Sebastian Krueger, Vice President for Asia Pacific Paessler.
Sebastian Krueger, Vice President for Asia Pacific Paessler.

Sebastian Krueger, Vice President for Asia Pacific Paessler

Pentingnya IT Monitoring di Era Digitalisasi

Mohammad Mamduh • 08 Agustus 2022 10:54
Jakarta: Transformasi digital sudah menjadi hal lumrah saat ini, baik untuk perusahaan skala besar maupun menengah. Perusahaan skala kecil seperti UMKM juga mulai melihat pentingnya digitalisasi. Namun, memang banyak aspek yang harus disiapkan. Salah satunya adalah IT Monitoring. 
 
Untuk membahas lebih jauh mengenai pemahaman IT Monitoring, kami berbincang dengan Sebastian Krueger, Vice President for Asia Pacific Paessler. Berikut hasil wawancaranya.
 
1. Apa itu Paessler, dan apa saja layanan pemantauan yang disediakan oleh Paessler?
Paessler adalah pemimpin dalam pemantauan TI dengan lebih dari 500.000 instalasi. Didirikan pada tahun 1997 dan berkantor pusat di Nuremberg, Jerman, lebih dari 500.000 pengguna di lebih dari 170 negara mengandalkan PRTG dan solusi Paessler lainnya untuk memantau infrastruktur TI, OT, dan IoT mereka yang kompleks hingga hari ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rangkaian produk dari Paessler memungkinkan para pengguna untuk memantau bisnis, pusat data, dan lingkungan mereka untuk meningkatkan kinerja dan menghindari waktu henti sekaligus mengurangi konsumsi energi dan emisi mereka.
 
Solusi pemantauan yang disediakan Paessler meliputi PRTG Network Monitor, yaitu memantau seluruh infrastruktur TI dan mengoptimalkan infrastruktur TI intinya, seperti memantau sistem, perangkat, lalu lintas, dan aplikasi pengguna. Solusi ini cocok untuk memantau infrastruktur skala kecil dan menengah.
 
Lalu PRTG Enterprise Monitor, memantau infrastruktur TI besar, lingkungan, proses bisnis, dan layanan di berbagai lokasi. Kemudian PRTG Hosted Monitor, memantau TI di cloud; sebuah solusi pemantauan SaaS.
 
2. Apa itu monitoring, manfaat, serta kelebihannya untuk bisnis?
Pemantauan TI adalah proses pengumpulan, penyimpanan, dan penerbitan data serta memperingatkan bisnis berdasarkan kriteria nilai ambang batas normal. Solusi pemantauan TI mampu mendeteksi dan menganalisis perubahan, pola, tren, dan anomali dalam infrastruktur TI.
 
Perangkat solusi pemantauan TI memproses data yang dikumpulkan secara real-time dan mampu membantu memvisualisasikan data, sehingga dapat mengurangi upaya pengawasan secara manual.
 
Selain itu, solusi ini mampu menyediakan fungsi keamanan melalui pemantauan kinerja firewall atau pemindai virus dan mengidentifikasi perilaku yang tidak biasa dalam jaringan.
 
3. Apa pentingnya memantau bisnis menggunakan solusi monitoring?
Solusi pemantauan TI mendukung pemantauan proses bisnis, peringatan secara fleksibel, sejumlah antarmuka pengguna, pelaporan mendalam, pemantauan yang terdistribusi, dan banyak lagi.
 
Ini akan membantu memantau semua sistem, perangkat, traffic, dan aplikasi di infrastruktur TI Anda. Melalui pemantauan atas adanya perubahan dan menganalisanya, solusi pemantauan membantu perusahaan menentukan akar penyebab masalah yang diidentifikasi (analisis akar penyebab) serta mengenali dan membuat prediksi berdasarkan tren yang berlangsung. 
 
4. Mengapa solusi monitoring dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat? Apa saja keuntungan menggunakan solusi monitoring?
Perkembangan terkini dalam industri TI telah didorong oleh digitalisasi. Data mesin menjadi semakin penting bagi seluruh bisnis sebagai akibat dari peningkatan otomatisasi, sehingga mesin menjadi lebih terhubung.
 
Konsep dari dunia teknologi dan TI diadopsi untuk OT, dan sebagai hasilnya, tim OT semakin dihadapkan pada tugas atau situasi terkait TI. 
 
Industri 4.0, semakin maraknya digitalisasi, dan konvergensi TI/OT, turut memengaruhi cara sektor produksi terhubung dan terlibat dengan IT. Ini menjadikannya penting untuk memiliki gambaran umum terpadu tentang seluruh infrastruktur pengguna, baik itu TI, OT, atau IIoT.
 
Meningkatnya keterkaitan antara TI dan OT mendukung teknisi, insinyur, dan administrator sistem dalam mendapatkan akses ke data yang tepat, analisis akar masalah di seluruh sistem dan antarmuka, sambil tetap memprioritaskan keamanan siber. Pemahaman menyeluruh tentang seluruh lingkungan industri diperlukan untuk mengembangkan strategi keamanan siber yang baik yang memenuhi setiap aspek.
 
Dalam pengambilan keputusan untuk bisnis, solusi pemantauan menawarkan kemampuan untuk melakukan pemantauan proaktif terhadap proses bisnis inti perusahaan, termasuk pengamatan semua fungsi teknis dan fungsi-fungsi lainnya terkait aplikasi, sehingga dapat mendeteksi situasi bermasalah sedini dan secepat mungkin, sebelum menjadi masalah kritis.
 
Melalui solusi pemantauan TI, bisnis dapat memperoleh manfaat dari kontrol dan visibilitas yang lebih baik terhadap infrastruktur serta proses TI mereka pada satu platform yang sama, serta wawasan yang lebih dalam tentang jaringan, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya dalam prosesnya.
 
5. Industri apa saja yang bisa mendapatkan manfaat dari solusi monitoring? Apa saja contoh pemanfaatan solusi monitoring dalam industri tersebut?
Berbagai macam industri dapat menggunakan solusi pemantauan jaringan. Bagi Paessler, pelanggan kami berasal dari industri kesehatan, IT & IoT industri, pendidikan, keuangan, pemerintahan, dan banyak sektor lainnya.
 
Contohnya adalah bagaimana aktivitas pemantauan jaringan dapat bermanfaat bagi sektor kesehatan. Rumah sakit modern sangat digital, dan ketersediaan data pasien adalah inti dari digitalisasi ini.
 
Klien layanan kesehatan kami menggunakan solusi PRTG untuk memantau dan memusatkan kedua sistem TI perawatan kesehatan seperti gambar X-Ray, MRT atau ultrasound, data hasil laboratorium atau spesialis, serta sistem TI klasik.
 
Sebuah studi kasus yang kami miliki adalah Leiden University MedicalCenter (LUMC) di Belanda, sebuah rumah sakit universitas dengan banyak departemen yang menyediakan perawatan khusus. Pada tahun 2019, LUMC memutuskan untuk beralih ke sistem pemantauan jaringan baru dan memilih PRTG Paessler.
 
Salah satu aspek penting untuk menjamin perawatan itu adalah kelancaran fungsi TI. Inilah sebabnya mengapa rumah sakit memiliki tim TI khusus untuk memantau jaringan dan spesialis TI yang bekerja di berbagai departemen di rumah sakit.
 
Persyaratan pada saat itu adalah bekerja dengan sistem di mana berbagai elemen dapat dipantau dari dalam lingkungan yang sama. Ini berarti memantau kesehatan jaringan 24 jam sehari dan juga, dengan perluasan, kesehatan pasien.
 
Selain itu, pemantauan juga dapat digunakan untuk sektor data center. Pusat data, yang penting bagi organisasi manapun, berada di pusat setiap sistem TI.
 
Untuk memastikan kinerja yang sangat baik dan pengoperasian pusat data yang bebas masalah, penting untuk terus mengawasi berbagai komponen yang berbeda, baik di TI maupun di fasilitas, untuk mendeteksi kekurangan sedini mungkin dan dengan demikian menghindari masalah, kerugian, dan gangguan.
 
Dalam jangka panjang, PRTG membantu mengoptimalkan pusat data di semua tingkatan, di samping itu, secara permanen membantu menghemat biaya operasional. Infrastruktur pusat data menjadi lebih kompleks sebagai akibat dari kemajuan teknologi, dan jika gagal, bisnis sering kali tidak dapat beroperasi.
 
Memantau pusat data dengan PRTG akan memungkinkan bisnis memastikan pemantauan ketat terhadap semua pusat data mereka, memeriksa kinerja infrastruktur mereka secara real-time, menghemat waktu dan uang dengan menghindari pemadaman yang mahal.
 
6. Bagaimana cara mengintegrasikan monitoring ke dalam sistem TI untuk mengurangi biaya dan mengelola kompleksitas dalam infrastruktur TI?
Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda akan sistem pemantauan jaringan, jadi memilih solusi yang tepat sangatlah penting. Solusi pemantauan jaringan profesional dengan cakupan fungsional yang luas dan biaya yang terjangkau akan membantu menghemat anggaran finansial pada departemen TI, dengan kelebihan untuk menghemat waktu dan sumber daya.
 
Cara terbaik untuk mengelola lingkungan industri modern adalah melalui pemantauan jaringan secara holistik, yang memerlukan kombinasi peringatan otomatis dan visibilitas.
 
Ini memerlukan beberapa prosedur, termasuk mengumpulkan data dari semua area infrastruktur, memvisualisasikan data dalam perspektif yang informatif bagi tujuan, proyek, dan tim yang berbeda, hingga mengatur peringatan dan notifikasi.
 
Solusi pemantauan yang baik harus mencakup semua prosedur ini. Misalnya, Anda tidak memerlukan alat untuk visualisasi dan memerlukan alat terpisah untuk peringatan dan pemberitahuan. Sebaliknya, satu solusi harus mengikat semuanya bersama-sama.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif