Berikut 5 aplikasi untuk memantau arus mudik selama Idul Fitri 2022.
Berikut 5 aplikasi untuk memantau arus mudik selama Idul Fitri 2022.

Tips & Trik

Ini 5 Aplikasi Pantau Arus Mudik

Teknologi tips dan trik teknologi tips & trik Mudik Lebaran 2022
Lufthi Anggraeni • 29 April 2022 10:48
Jakarta: Beberapa hari menjelang Idul Fitri 2022, perantau dari berbagai wilayah Indonesia yang bekerja di kota lain, khususnya Jakarta, mulai melakukan tradisi yang dilakukan setiap Idul Fitri, yaitu melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman.
 
Tradisi ini dilakukan dengan menggunakan berbagai moda transportasi, salah satunya adalah mengendarai kendaraan pribadi. Banyaknya masyarakat yang bergerak menuju kampung halaman kerap menimbulkan situasi lalu lintas kurang menyenangkan, salah satunya macet panjang.
 
Ada baiknya Anda memantau kondisi perjalanan selama arus mudik berlangsung dengan memanfaatkan teknologi yang kini ada di genggaman, yaitu smartphone. Tidak hanya melalui peta, kini Anda dapat menyaksikan tampilan langsung dari kamera CCTV melalui ponsel cerdas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk memantau kondisi arus mudik Idul Fitri tahun 2022 ini.
 
1. Jasa Marga Live
Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikelola PT Jasa Marga dan menampilkan informasi terkait jalan tol. Aplikasi ini juga dilengkapi sejumlah fitur, dari siaran langsung CCTV, mendukung informasi lalu lintas yang disediakannya.
 
Dikelola oleh PT Jasa Marga, aplikasi ini menampilkan cakupan informasi luas dari berbagai jalan tol di Pulau Jawa.
 
2. NTMC Mudik
Aplikasi ini dikembangkan oleh Korlantas Mabes Polri, bertujuan untuk mempermudah pengguna jalan saat melakukan perjalanan mudik. Aplikasi dilengkapi sejumlah fitur, termasuk peta dan info mudik.
 
Anda dapat mengakses informasi lalu lintas secara langsung via NTMC TV, namun sebelum mengakses informasi ini, Anda disarankan untuk memasang aplikasi terpisah.
 
3. RTTMC
Aplikasi ini merupakan versi mobile dari layanan RTTMC Kementerian Perhubungan, dan menampilkan informasi meliputi kondisi lalu lintas, terutama di area kewenangan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.
 
Selain streaming CCTV secara langsung, aplikasi ini turut menyediakan informasi terkait lalu lintas, informasi jalur dan sejumlah nomor darurat dan penting.
 
4. Maxstream
Maxstream juga menyiarkan siaran langsung dari CCTV di di 50 titik jalur mudik. Dalam penayangannya, Telkomsel bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.
 
5. LewatMana
LewatMana merupakan aplikasi yang menawarkan layanan lalu lintas terbaru. Aplikasi ini baru mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, namun tetap dapat membantu dalam menempuh perjalanan selama mudik.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif