Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Ini Penyebab HP Terasa Panas Selama Perjalanan Arus Balik Mudik

Cahyandaru Kuncorojati • 07 Mei 2022 09:47
Jakarta: Sebagian masyarakat mulai yang telah melakukan perjalanan mudik beberapa waktu lalu kini mulai kembali ke Jakarta dan kota sekitarnya bersamaan dengan momen arus balik. Di perjalanan mungkin Anda mengalami hal yang kurang menyenangkan, yaitu gadget atau smartphone Anda terasa panas.
 
Padahal HP menjadi salah satu gadget andalan selama perjalanan mudik. Tidak hanya menjadi alat komunikasi dengan saudara di lokasi tujuan tapi juga mengetahui kondisi perjalanan, dan sumber konten hiburan.
 
Rasa panas alias overheating yang muncul tentu saja membuat panik, mungkin Anda di momen Lebaran ini tidak menyiapkan dana THR untuk membeli gadget baru. Makanya Anda cemas takut gadget kesayangan justru rusak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa yang menyebabkan smartphone panas selama perjalanan mudik atau arus balik ke kota?
 
1. Penggunaan yang terlalu lama dan terus menerus
Saat hari biasa dan bekerja, Anda mungkin hanya membuka smartphone beberapa kali dan sebentar. Berbeda dengan saat perjalanan mudik, Anda pasti membukanya terus menerus, misalnya untuk navigasi Google Maps bagi yang mengendarai kendaraan pribadi.
 
Mereka yang menggunakan transportasi umum mungkin menggunakan smartphone untuk bermain game maupun menonton selama perjalanan. Kondisi pemakaian ini yang membuat smartphone bisa panas.
 
2. Kecerahan layar yang terlalu tinggi
Berdasarkan kondisi pertama tadi, Anda juga mungkin memasang kecerahan layar yang cukup tinggi karena kondisi di dalam kendaraan selama perjalanan terlalu terang apabila Anda duduk di posisi dekat jendela. Bayangkan, layar yang terus menyala dengan tingkat kecerahan tinggi jelas membuat smartphone panas.
 
3. Posisi penggunaan selama perjalanan
Masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, posisi Anda duduk juga menentukan kondisi smartphone. Contohnya, Anda berada di kursi depan mobil dan menaruh HP di atas dashboard saat matahari terik selama perjalanan. Anda mungkin menaruh smartphone di meja dalam kereta yang terpapar sinar matahari.
 
Meskipun smartphone dalam kondisi layar terkunci tetap saja hal ini secara tidak langsung membuat HP bisa memiliki efek suhu agak panas. Jadi perhatikan kembali posisi Anda menaruh smartphone.
 
4. Sinyal selama perjalanan tidak stabil
Smartphone terus bekerja selama menyala, salah satunya adalah menerima dan mengirim  data saat terhubung ke internet. Jadi antena seluler di bagian dalamnya akan terus bekerja untuk mencari sinyal, kinerja ini semakin berat saat di perjalanan karena kualitas sinyal di setiap wilayah bisa berbeda-beda.
 
Makanya sangat disarankan untuk Anda mengandalkan koneksi WiFi gratis yang tersedia di moda transportasi meskipun kualitasnya mungkin tidak lebih baik. Solusi terbaik adalah dengan menonaktifkan koneksi data alias Airplane Mode ketika tidak digunakan.
 
Anda bisa dengan mudah menonaktifkan airplane mode dan menunggu sebentar untuk bisa kembali terhubung ke internet. Hal ini jauh lebih mudah dan singkat dibandingkan harus mematikan dan menyalakan terlebih dulu smartphone Anda. Di sisi lain, cara ini juga bisa membantu menghemat baterai.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif