Masyarakat bisa memanfaatkan Kredibel untuk memeriksa potensi penipuan oleh nomor rekening tertentu.
Masyarakat bisa memanfaatkan Kredibel untuk memeriksa potensi penipuan oleh nomor rekening tertentu.

Tips & Trik

Cara Periksa Nomor Rekening Penipuan Online

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 16 Juni 2020 14:03
Jakarta: Penipuan yang mendorong korban mengirimkan dana ke rekening dengan berbagai modus menjadi salah satu metode penipuan yang banyak digunakan pelaku kejahatan guna memperoleh keuntungan dengan cara tidak halal.
 
Metode ini kerap menelan korban akibat menggunakan alasan terkait dengan keluarga atau orang yang dicintai mengalami nasib kurang beruntung, dan mengharuskan mengirimkan uang dalam jumlah bervariasi ke rekening tertentu.
 
Kini tersedia layanan bertajuk Kredibel.co.id yang memungkinkan masyarakat memeriksa kredibilitas nomor rekening sebelum mengirimkan uang. Layanan ini berkemampuan untuk mengidentifikasi nomor rekening dengan potensi dimiliki pelaku tindak penipuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara Periksa Nomor Rekening Penipuan Online
 
Hal ini juga akan berguna bagi masyarakat yang gemar melakukan aktivitas belanja online di luar ecommerce atau toko resmi. Layanan kredibel.co.id menghadirkan dua opsi yaitu untuk memeriksa rekening penjual, serta untuk melaporkan penipuan.
 
Lantas, bagaimana caranya agar kita mengetahui penjual online ini benar atau tidak?Berikut beberapa caranya.
 
1. Masukkan nomor rekening ke dalam kolom yang ditandai garis merah.Hasil pemeriksaan akan tersedia dalam kurun waktu beberapa detik, dan menampilkan sejumlah informasi. Jika tidak ada informasi yang ditampilkan, maka, nomor rekening si penjual bisa dibilang aman.
Cara Periksa Nomor Rekening Penipuan Online
 
2. Nah, andai nomor rekening yang dimasukkan pernah dilaporkan karena menipu, maka, akan ada warning seperti gambar di bawah ini. Jika, Anda mengalami hal ini, sebaiknya langsung batalkan transaksi.
 
Cara Periksa Nomor Rekening Penipuan Online
Namun informasi tersebut tidak selalu benar, dan jika mengalami insiden penipuan yang melibatkan nomor rekening tersebut, pengguna dapat segera melaporkannya dengan mengklik tombol opsi Laporkan Penipuan berwarna merah.
 
Atau, pengguna juga dapat menuliskan tinjauan atau review terkait nomor rekening yang diinput serta memberikan rating dari pengalaman yang dirasakan setelah bertransaksi dengan pihak terkait. Pemilik nomor rekening untuk bisnis juga dapat melakukan verifikasi pada layanan ini.
 
Dengan demikian, saat pengguna lain menginput nomor rekening bisnis ke layanan, Kredibel akan menampilkan informasi bahwa nomor rekening pengguna telah terverifikasi. Sayangnya, Kredibel menyembunyikan sejumlah informasi dari hasil pemeriksaan tersebut.
 
Untuk menampilkan informasi ini, pengguna harus membuat dan masuk ke dalam akun terlebih dahulu. Untuk mendaftar, pengguna dapat mengklik tombol Daftar di sudut kanan atas halaman layanan, bersebelahan dengan tombol Login, dan memasukan informasi yang dibutuhkan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif