Pengguna Oppo perlu masuk ke ColorOS Recovery saat perangkat mengalami masalah yang tidak bisa diatasi melalui antarmuka biasa.
Pengguna Oppo perlu masuk ke ColorOS Recovery saat perangkat mengalami masalah yang tidak bisa diatasi melalui antarmuka biasa.

Tips & Trik

Cara Keluar dari ColorOS Recovery Oppo

Arif Wicaksono • 19 Juni 2025 10:15

Jakarta: Pengguna Oppo perlu masuk ke ColorOS Recovery saat perangkat mengalami masalah yang tidak bisa diatasi melalui antarmuka biasa. 

Cara ini berguna jika kamu alami bootloop (hanya menampilkan logo Oppo), tidak bisa menyala normal, atau terkunci karena lupa pola atau password. 

Baca juga: Oppo Find X8 Series Masih Jadi Pilihan Daily Driver Masyarakat 

Melalui ColorOS Recovery, pengguna bisa melakukan wipe data, wipe cache, atau install pembaruan sistem secara manual

Ini sangat berguna saat perangkat melambat, sering crash, atau sistem mengalami bug yang cukup parah. Dengan membersihkan cache atau data sistem, banyak masalah bisa diselesaikan tanpa perlu membawa perangkat ke pusat layanan.

Selain itu, ColorOS Recovery juga menjadi langkah penting saat melakukan pembaruan sistem secara offline, terutama jika pembaruan otomatis gagal atau tidak tersedia melalui pengaturan biasa. 

Recovery Mode harus dikenal pengguna Oppo untuk menjaga performa dan stabilitas perangkat mereka. Namun ketika dalam masuk mode ini ada beberapa fitur yang bisa berjalan tak maksimal seperti keyboard yang berjalan lambat.  

Berikut adalah cara keluar dari ColorOS Recovery di HP Oppo, jika kamu masuk ke mode ini secara tidak sengaja atau karena perangkat mengalami masalah:

1. Pilih Opsi “Reboot”

Setelah masuk ke layar ColorOS Recovery, kamu akan melihat beberapa pilihan menu seperti Reboot, Wipe Data, Install from Storage dan Power Off. 

Untuk keluar dari recovery mode, pilih opsi “Reboot” dengan menyentuhnya (jika layar sentuh aktif) atau gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih.

2. Konfirmasi Reboot ke Sistem

Setelah memilih “Reboot”, sistem akan meminta konfirmasi. Pilih “Reboot to System” untuk memulai ulang HP dan kembali ke sistem Android seperti biasa.

3. Jika Layar Tidak Responsif (Touchscreen Tidak Aktif)

Beberapa perangkat di mode recovery tidak mengaktifkan layar sentuh. Gunakan Tombol Volume Atas/Bawah untuk navigasi. Tombol Power untuk memilih navigasi ke "Reboot" dan tekan tombol Power → pilih “Reboot to System”.

Jika semua cara di atas tidak berhasil, lebih baik bawa perangkat ke Service Center Oppo terdekat untuk diperiksa lebih lanjut. 


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan