Samsung Galaxy A80.
Samsung Galaxy A80.

Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik

Teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 19 Oktober 2019 12:23
Jakarta: Setelah dimeriahkan oleh desain layar yang semakin luas, kini ranah smartphone diwarnai oleh desain penyematan kamera yang semakin unik. Penyematan ini juga sebagai dampak dari upaya produsen menghadirkan layar lebih luas tersebut.
 
Mekanisme pop-up atau timbul dari bagian bodi perangkat menjadi salah satu desain yang digemari produsen smartphone sebagai lokasi penempatan kamera depan. Hal ini menghilangkan konsumsi bidang layar sebagai lokasi penyematan kamera depan.
 
Desain berbeda dihadirkan oleh Samsung pada Galaxy A80 karyanya. Dengan demikian, Samsung mampu meraih layar dengan bentang luas, mendukung janjinya untuk menghadirkan suguhan konten multimedia menyenangkan. Namun, apakah hanya itu?

Desain

Di tengah persaingan produsen smartphone dalam menghadirkan ponsel berbodi tipis dan ringan, Samsung justru menghadirkan Galaxy A80 dengan bodi yang tergolong tebal dan sedikit berat. Hal ini mungkin kurang nyaman untuk digunakan dengan satu tangan oleh pengguna bertangan kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, perangkat ini mengusung layar luas berukuran 6,7 inci yang mampu dicapai Samsung dengan menghilangkan sejumlah komponen di bagian depan, termasuk speaker depan. Meskipun demikian, ukuran layar yang besar ini turut mendukung kesan mewah pada Galaxy A80 ini.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Kesan mewah juga dihadirkan oleh bodi berbalut kaca di bagian depan dan belakang, yang dilapisi Gorilla Glass, serta bingkai metal. Meskipun demikian, seperti perangkat berbahan mengkilat pada umumnya, bodi Galaxy A80 rentan terhadap noda sidik jari sehingga Anda perlu perhatian ekstra untuk membersihkannya sehingga selalu tampil cantik.
 
Selain itu, sisi kanan dan kiri bodi Galaxy A80 ini cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan bagian tengah belakang, hampir menyerupai desain 2.5D pada layar sejumlah ponsel. Sedangkan sisi atas dan bawah memiliki ketebalan standar dan sama besar.
 
Sejumlah perangkat Samsung menghadirkan slot kartu SIM dan MicroSD di sisi kanan atau kiri atas perangkat. Namun karena desain kamera unik yang mendominasi sisi atas perangkat ini, Samsung menyematkan slot tersebut pada sisi bawah.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Di sisi kanan, Anda dapat menemukan tombol daya yang terletak sedikit lebih ke tengah sisi kanan. Hal ini menghadirkan kenyamanan mencapai tombol daya ini saat digunakan dengan satu tangan, meski kerap tidak sengaja tertekan saat menggenggam ponsel sedikit terlalu keras.
 
Dan di sisi kiri, Anda dapat menemukan tombol volume. Di sisi bawah perangkat, selain slot kartu SIM dan MicroSD, Anda juga dapat menemukan speaker dan port USB-C. Di bagian belakang, Anda dapat menemukan tiga kamera yang tersusun secara horisontal dengan bingkai serupa metal dengan warna berbeda dari warna bodi lainnya.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Lokasi penyematan kamera ini sedikit menonjol jika dibandingkan bagian bodi lainnya. Keunikan lokasi tombol dan kamera ini dikarenakan Samsung Galaxy A80 mengusung mekanisme keluar dan berputar, menyebabkannya membutuhkan ruang lebih banyak jika dibandingkan dengan kamera yang hanya tersemat di bagian bodi perangkat.

Antarmuka dan Fitur

Samsung Galaxy A80 menggunakan antarmuka pengguna khusus karya Samsung, OneUI, berbasis sistem operasi Android 9.0 Pie. Hal ini memungkinkan ponsel cerdas ini menghadirkan pengalaman serupa dengan perangkat premium Samsung, yaitu S10.
 
Antarmuka pengguna ini menghadirkan ikon baru bersudut lebih membulat serta widget yang lebih terkustomisasi. Seperti sejumlah smartphone karya Samsung, Galaxy A80 juga dibekali dengan fitur Always on Display, berkemampuan menampilkan sejumlah notifikasi pada layar meski dalam kondisi terkunci.
 
Ikon baru yang diusung OneUI pada Galaxy A80 ini hadir dengan warna lebih cerah, mewarnai halaman Home perangkat. Sementara itu, Android Pie mengunggulkan navigasi gestur dan Samsung juga menawarkan keunggulan sistem operasi mobile Google ini pada Galaxy A80.
 
Anda dapat mengakses laci aplikasi dengan mengusap layar dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah untuk menutupnya. Selain telah meniadakan tombol tiga menu utama fisik, dukungan sistem operasi Android Pie turut meniadakan kebutuhan terhadap tombol tiga menu utama virtual pada layar.
 
Sebagai gantinya, Anda juga dapat mengganti tombol mengusap layar dari bagian bawah tengah untuk kembali ke halaman Home secara langsung dari menu aplikasi. Mengusap dari arah bawah kanan ke atas bertindak serupa tombol Back, sedangkan mengusap dari arah kiri bawah ke atas akan berfungsi serupa tombol Recent Apps.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Samsung juga mengimplementasikan mode Malam, berkemampuan mengubah elemen antarmuka pengguna menjadi warna hitam atau abu-abut gelap. Anda dapat mengaktifkannya dengan menggeser tuas di sebelah menu Night Mode pada menu Settings dan Display.
 
Kehadiran fitur ini menghadirkan kenyamanan saat menatap layar ponsel di malam hari, terlebih jika dikombinasikan dengan fitur Blue Light Filter, yang dapat diaktifkan melalui shortcut menu yang dapat diakses dengan mengusap layar dari atas ke bawah, atau via menu Settings dan Display.
 
Uniknya, meski tidak terlihat, namun Galaxy A80 ini juga didukung oleh fitur keamanan dengan memanfaatkan sensor pemindai sidik jari, yang tersemat di bawah layar ponsel. Sayangnya, perangkat ini tidak didukung oleh fitur keamanan pemindai wajah akibat mekanisme kamera yang diusungnya.
 
Seperti yang dibahas pada bagian Desain, Samsung menghilangkan speaker depan yang umumnya tersemat di bezel atas layar, demi mencapai layar luas. Sebagai gantinya, Samsung membekali Galaxy A80 dengan mekanisme vibrasi atau getaran langsung dari layar.
 
Selain itu, Samsung juga menghilangkan sensor proximity, sehingga layar tidak secara otomatis mati sepenuhnya saat ponsel tertempel di telinga kala digunakan untuk menelepon. Layar Galaxy A80 hanya mati di bagian atas yang bersinggungan langsung dengan wajah.

Kamera

Samsung membekali Galaxy A80 dengan tiga kamera, terdiri dari kamera utama 48MP f/2.0, dan dua kamera sekunder dengan lensa bersudut pandang luas beresolusi 8MP f/2.2 dan kamera Time of Flight 3D f/1.2 untuk menghadirkan kedalaman dan efek bokeh lebih baik.
 
Bekal kamera Time of Flight (ToF) mendukung fitur Live Fokus, yang mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang lebih alami. Namun, kehadiran kamera ToF menggantikan kamera telefoto yang kini menjadi tren di kalangan produsen smartphone.
 
Karenanya, melakukan zoom pada kamera Galaxy A80 ini bukanlah opsi yang terbaik. Ponsel cerdas ini juga tidak didukung zoom optik, dan hanya zoom digital, sehingga noise pada foto hasil zoom tampil kentara.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Namun dengan dukungan lensa bersudut pandang luas, Galaxy A80 menawarkan opsi cakupan tangkapan kamera lebih banyak jika dibandingkan dengan perangkat Samsung lainnya. Dan umumnya, opsi cakupan tangkapan kamera lebih banyak ini hanya tersedia untuk kamera belakang.
 
Berkat mekanisme geser dan putar yang diusungnya, Samsung menghadirkan pengalaman memotret diri ataupun obyek di belakang smartphone dengan kamera yang sama. Sehingga opsi cakupan tangkapan kamera lebih luas ini juga dapat Anda nikmati saat melakukan swafoto atau selfie.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Mengusung kamera utama beresolusi 48MP, hasil foto kamera ini tampil dengan kecerahan warna yang baik dan alami, khususnya dalam kondisi pencahayaan cukup, bahkan saat fitur Scene Optimizer dinonaktifkan.
 
Sayangnya, tidak demikian dengan hasil foto dengan kondisi pencahayaan redup. Jika pada hasil foto kamera belakang di kondisi pencahayaan redup tergolong baik, lain halnya dengan kamera depan.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Menggunakan kamera yang sama, memotret diri dengan Galaxy A80 dalam kondisi pencahayaan redup menghasilkan foto dengan noise yang cukup terlihat. Selain itu, beberapa kali kamera sedikit lambat saat menentukan dan mengunci titik fokus pada wajah sehingga Anda perlu memastikan tangan yang menggenggam ponsel tetap stabil agar hasil foto tidak buram.
 
Kesulitan kamera memotret diri dengan fokus baik juga kami dapati saat memanfaatkan opsi cakupan tangkapan kamera. Karenanya, sebaiknya Anda mengaktifkan fitur Scene Optimizer saat akan memotret dalam kondisi ini.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Uniknya, kamera dengan mekanisme geser dan putar ini cukup menyenangkan saat digunakan untuk merekam video. Dengan Galaxy A80, Anda dapat berganti kamera dari kamera depan ke kamera belakang dan sebaliknya saat proses perekaman sedang berlangsung.
 
Kemampuan ini tidak dapat Anda temukan pada smartphone Samsung atau karya produsen smartphone lainnya. Dalam prakteknya, Anda akan menghadapi jeda tidak terlalu lama saat kamera berputar dari kamera depan menjadi kamera belakang atau sebaliknya.
 
Pada hasil rekaman video, pergantian kamera ini berlangsung cepat tanpa jeda lama ataupun mengganggu. Hal ini selaras dengan target Galaxy A80 yaitu konsumen muda yang gemar memanfaatkan fitur Live di Instagram.

Performa

Samsung Galaxy A80 hadir dengan dukungan Qualcomm Snapdragon 730 dan didampingi dengan GPU Adreno 618. Untuk aktivitas harian, performa yang disuguhkan Samsung Galaxy A80 tidak perlu diragukan.
 
Perangkat ini mampu menyuguhkan pengalamanan penggunaan tanpa gangguan lag berarti. Sebagai ponsel yang menyasar anak muda, Samsung turut menjanjikan performa yang baik saat memainkan game di Galaxy A80 ini.
 
Memainkan game PUBG pada ponsel ini dapat berjalan dengan mulus, dan secara default, pengaturan pada game di Galaxy A80 diatur pada pengaturan tertinggi atau High-dynamic-range graphics.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Pengalaman penggunaan mulus juga kami dapati saat menjelajah internet, meski ini juga bergantung pada stabilitas jaringan internet. Selain itu, beralih dari satu aplikasi ke lainnya juga mulus, tanpa gangguan lag.
 
Performa baik juga tercatat pada nilai hasil uji aplikasi benchmark 3DMark, dengan perolehan nilai 2.400 pada uji Slingshot Extreme OpenGL. Sedangkan pada hasil uji Slingshot sebesar 3.444.
 
Samsung Galaxy A80, Si Ponsel Berkamera Unik
 
Sementara itu pada pengujian via aplikasi benchmark PCMark Work 2.0, ponsel ini memperoleh nilai sebesar 7163. Untuk baterai, Samsung Galaxy A80 mampu bertahan selama 12 jam 6 menit saat diuji menggunakan aplikasi pengujian, sedangkan untuk aktivitas harian, ponsel ini mampu bertahan selama sekitar 14 jam.
 
Kesimpulan
Samsung Galaxy A80 menampilkan keunikan dalam hal kamera, sebab memungkinkan pergantian dari kamera depan ke kamera belakang saat proses perekaman berlangsung, sesuai dengan nilai jual utama yang ditawarkannya.
 
Selain itu, desain elegan juga menjadi daya tarik lain dari smartphone ini, meski bodi usungannya tergolong tebal. Baterai perangkat ini juga tergolong lama jika Anda tidak secara aktif menggunakan kamera atau memainkan game secara bergantian.
 
Sayangnya, mungkin perangkat ini bukan untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas. Sebab untuk dapat menikmati kemampuan unik kamera Samsung Galaxy A80, Anda perlu menebusnya dengan harga tinggi.
Samsung Galaxy A80
Prosesor Qualcomm Snapdragon 730
GPU Adreno 618
OS Android 9.0 Pie
RAM 8GB
Memori Internal 128GB
Kamera 48MP, kamera sekunder 8MP,Kamera TOF
Baterai 3.700 mAh
Layar 6,7 inci, 1080 x 2400 piksel
Harga RpRp9.499.000
8
Samsung Galaxy A80
Plus
  • Kamera Unik
  • Performa baik
  • Layar Penuh
Minus
  • Bodi tebal
  • Harga

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif