Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

4 Cara Aman Berbagi Akun Streaming

Teknologi tips dan trik teknologi cyber security kaspersky
Lufthi Anggraeni • 07 September 2020 10:41
Jakarta: Laporan Kaspersky More Connected Than Ever Before: How We Build Our Digital Comfort Zones menemukan bahwa 46 persen responden merasa nyaman berbagi layanan streaming dengan rekan serumah mereka.
 
Namun, sepertiga (32 persen) tidak yakin tentang keamanan akun rekan serumah, karena tidak mengetahui kebiasaan digital mereka.
 
Pembatasan di saat Covid-19 serta keharusan untuk tetap berada di dalam rumah telah memengaruhi cara orang mendekati berbagai layanan digital, sehingga membuat mereka lebih sadar tentang seberapa aman mereka, dan teman serumah dalam hal penggunaan internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini termasuk dalam keputusan untuk berbagi akun platform hiburan atau saling mengenal perilaku online masing-masing. Dengan pemikiran tersebut, penelitian menemukan bahwa layanan online dapat menyatukan orang dan bersedia untuk berbagi informasi akun pribadi dalam upaya mendapatkan akses timbal balik ke sesama teman serumah mereka.
 
Selain berbagi akses ke layananstreaming, sepertiga (33 persen) mengatakan bahwa mereka berbagi layanan ritel online, seperti eBay atau Amazon Prime, dengan rekan serumah. Selain itu, 30 persen mengaku berbagi akun pengiriman makanan mereka, seperti Deliveroo, dan langganan game online (misalnya Xbox Live).
 
Pada saat yang sama, tidak semua responden yakin seberapa aman rekan mereka saat menggunakan internet, dan apakah hal ini akan berdampak pada kebiasaan digitalnya. Misalnya, 43 persen pengguna mengklaim bahwa mereka prihatin dengan peningkatan aktivitas online melalui layanan streaming atau game.
 
Satu dari empat (24 persen) orang khawatir bahwa kebiasaan digital rekan serumah akan memengaruhi kecepatan internet dan dengan demikian memengaruhi kinerja game online mereka.
 
“Tinggal di sebuah akomodasi bersama adalah hal biasa dalam kehidupan modern dan banyak rumah tangga harus berbagi koneksi internet dan akses ke berbagai layanan. Kita kerap menjalin pertemanan dengan teman serumah, sehingga mudah untuk berbagi layanan online, sehingga semua orang bisa mendapatkan keuntungan tanpa perlu repot-repot," kataAndrew Winton, Vice President, Marketing at Kaspersky.
 
Sayangnya, jika kita tidak memperhatikan bagaimana kita membagikan detail pribadi kepada orang lain, bahkan dengan teman serumah sendiri, semakin besar kemungkinan mereka untuk menjadi target yang mudah ditemukan oleh orang atau kelompok tidak dikenal. Untuk membantu memastikan hal ini tidak terjadi, beberapa layanan memiliki kebijakan khusus untuk membantu banyak orang menggunakan satu langganan tanpa perlu membagikan kata sandi.
 
Baik tinggal bersama orang lain atau tidak, kami selalu menyarankan agar perangkat dan kredensial Anda dilindungi dengan solusi keamanan siber yang kuat untuk memastikan informasi Anda tetap aman.”
 
Kaspersky menyarankan beberpa hal berikut kepada orang-orang yang tinggal di rumah atau apartemen bersama, untuk membantu menjaga perangkat mereka tetap terlindungi:
 
1. Jangan mengklik tautan yang dibagikan melalui email yang tidak diminta atau mencurigakan. Pertama, periksa apakah pengirimnya asli dengan cara mengunjungi situs web resmi
 
2. Jangan membagikan informasi pribadi atau mengizinkan akses ke akun Anda dengan pihak ketiga kecuali jika benar-benar diperlukan. Ini akan meminimalkan kemungkinan menjadi target yang mudah ditemukan di internet
 
3. Gunakan solusi keamanan yang kuat untuk menghasilkan dan mengamankan kata sandi unik pada setiap akun, dan menghindari penggunaan kata sandi yang sama berulang kali
 
4. Instal solusi keamanan yang andal. Fitur Pemeriksaan Akun yang dimiliki solusi ini akan melindungi detail akun dan menginformasikan jika ada data pribadi Anda yang disusupi
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif