Redmi Note 8 Pro.
Redmi Note 8 Pro.

Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra

Teknologi teknologi gadget xiaomi review gadget
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 01 Desember 2019 13:27
Jakarta: Redmi Note 8 Pro resmi hadir untuk pasar Indonesia bulan lalu. Dalam acara peluncurannya, Xiaomi mengklaim mereka adalah merek pertama yang memboyong ponsel kelas menengah dengan kamera belakang 64MP ke Tanah Air.
 
Klaim tersebut memang benar, disusul dengan merek kompetitor beberapa hari setelahnya. Hal yang menarik adalah embel-embel Pro pada smartphone kali ini bukan hanya dari aspek spesifikasinya. Jika mengaca pada seri-seri smartphone sebelumnya, merek yang manapun, seri Pro biasanya hanya menyediakan spesifikasi jeroan yang lebih tinggi.
 
Perbedaan dari segi desain tergolong minor. Pakem ini menghilang bersamaan dengan munculnya Redmi Note 8 Pro. Sebelumnya, kami telah mengulas Redmi Note 8, versi dengan harga yang lebih terjangkau dengan menawarkan desain keren dan performa mumpuni di kelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Redmi Note 8 Pro menghadirkan paradigma baru, yang sejujurnya bisa membuat orang tersenyum dan berminat. Ini juga terlihat dalam acara peluncurannya. Pihak Xiaomi juga terlihat memperlakukannya secara khusus ketika presentasi. Berikut ulasan lengkap Medcom.id soal Redmi Note 8 Pro.

Elemen Warna Elegan

Redmi Note 8 Pro punya desain yang sangat berbeda dengan Redmi Note 8, dan ini terlihat dari berbagai sisi. Hal yang paling terlihat dadalh pilihan warna memberikan kesan lebih elegan kareena elemen gelap.
 
Unit pengujian yang kami terima mengusung warna Forest Green. Ketimbang terang, warna hijau yang diusung punya unsur kilap dan gelap. Ketika kita melihatnya lebih saksama, elemen warna paling gelap berada di tengah, dan semakin muda warnanya ke pinggir.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Balutan warna ini punya motif horisontal, dengan elemen warna yang paling terang tetap memberikan kesan gelap, tidak seperti biru yang bisa memberikan kesan terang. Warna ini sangat jarang ditemui pada smartphone. Kesan mewah cukup terasa saat diletakkan di meja dengan posisi bodi belakang terlihat.
 
Setelah warnanya, bodi belakang Redmi Note 8 Pro menyematkan tiga kamera dan pemindai siik jari di tengah. Ketiga komponen ini terbungkus bingkai pelindung dengan ukuran lebih menonjol. Kamera keempat berada terpisah, bersama LED flash sebelahnya, dan punya ketebalan yang sama dengan bodi.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Setelah itu Anda bisa melihat logo Redmi dengan balutan warna perak. Bagaimana dengan bekas sidik jari? lapisan bodi belakang Redmi Note 8 Pro tergolong bagus. Bekas sidik jari tidak begitu terlihat meski telah dipakai selama beberapa waktu. Ini berkat lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang membungkusnya.
 
Ini juga bisa memberi sugesti pengguna untuk yakin memakainya tanpa menggunakan case tambahan. Satu kelemahan yang saya lihat adalah debu yang mudah menempel pada sudut-sudut bingkai kamera.
 
Layar Redmi Note 8 Pro berukuran 6,53 inci, lebih besar 0,23 inci deri Redmi Note 8. Rasio bodi ke layarnya mencapai 84,9 persen, dengan resolusi 1080 x 2340 sekaligus HDR.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Layar ini juga mengusung poni dew drop an menyisakan bingkai tipis di semua sisi. Poninya juga lebih minim berkat komponen speaker yang terpasang cukup tipis di atas. Karena tidak mengusung konsep edge, bingkai ini membantu mencegah sentuhan tak penting dari tangan.
 
Redmi Note 8 Pro menggunakan slot dual SIM padda sisi yang terpisah dari tombol power dan volume. Di pinggir bawah tersedia lubang speaker, port USB-C, mikrofon, dan port audio 3,5mm. Pada pinggir atas terpasang inframerah dan lubang mikrofon. Secara keseluruhan, bodi Redmi Note 8 Pro terbilang keren dan cukup ergonomis walau dipegang satu tangan.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra

MIUI 10 dan 11

Sebagai ponsel anyar, Redmi Note 8 Pro langsung mendukung MIUI 10 dan dipastikan mendapatkan MIUI 11. Walau sudah diperbarui, untuk saat ini MIUI 11 masih akan mengadopsi Android 9.
 
MIUI identik dengan desain ikon khas Xiaomi, dengan elemen warna lembut dan ceria. Begitu melihat jajaran aplikasinya, saya kurang puas dengan aplikasi bawaan pihak ketiga yang terlalu banyak. Ini cukup terasa karena MIUI sendiri sebenarnya sudah punya banyak aplikasi bawaan.
 
Secara umum, fungsi dan fitur yang hadir sama dengan smartphone Xiaomi lainnya. Untuk Redmi Note 8 Pro, saya melihat tiga fitur yang cukup menarik dan unik.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Quick Ball adalah fitur pertama yang ingin saya bahas. Nama dan fungsinya tidak berbeda dengan yang muncul pada antarmuka lain. Fitur ini memberikan Anda akses cepat ke beberapa perintah dan aplikasi. Xiaomi menambahkan beragam kemampuan sehingga keberadaannya tidak terlalu mengganggu produktivitas.
 
Saat tidak aktif, ia akan sembunyi di ujung layar dan menyisakan bentuk seperti panah kecil. Anda juga bisa mengatur dengan cara apa ia muncul. Lebih spesifik, Anda juga bisa meminta Quick Ball tidak muncul dalam aplikasi tertentu.
 
Fitur kedua adalah Game Booster. Begitu Anda memasang salah satu game populer seperti PUBG, shortcut bawaan ini akan muncul muncul otomatis. Begitu dibuka, ia akan menawarkan beberapa fungsi, termasuk mematikan notifikasi yang akan mengganggu permainan.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Selain itu, Game Booster juga akan meningkatkan performa game, meningkatkan prioritas bandwidth jaringan, kualitas audio, dan responsivitas. Salah satu faktor pendukungnya adalah prosesor MediaTek teranyar yang diklaim spesial untuk gaming.Anda juga bisa mengelola beberapa akses cepat yang bisa muncul di pinggir layar saat bermain.
 
Begitu ponsel bergetar atau berbunyi, penggunanya tidak sabar untuk melihat notifikasi yang masuk. Bayangkan jika Anda punya grup WhatsApp yang cukup aktif, sehingga notifikasi bisa muncul setiap saat.
 
Quick Reply akan memberikan Anda akses langsung terhadap isi notifikasi, dan tidak hanya berlaku untuk WhatsApp. Saat mengakses bagian pengaturan, akan muncul daftar aplikasi yang bisa ia tampilkan isi notifikasinya lebih cepat. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi juga harus mendukung fitur tersebut agar optimal.
 
Satu kekurangan yang saya lihat pada MIUI Redmi Note 8 Pro adalah iklan yang cukup banyak. Memang tidak terlalu mengganggu, tetapi antarmuka ini akan mencoba mempromosikan berbagai layanan bawaan Xiaomi, termasuk toko aplikasi mandirinya.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Game Booster juga demikian, ia akan menampilkan rekomendasi game yang sangat banyak. Masalahnya, game yang dipromosikan cenderung tidak populer dan tidak sesuai kelas gaming yang ditawarkan Redmi Note 8 Pro. Rekomendasi game jauh lebih baik dan jelas di Google Play Store.

Kelas Quad Kamera 64MP

Redmi Note 8 Pro membawa Xiaomi berada di tren Tanah Air kamera belakang 64MP yang mengandalkan empat kamera belakang. Smartphone ini memadukan lensa 64MP wide-angle, lensa ultra wide-angle 8MP, lensa makro 2MP dan lensa depth sensor 2MP.
 
Menurut saya kualitas kamera belakang Redmi Note 8 Pro tergolong memuaskan baik di mode 64MP maupun mode biasa. Fokus kamera sangat cepat termasuk saat mencoba mengambil mode makro. Semua hasil foto yang saya kumpulkan dilakukan tanpa menggunakan mode AI.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Di kondisi sore maupun malam hari kualitas kameranya juga mampu menghasilkan kualitas foto dengan efek cahaya yang dramatis. Sayangnya, di mode wide-angle kualitas ketajamannya menurun drastis.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Beralih ke kamera depannya, tersedia kamera kemampuan 20MP yang juga dibekali teknologi AI. Saya mencoba mengambil foto selfie dengan kondisi tadi dan satu lagi dengan membelakangi arah cahaya. Hasilnya kamera depannya masih bisa diandalkan.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra

Chipset Gaming Helio G90T

Redmi Note 8 Pro tampil beda dengan seri Redmi kelas tertinggi yang pernah dirilis. Kali ini, Xiaomi menanamkan Helio G90T besutan MediaTek, berduet RAM 6GB dan memori penyimpanan 128GB.
 
Chipset ini dirancang khusus untuk kebutuhan gaming, yang berarti pengguna smartphone akan merasakan peningkatan yang dapat dilihat saat bermain yang punya kualtias visual mumpuni. Namun, MediaTek tetap membawa produk mereka ini tetap bisa terpasang pada ponsel pintar dengan harga yang masih terjangkau.
 
Mereka memproyeksikan Helio G90T berhadapan langsung dengan Snapdragon 730G. Untuk melihat performanya dalam angka, Anda bisa melihat gafiknya di bawah ini.
 
Seperti biasa, kami menjajalnya dengan PCMark dan 3DMark. Hasil performa Redmi Note 8 Pro kami bandingkan dengan merek lain di spesifikasi dan harga yang tidak selisih jauh. Terlihat bahwa smartphone ini menjadi paling unggul.
 
Skor 3DMark Slingshot Extreme dan Slingshot dari Redmi Note 8 mengantongi angka cukup tinggi di antara kompetitor yaitu 2.365 poin dan 2.722 poin. Pengujian PCMark Work 2.0, Redmi Note 8 Pro bisa melesat jauh dengan skor 10.259 poin.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Di pengujian bermain game PUBG Mobile, Redmi Note 8 Pro mendukung resolusi HDR dan frame rate Ultra. Artinya, smartphone ini sudah mampu menyajikan kemampuan bermain game tinggi. Saya menambahkannya dengan mengubah anti-aliasing menjadi aktif, dan auto-adjust frame rate ke nonaktif.
 
Didukung fitur Game Booster, frame rate yang di sajikan di fitur tersebut beberapa kali berhasil menyentuh 60fps tapi tidak stabil. Tercatat frame rate rata-rata ada di kisaran 54-57fps. Konsumsi baterainya sekitar empat persen tiap durasi 10 menit dengan Game Booster yang aktif. Suhunya tergolong hangat dan sempat menyentuh 44 derajat celcius.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Sementara untuk pengujian baterai, Redmi Note 8 Pro membenamkan daya baterai 4.500 mAh. Daya ini termasuk cukup besar di kalangan smartphone harga Rp3 juta. Namun, jika mengujinya dengan PCMark Battery, daya tahannya mencapai 10 jam. Ini masih rendah jika dibanding beberapa kompetitornya dengan daya baterai 500-1.000 mAh lebih rendah.
 
Redmi Note 8 Pro, Kamera 64MP Bisa Main PUBG Mobile di Ultra
 
Ini berarti ia bisa satu sampai dua jam lebih cepat habis. Salah satu faktornya adalah chipset yang tergolong baru. Penyempurnaan optimalisasi dari aspek software sangat diperlukan ke depannya, baik dari pihak MediaTek maupun dari Xiaomi.
 
Kesimpulan
Menarik sekali, itulah dua kata yang terlintas di pikiran kami saat menjajal Redmi Note 8 Pro. Desain bodi yang keren memberi kesan bahwa smartphone ini dihargai lebih dari Rp5 juta. Kualitas materialnya juga semakin membaik, terutama dengan lapisan Gorilla Glass 5.
 
Performa gaming juga tidak perlu diragukan lagi kemampuannya Redmi Note 8 Pro bisa menyajikan pengalaman bermain game cukup tinggi untuk smartphone mainstream. Kemampuan kameranya juga masih memuaskan.
 
Namun, bodi Redmi Note 8 Pro bukan tak punya kekurangan. Anda mungkin masih harus sering membersihkan bodi belakangnya, bukan karena bekas sidik jari. Debu yang mudah menempel pada sudut bingkai kamera cukup terlihat. D
 
Dari aspek software, antarmuka MIUI cenderung banyak iklan, belum termasuk bloatware yang cukup banyak dan tidak esensial. Dalam konteks bloatware, tentunya kita membicarakan aplikasi pihak ketiga yang digandeng, bukan layanan bawaan Xiaomi. Aspek terakhir adalah chipset yang masih perlu penyempurnaan dari segi konsumsi daya baterai.
 
Apakah Redmi Note 8 Pro layak dibeli? Menurut kami, dengan harga yang ditawarkan, ditambah kapasitas RAM dan memori yang terpasang, tentu saja. Redmi Note 8 Pro dibanderol Rp3.499.000 di penjualan ritel.
Spesifikasi Redmi Note 8 Pro
Prosesor MediaTek Helio G90T
GPU Mali-G76
OS Android 9.0/MIUI 11
RAM 6GB
Memori Internal 128GB
Kamera Belakang 64MP+8MP+2MP+2MP
Depan 20MP
Baterai 4.500 mAh
Layar 6,53 inci IPS 1080x2340 HDR
Harga Rp3.499.000 (6GB/128GB)
8.8
Redmi Note 8 Pro
Plus
  • Desain dan warna elegan
  • Performa chipset gaming mumpuni MediaTek
  • Kemampuan kamera masih memuaskan
  • Port USB-C terpisah dari audio jack
  • RAM dan memori internal besar
Minus
  • Sudut bingkai kamera mudah menumpuk debu
  • MIUI banyak iklan
  • Daya tahan baterai masih kurang baik dibandingkan kompetitor

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif