PropertyPro, Xanrena A. Siregar.
 
<i>Broker</i> Jaman <i>Now</i> Wajib Berkemampuan Konsultan
Detail ornamen asli rumah tradisional berbahan baku kayu jati ini banyak dicari pembeli asal luar negeri. Di dalam negeri pasar utamanya adalah Bali dan Jakarta dengan rentang harga ratusan juta rupiah . Antara Foto/Aji Styawan
 
Harga realistis
 
Khusus untuk properti secondary seorang broker juga harus pintar memberikan masukan tentang harga yang wajar. Jangan terlalu tinggi ataupun terlalu jauh di bawah harga pasaran di sekitar lokasi.
 
“Sebenarnya minat untuk membeli properti masih banyak, tetapi pasar masih wait and see melihat perkembangan ekonomi, jadi kalau mereka dipancing dengan harga di bawah rata-rata pasti akan berminat,” ujar Xanrena.
 
Perluas jaringan
 
Fokus menjadi salah satu kunci utama kesuksesan broker properti, untuk itu seorang broker agar bisa fokus menjalankan profesinya. Jangan sampai pekerjaan ini dijadikan profesi sambilan.
 
Bergabung dengan kantor dan asosiasi broker tidak ada salahnya dilakukan. Selain untuk menambah informasi terbaru, juga dapat mengikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan.
 
Portal properti
 
Salah satu instrumen terpenting berjualan properti adalah menggunakan jasa portal properti. Saat ini menjual properti menggunakan media online sangat efektif sebab biaya murah bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli.
 


 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif