Samsung Galaxy Watch 3.
Samsung Galaxy Watch 3.

Review Smartwatch

Samsung Galaxy Watch 3, Menawan Hampir Lengkap

Teknologi teknologi samsung review gadget
Lufthi Anggraeni • 22 Oktober 2020 20:34
Jakarta: Pada gelaran Galaxy Unpacked 2020 lalu, Samsung tidak hanya meluncurkan smartphone unggulan terbarunya, yaitu lini Galaxy Note 20 dan Galaxy Z Fold 2. Pada ajang tersebut, Samsung juga mengumumkan kehadiran sejumlah perangkat terbaru lain, termasuk Galaxy Watch 3.
 
Samsung Galaxy Watch 3 ini juga hadir dengan bezel putar serupa dua pendahulu, diklaim sebagai salah satu fitur yang paling diminati oleh konsumen. Namun, selain mempertahankan fitur tersebut, Samsung menghadirkan sejumlah fitur baru pada smartwatch ini, termasuk fitur kesehatan yang terbilang lengkap.
 
Menyoal desain, seperti pendahulunya, Samsung Galaxy Watch 3 hadir dengan dua ukuran diameter layar jam tangan cerdas, terdiri dari 41mm dan 45mm, ditujukan untuk mencakup konsumen dengan ukuran pergelangan besar maupun kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samsung Galaxy Watch 3, Menawan Hampir Lengkap
 
Samsung Galaxy Watch 3 juga hadir dengan warna yang menjadi primadona pada rangkaian produk yang diluncurkannya pada ajang Galaxy Unpacked 2020 lalu, yaitu Mystic Bronze. Selain warna ini, Samsung Galaxy Watch 3 juga tersedia dalam warna Mystic Black, yang turut menyuguhkan tampilan elegan dan menawan.
 
Sementara itu, kehadiran bezel berkemampuan putar pada Samsung Galaxy Watch 3 tergolong menyenangkan saat digunakan, sebab menyuguhkan kemudahan dalam mengakses menu pada jam tangan cerdas ini.
 
Selain bezel putar, untuk urusan desain, Samsung juga mengunggulkan ketebalan bodi perangkat secara keseluruhan, diklaim lebih tipis, lebih kecil dan lebih ringan jika dibandingkan dengan smartwatch generasi sebelumnya karya perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini.
 
Ukuran yang lebih ringan dan lebih tipis ini mendukung kenyamanan saat dikenakan, termasuk saat melakukan aktivitas yang mengharuskan pergelangan tangan menempel di atas permukaan seperti mengetik. Sebab, jam tangan berbodi tebal kerap menimbulkan kesan mengganjal saat pergelangan tangan menempel di permukaan meja.
 
Desain dan warna elegan yang diusungnya juga mendukung Samsung Galaxy Watch 3 sebagai aksesori yang dapat digunakan bahkan saat Anda harus tampil lebih formal. Samsung Galaxy Watch 3 41mm layar AMOLED berukuran 1,2 inch beresolusi 360 x 360 piksel, mampu menampilkan gambar dan konten tajam dan berwarna cerah.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 7 3800XT
Motherboard ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Layar juga tergolong cerah, memungkinkan konten pada layar dapat terlihat dengan baik bahkan di bahwa paparan sinar matahari secara langsung. Dan berkat bezel putar, menavigasikan Samsung Galaxy Watch 3 tergolong menyenangkan dan intuitif.
 
Pengalaman ini juga didukung oleh dua tombol yang tersemat di sisi bodi jam tangan cerdas ini. Tombol atas dapat Anda gunakan sebagai tombol kembali, atau untuk mengaktifkan Samsung Pay jika ditahan beberapa detik.
 
Sedangkan Tombol bawah berfungsi sebagai tombol Home, atau untuk mengaktifkan asisten suara Bixby atau fungsi lainnya jika ditahan. Menghadirkan kemudahan navigasi, sayangnya ada beberapa fitur yang hanya dapat diakses dengan menyentuh layar, misalnya harus menggeser layar dari atas ke bawah untuk membuka menu quick settings.
 
Samsung Galaxy Watch 3, Menawan Hampir Lengkap
 
Samsung juga membekali Galaxy Watch 3 dengan gestur gerakan, meski untuk memanfaatkannya, kami menemukan kesulitan. Smartwatch ini juga berbekal speaker mungil yang tersemat di bagian kiri jam, ditujukan untuk membantu saat melakukan panggilan telepon atau mendengarkan musik.
 
Sebagai informasi, Samsung melengkapi Galaxy Watch 3 dengan sistem operasi Tizen 5.5, menjadikannya lebih optimal saat dipasangkan dengan ponsel Samsung untuk kemudahan menavigasikan antarmuka pengguna dengan lebih baik.
 
Namun, hal ini tidak berarti Samsung Galaxy Watch 3 ini tidak kompatibel dengan ponsel Android lain ataupun iPhone. Hanya saja, pengalaman yang disuguhkan saat dipasangkan oleh smartphone tersebut kurang optimal.
 
Sebab, Samsung Galaxy Watch 3 didukung oleh banyak pilihan antarmuka pengguna, yang dapat Anda pilih via aplikasi Samsung Wearable di smartphone Samsung Galaxy. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk mengatur aplikasi, widget, notifikasi, hingga mencari watch face dan aplikasi baru di Galaxy Store.
 
Samsung Galaxy Watch 3, Menawan Hampir Lengkap
 
Antarmuka pada sistem operasi Tizen ini juga cukup mudah untuk dioperasikan dan menyenangkan. Salah satunya terlihat pada proses transisi dari satu widget ke widget lainnya yang berjalan dengan mulus tanpa lag, baik saat menggunakan bezel atau dengan sentuhan jari.
 
Anda juga dapat menyesuaikan susunan layar berisi berbagai fitur dan menu dengan menekan layar selama beberapa saat. Kemudian, Anda dapat menekan sambil menggesernya hingga ke posisi yang diinginkan, lalu melepas dan mengetuknya untuk kembali ke ukuran normal.
 
Samsung Galaxy Watch 3 juga berbekal sejumlah aplikasi bawaan, memungkinkan jam tangan cerdas ini menjalankan aplikasi tanpa tersambung dengan smartphone. Salah satu aplikasi tersebut adalah Spotify, tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengendalikan lagu yang tengah diputar di ponsel, tapi juga mengunduh daftar putar lagu untuk didengarkan secara offline via smartwatch.
 
Samsung Galaxy Watch 3, Menawan Hampir Lengkap
 
Untuk terhubung dengan smartphone, Samsung Galaxy Watch 3 mengandalkan teknologi Bluetooth. Dengan demikian, saat ponsel berada di luar jangkauan jaringan Bluetooth, sambungan antara kedua perangkat akan secara otomatis terputus.
 
Samsung Galaxy Watch 3 berbekal kemampuan untuk melacak total 40 aktivitas dan tujuh di antaranya dapat dilacak secara otomatis. Artinya, Anda tidak perlu selalu memilih jenis olahraga yang akan Anda lakukan, salah satunya adalah berjalan.
 
Bagi pengguna smartphone non-Samsung Galaxy, Anda harus mengunduh aplikasi Galaxy Health secara terpisah agar dapat mengawasi data dan statistik dari kegiatan yang dilakukan, termasuk olahraga dan pelacakan kualitas tidur.
 
Selain fitur olahraga, Galaxy Watch 3 juga berbekal fitur kesehatan lain termasuk kemampuan untuk mengukur VO2 Max, atau konsumsi oksigen maksimal, saat berlari dan olahraga. Indikator ini bisa menandakan level kesehatan penggunanya secara keseluruhan dan membandingkannya dengan pengguna lain di kelompok usia yang sama.
 
Samsung Galaxy Watch 3, Menawan Hampir Lengkap
 
Samsung Galaxy Watch 3 juga berbekal sensor SpO2, berguna untuk menghitung kadar oksigen dalam darah dan ditampilkan dalam bentuk persentase. Selain itu, tersedia juga fitur sleep tracking di Galaxy Watch 3, berkemampuan merekam dan menampilkan data lebih komprehensif.
 
Samsung Galaxy Watch 3 didukung chipset Exynos 9910 dual-core, serta RAM 1GB dan memori internal 8GB. Sedangkan soal konektivitas, Samsung membekali Galaxy Watch 3 dengan Bluetooth, Wi-Fi, GPS dan NFC.
 
Smartwatch yang kami uji ini merupakan varian 41mm memiliki baterai berkapasitas 247 mAh, dan baterainya mampu bertahan selama sekitar tiga hari dalam satu kali pengisian daya. Selain itu, Anda juga dapat mengisi baterai smartwatch dengan memanfaatkan teknologi Wireless PowerShare dari smartphone Galaxy terbaru, dari Galaxy S10 dan Note 10.
 
Untuk varian ini, Samsung Galaxy Watch 3 dipasarkan seharga Rp5.999 juta. Dengan demikian, Samsung Galaxy Watch 3 ini tidak hanya sesuai untuk Anda yang menginginkan perangkat wearable pendukung aktivitas olahraga, tapi juga sesuai untuk Anda yang turut mengutamakan gaya.
8.5
Samsung Galaxy Watch 3
Plus
  • Desain menawan
  • Daya tahan baterai cukup lama
  • Fitur kesehatan dan olahraga lengkap
  • Fitur konektivitas cukup lengkap
Minus
  • Fitur konektivitas LTE tidak tersedia di Indonesia
  • Fitur ECG dan pengawas tekanan darah juga tidak tersedia di Indonesia

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif