Data cache di smartphone atau HP Android.
Data cache di smartphone atau HP Android.

Tips & Trik

Bisa Bikin Penuh Memori HP Android, Apa Itu Data Cache dan Cara Hapusnya?

Teknologi gadget android tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Januari 2022 19:53
Jakarta: Smartphone atau HP Android saat ini banyak diciptakan dengan kapasitas memori yang besar yaitu mulai dari 128GB hingga 512GB bahkan ada yang hingga 1TB untuk memori internalnya. 
 
Meskipun kapasitasnya besar namun hal ini juga membuat penggunanya malas mengecek ruang kosong yang tersisa di dalamnya. Apabila hal itu terjadi maka Anda tanpa menyadari memori perangkat tersisa hanya sedikit dan baru mengetahui saat akan melakukan update aplikasi.
 
Anda mungkin berpikir bahwa data yang Anda simpan tidak begitu banyak. Padahal setiap Anda membuka dan menggunakan aplikasi selalu data data cache yang otomatis tersimpan di memori. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa itu data cache?
Informasi yang dikumpulkan Medcom.id menjelaskan bahwa data cache adalah daya sementara yang tersimpan oleh aplikasi di smartphone. Meskipun sifatnya tersimpan sementara dan akan ikut hilang saat aplikasi dihapus namun semakin lama bisa menumpuk.
 
Data cache disimpan untuk membuat aplikasi bisa membuka halaman atau informasi terakhir yang Anda lihat dengan cepat. Contohnya, browser kerap menyimpan data cache berisi setiap halaman situs yang dibuka, di sini terdiri dari foto hingga video.
 
Data cache disimpan agar Anda bisa mengakses data cache agar Anda bisa membuka halaman situs tadi dengan cepat saat ingin melihatnya lagi. Hal ini membantu Anda menghemat konsumsi kuota internet.
 
Cara hapus data cache
Kabar baiknya, smartphone atau HP Android menyediakan pilihan untuk menghapus data cache. Di bawah ini adalah langkah cara menghapus data cache di HP Android:
 
1. Masuk ke menu “Settings” atau Pengaturan di smartphone.
 
2. Di halaman ‘Settings” cari menu bertuliskan Apps, pilih menu tersebut.
 
3. Langkah selanjutnya cari pilihan “Manage Apps” atau “See All Apps”
 
4. Anda akan disajikan daftar semua aplikais yang terpasang. Kini Anda bisa memilih satu per satu aplikasi yang ada.
 
5. Di merek smartphone yang berbeda biasanya muncul pilihan “Clear Data” atau “Storage dan Cache” pilih menu tersebut untuk melihat kapasitas data cache yang tersimpan.
 
6. Anda akan diberikan pilihan untuk “Clear Cache” sehingga bisa membantu menyediakan tambahan ruang kosong di memori internal.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif