Tips & Trik

Mengoptimalkan Twitter Saat Terjadi Bencana Alam

Cahyandaru Kuncorojati 30 September 2018 12:15 WIB
twittertips dan trik teknologi
Mengoptimalkan Twitter Saat Terjadi Bencana Alam
Logo Twitter.
Jakarta: Selain dari berita media lokal maupun media nasional, masyarakat saat ini juga kerap memanfaatkan media sosial seperti Twitter untuk memantau kondisi lokasi terjadinya bencana alam.

Twitter dikenal sebagai salah satu media sosial yang menyajikan informasi secara langsung atau real-time sehingga menjadi salah satu acuan untuk memantau momen yang ramai dibicarakan masyarakat dan netizen.

Beberapa waktu lalu Twitter membagikan informasi untuk mengoptimalkan media sosial tersebut terkait terjadinya bencana alam di Indonesia belakagan ini. Berikut adalah tips cara memanfaatkan Twitter.


1. Pantau dari sumber terpercaya
Kini hampir banyak sekali organisasi resmi maupun media resmi yang menyediakan akun media sosial Twitter untuk memudahkan penggunanya mengikuti informasi yang mereka umumkan.

Pengguna Twitter bisa mengikuti akun Twitter milik organisasi resmi dan media resmi yang fokus membahas atau melakukan gerakan bantuan sembari memantau kondisi di lokasi bencana alam.

2. Manfaatkan tagar
Tagar akronim dari tanda pagar adalah cara mudah untuk menemukan informasi atau diskusi dengan topik yang sama di Twitter. Tagar kerap digunakan oleh organisasi dan media resmi untuk memberikan perkembangan informasi bagi pengikutnya.

Misalnya, mengikuti tagar #gempapalu, #gempadonggala,dan sejenisnya. Tentu saja ada baiknya Anda sebagai pengguna juga memanfaatkan tagar dengan tepat, misalnya tidak mengunggah sesuatu yang tidak sesuai dengan tagar yang digunakan.

3. Twitter Lite, lebih ringan dan cepat
Twitter juga hadir dalam aplikasi yang lebih ringan yakni Twitter Lite. Aplikasi ini menyediakan ukuran file yang lebih kecil dan tampilan lebih sederhana sehingga lebih ringan, hemat data, lebih cepat diakses dengan kondisi internet yang kurang bagus.

Jadi Twitter Lite bisa dimanfaatkan di lokasi yang diterpa bencana alam yang mungkin kualitas layanan komunikasinya tengah lumpuh atau kurang optimal. Pengguna tetap bisa memberikan update perkembangan kondisi di lapangan ke media sosial.

4. Hubungi pihak atau pusat bantuan via Twitter
Fungsi media sosial yang semakin penting turut disadari oleh organisasi dan media resmi, pihak ini kemudian menggunakan media sosial untuk merespon setiap komunikasi yang terjalin dengan penggunanya.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna Twitter untuk melaporkan kondisi atau meminta bantuan kepada pihak terkait sehingga proses komunikasi tetap terjalin dengan cepat.

5.Gunakan Twitter Moments
Twitter juga memiliki fitur Twitter Moments yakni kumpulan Tweet yang sudah dikurasi terkait topik tertentu yang terjadi di Twitter. Fitur ini membantu menampilkan topik terkini yang populer dan relevan, sehingga Anda dapat menemukan apa yang sedang berlangsung di Twitter dengan cepat.

Ada baiknya Twitter Moments dibuat secara kronologis dengan mengikutsertakan Tweet yang relevan, yang nantinya dapat berfungsi sebagai referensi. Segera perbarui Twitter Moments dengan Tweet terbaru dan informasi penting saat terjadi perubahan terkait isu atau topik yang sedang terjadi.



(MMI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.