Xiaomi Redmi 6.
Xiaomi Redmi 6.

Xiaomi Redmi 6, Performa Lumayan Pakai MediaTek

Teknologi xiaomi review gadget
Lufthi Anggraeni • 09 Desember 2018 13:30
Jakarta: Pasar smartphone menengah di Indonesia masih menjadi pasar menggiurkan untuk Xiaomi. Mereka dikenal masyarakat terfokus pada segmen pasar ini, dengan merilis perangkat berharga terjangkau.
 
Fokus tersebut kembali ditampilkan Xiaomi dengan merilis Redmi 6 di Indonesia pada bulan September 2018 lalu. Ditawarkan dengan harga terjangkau, perangkat ini mengusung spesifikasi yang cukup baik untuk kelas harganya.
 

Desain


Xiaomi Redmi 6 hadir dalam balutan bahan plastik, dan tampil serupa dengan ponsel karya Xiaomi lainnya. Balutan bahan plastik menjadikan bodi perangkat ini terasa ringan dan cukup kesat, menimbulkan kenyamanan saat digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, mengusung bahan plastik tidak mengkilat, ponsel ini juga mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan cukup menyenangkan berkat noda sidik jari yang tidak mudah menempel di sasis.
 

 
Sementara itu, meski tidak mengusung desain layar berponi di bagian depan, Xiaomi Redmi 6 tetap mampu menyuguhkan pengalaman menikmati konten di perangkat. Layar dengan ukuran 5,45 inci ini tampil cukup baik, meski kecerahan di bawah paparan sinar matahari langsung sedikit redup.
 
Sementara itu di sisi kanan bodi, Anda dapat menemukan tombol volume berdampingan dengan tombol daya. Di sisi atas, terdapat jack headphone 3,5 mm, dan sisi kiri bodi tersemat slot kartu SIM Nano berdampingan dengan slot kartu microSD, bersebelahan dengan satu slot kartu SIM Nano lainnya.
 

 
Sedangkan di sisi bawah terdapat port USB pengisi daya baterai, dan di bagian belakang tersemat dua kamera bersusun horizontal yang sedikit menonjol jika dibandingkan dengan bidang bodi belakang, dan didampingi oleh lampu flash LED.
 
Di bagian belakang bodi Xiaomi Redmi 6, Anda juga akan menemukah sensor pemindai sidik jari di bagian belakang tengah ponsel, dan speaker di belakang bawah. Sayangnya, posisi speaker tersebut sedikit mengganggu kenyamanan menikmati konten.
 

 
Sebab speaker mudah tertutup sehingga keluaran suara pun menjadi kurang maksimal. Meskipun demikian, ukuran bodi yang ramping dan tinggi dengan letak tombol fisik, mendukung kenyamanan saat digenggam dengan satu tangan, termasuk oleh pengguna bertangan kecil.
 

 

Software dan Antarmuka


Xiaomi Redmi 6 menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 9.6.10, meski kemudian mendapatkan MIUI 10. Tampilan antarmuka yang disuguhkan perangkat ini tidak jauh berbeda dari perangkat pendahulunya.
 
Antarmuka Redmi 6 versi pembaruan tampil cerah dan dengan ikon berukuran sedikit lebih besar dan tampil berbeda. Sebagai contoh, pada aplikasi telepon, versi MIUI terbaru hadir dengan ikon berbentuk membulat, berbeda dari versi sebelumnya dengan ikon berbentuk kotak.
 

 
Menyoal aplikasi bawaan atau bloatware, Anda tidak akan menemukan banyak aplikasi tersebut, selain aplikasi khusus Xiaomi seperti Mi Community, Mi Forum, dan aplikasi karya Google, serta sejumlah aplikasi pihak ketiga seperti, Lazada, Caping, PicMix dan Facebook.
 
Selain itu, Xiaomi turut membekali Redmi 6 dengan sejumlah gestur sebagai jalan pintas mengakses aplikasi dan melakukan aktivitas, seperti mengusap ke arah bawah dengan tiga jari untuk mengambil foto layar atau screenshot, dan menekan tombol home selama beberapa saat di halaman lockscreen untuk mengaktifkan lampu senter.
 
Tersedia juga pengaturan penggunaan dengan satu tangan, yang akan menyesuaikan ukuran dan ikon aplikasi menu pada layar menjadi sejumlah ukuran, seperti 4,5 inci, 4,0 inci dan 3,5 inci, demi kenyamanan penggunaan.
 
Redmi 6 juga berbekal fitur pengenalan wajah untuk membuka kunci perangkat dan berfungsi dengan cukup baik dalam berbagai kondisi pencahayaan, meski tidak menyuguhkan kecepatan proses secepat prediksi kami.
 

Kamera


Untuk urusan kamera, Xiaomi membekali Redmi 6 dengan kamera belakang ganda beresolusi 12MP dan 5MP. Kamera belakang ini juga didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI), diklaim mampu memaksimalkan foto yang dihasilkannya.
 
Sementara itu untuk kamera depan, Xiaomi Redmi 6 berbekal kamera beresolusi 5MP. Menyoal aplikasi kamera, Redmi 6 menghadirkan mode serupa dengan smartphone karya Xiaomi lainnya, seperti Short Video, Portrait, Square, Panorama, dan Manual, selain mode Photo dan Video umum.
 

 

 

 
Pada mode Manual, Anda dapat mengendalikan pengaturan White Balance, Focus, Shutter Speed, dan ISO. Selain itu, aplikasi ini juga dibekali dengan tuas jalan pintas untuk mengakses fitur HDR dan berbagai filter.
 
Pada foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan baik, Xiaomi Redmi 6 mampu menyuguhkan hasil dengan kecerahan, ketajaman dan detil yang baik, meski hasil serupa tidak dapat ditemukan pada hasil foto di pencahayaan redup.
 

 

 
Di siang hari dan kondisi pencahayaan terang, Redmi 6 mampu mengukur pencahayaan dengan tepat serta mengaktifkan HDR secara otomatis dengan cepat. Namun, kamera ponsel ini sedikit kesulitan saat harus memotret benda kecil dan berjarak dekat.
 
Demikian juga dengan kamera depannya, yang cukup mampu menyuguhkan hasil foto cukup baik. Namun noise masih sedikit terlihat pada hasil foto kamera depan Redmi 6 termasuk pada kondisi pencahayaan tergolong cukup.
 

Performa


Untuk urusan dapur pacu, Xiaomi Redmi 6 didukung oleh prosesor MediaTek Helio P22 octa-core 2.0GHz, RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal 64GB. Meski bukan pabrikan Qualcomm, chipset pendukung Redmi 6 ini juga mampu menghadirkan performa yang baik,
 
Performa cukup baik ini turut ditampilkan pada hasil pengujian 3DMark dengan perolehan nilai 382 untuk Sling Shot Extreme OpenGL dan 600 untuk Slingshot, serta PCMark Work 2.0 dengan perolehan nilai sebesar 4842.
 

 
Sementara itu, saat digunakan untuk memainkan game PUBG Mobile, ponsel mampu menyuguhkan permainan dengan baik, meski secara default, kualitas grafis terpasang pada opsi Low.
 
Lag sempat terasa beberapa kali, meski secara keseluruhan tidak mengganggu kesenangan dalam memainkan game. Perangkat ini masih mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan keseharian seperti berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan mulus tanpa gangguan lag.
 
Selain itu, memainkan game dalam jangka waktu cukup lama menjadikan bodi perangkat terasa hangat, meski tidak mengganggu pengalaman penggunaan secara keseluruhan. Lain halnya jika aktivitas dilakukan di bawah sinar matahari secara langsung, menyebabkan peningkatan suhu pada bodi perangkat cukup terasa.
 

 
Menyoal baterai, Xiaomi membekali Redmi 6 dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, kapasitas yang kini sering ditemukan mendukung ponsel cerdas yang ada di pasar saat ini. Kapasitas ini cukup mampu mendukung aktivitas penggunaan dengan baik selama pengujian berlangsung.
 
Saat diuji, perangkat ini mampu bertahan selama sekitar 10 jam saat digunakan dalam aktivitas harian. Sedangkan pada hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark, Redmi 6 mampu bertahan selama delapan jam.
 
Kesimpulan
Ditawarkan dengan harga terjangkau tidak menjadikan perangkat Xiaomi ini kurang cakap dalam menyuguhkan performa yang memanjakan pengguna. Selain performa mulus pada penggunaan harian, Redmi 6 juga mampu menyuguhkan hasil foto yang baik untuk diunggah ke media sosial.
 
Tidak mengganggu pengalaman secara keseluruhan, temuan noise pada hasil foto pada kondisi pencahayaan redup serta lag saat memainkan game PUBG Mobile tetaplah menjadi hal yang kami sayangkan.
Spesifikasi Xiaomi Redmi 6
Prosesor MediaTek Helio P22
GPU PowerVR GE8320
OS Android 8.1 Oreo / MIUI 10
RAM 4GB
Memori Internal 64GB + microSD 256GB
Kamera Belakang 12MP+5MP, Depan 5MP
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,45 inci HD+ 18:9
Harga Rp2.399.000
8
Xiaomi Redmi 6
Plus
  • Performa baik untuk penggunaan sehari-hari
  • Daya tahan baterai cukup lama
  • Bodi nyaman digenggam
Minus
  • Foto pada kondisi pencahayaan redup kurang memuaskan
  • Bukan untuk memainkan game bergrafis bagus

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi