NEWSTICKER
Ilustrasi. (PC Gamer)
Ilustrasi. (PC Gamer)

Tips & Trik

Apa yang Perlu Diketahui Saat Memilih Monitor Gaming?

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 19 Maret 2020 08:04
Jakarta: Monitor gaming sudah jadi perangkat penting dalam merakit PC gaming. Alasannya, monitor gaming juga ikut menentukan pengalaman bermain game yang disajikan oleh PC tersebut. Bahkan penggunaan monitor gaming tidak terbatas di PC tapi juga konsol seperti PlayStation dan Xbox.
 
Meskipun monitor gaming memiliki desian yang berbeda termasuk merek tapi ada faktor penting yang harus diketahui pengguna untuk mendapatkan perangkat terbaik. Misalnya resolusi, refresh rate, response time, adaptive sync, jenis panel, color gamut, dan dukungan konektivitas.
 
Berikut ini Medcom.id sudah merangkum poin yang harus diperhatikan untuk memiliki monitor gaming terbaik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Resolusi
Di spesifikasi monitor gaming, resolusi layar sudah pasti disebutkan di dalamnya. Resolusi layar akan berkaitan dengan dukungan resolusi yang ada di dalam game. Saat ini ada tiga jenis resolusi yang tersedia di pasar.
 
Paling rendah mulai dari Full HD/1080p, 2K/Quad HD/1440p, dan 4K/Ultra HD/2160p. Saat ini banyak gamer mulai menyadari bahwa standar minimal resolusi monitor yang memenuhi kebutuhan adalah di resolusi 1440p.
 
Resolusi 1440p mampu menyediakan frame rate stabil di game terbaru tanpa harus memiliki hardware kelas atas. Harga monitor resolusi 1440p juga masih lebih terjangkau dibandingkan di kelas resolusi 4K.
 
2. Refresh Rate
Refresh rate adalah kemampuan monitor memperbarui (refresh) tampilan gambar setiap detiknya atau frame per second (fps). Kemampuan ini diukur dalam satuan Hertz (Hz). Semakin tinggi angka Hz maka semakin banyak jumlah gambar yang muncul dalam proses refresh (refresh rate).
 
Monitor gaming dengan refresh rate tinggi sangat dibutuhkan di game fenre FPS (First-Person Shooter), fighting, balapan, olahraga, dan RTS (Real-Time Strategy). Game ini membutuhkan pergerakan visual yang akurat dan sangat cepat. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam kompetisi.
 
Kemampuan refresh rate juga menyesuaikan dengan kemampuan GPU di kartu grafis. Apabila kartu grafis mampu menyajikan frame rate tinggi maka monitor gaming juga harus mengimbangi kemampuannya.
 
3. Response Time
Response time adalah waktu yang dibutuhkan pixel di monitor untuk beralih dari satu warna ke warna lain. Biasanya diukur dalam satuan milidetik (ms), semakin rendah maka semakin cepat, misalnya monitor gaming terbaik adalah yang memiliki response time 1ms.
 
Kemampuan response time berbeda di jenis panel yang digunakan. Panel TN bisa menyedakan response time 1ms dan panel IPS sekitar 4ms. Beberapa game juga membutuhkan response time yang sangat cepat, misalnya game genre FPS, bapalan, dan lain-lain.
 
Memperhatikan response time bisa menghindari efek screen tearing atau tampilan gambar seperti robek dengan terlihat garis patah di tengah gambar serta frame rate yang tidak stabil.
 
4. Panel Layar yang Digunakan
Ada tiga jenis panel yang biasa digunakan di layar monitor gaming saat ini yaitu panel TN (Twisted Nematic), IPS (In-Plane Switching), dan VA (Veritcal Alignment) yang karakteristiknya berbeda.
 
Panel TN menyediakan dukungan refresh rate tertinggi dan response time rendah. Panel IPS menawarkan reproduksi warna dan vieweing angle yang lebih baik tapi response time masih di bawah panel TN.
 
Panel VA berada di antara dua jenis tadi. Reproduksi warna dan sudut pandang panel ini setara dengan kualiats panel IPS namun lebih unggul di kontras gambar. Mana yang harus dipilihkan? Pertimbangkan kebutuhan Anda dalam bermain game.
 
Apakah Anda memprioritaskan tampilan gambar yang mulur, gambar yang tajam dan detil, atau mmembutuhkan keduanya dengan seimbang. Jadi prioritas ini subjektif untuk setiap gamer.
 
5. Adaptive Sync
Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi efek screen tearing dalam game. Saat ini ada dua teknologi screen tearing yang tersedia di pasar yatu NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync.
 
Meskipun punya teknologi yang sama tapi ada perbedaan di sisi harga. Monitor gaming dengan teknologi NVIDIA G-Sync pynya harga premium alias lebih tinggi dari AMD FreeSync yang terjangkau.
 
Monitor dengan NVIDIA G-Sync membutuhkan kartu grafis NVIDIA sementara AMD FreeSync keartu grafis AMD. Jadi sesuaikan dengan anggaran keuangan serta spesifikasi hardware.
 
6. Color Gamut
Color gamut adalah rentang jangkauan warna yang bisa dilihat mata. Apabila rentang color gamut lebih lebar atau luas maka reproduksi warna jauh lebih baik. Efeknya meningkatkan kualitas visual gambar dan elemen detil grafis.
 
Gamer menyukai monitor gaming dengan gamut warna yang lebih luas karena memberikan kualitas visual lebih mendalam saat bermain game. Rentang warna yang luas juga mendukung akurasi reproduksi warna yang tepat.
 
Saat ini ada tiga standar color gamut yang populer yaitu sRGB, AdobRGB, dan NTSC. Setiap monitor gaming yang mendukung color gamut 100 persen pada satu atau lebih skala ini pasti menghadirkan reproduksi warna yang luar biasa.
 
7. Dukungan konektivitas
Meksipun memiliki beragap konektivitas atau konektor di monitor gaming, setiap konektiitas punya keunggulan berbeda. Ada beberapa konektor yang bisa dijumpai di monitor gaming saat ini.
 
Pertama adalah DisplayPort. Konektivitas ini biasa digunakan untuk menghubungkan PC dan monitor serta mampu menyediakan refresh rate tinggi. Kedua adalah HDMI yang biasa digunakan konsol. Konektivitas HDMI bisa menyediakan visual sekaligus audio. HDMI juga tersedia untuk PC.
 
Ketiga yaitu DVI yang merupakan alternatif port HDMI apabila GPU di kartu grafis atau monitor tidak memiliki jumlah port yang cukup untuk semua perangkat. Sementara port jenis VGA adalah alternatif terakhir, jenis ini sudah jarang ditemukan di perangkat terbaru saat ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif