SanDisk Extreme Pro 2TB
SanDisk Extreme Pro 2TB

Review SSD Eksternal

SanDisk Extreme Pro 2TB, Tahan Banting dan Paling Kencang

Teknologi teknologi hardware sandisk review storage
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 13 November 2020 11:18
Jakarta: SanDisk kembali menghadirkan produk penyimpanan terbaru untuk kategori storage eksternal.
 
Bukan lagi kelas menengah atau terjangkau, SanDisk Extreme Pro 2TB adalah SSD eksternal yang diklaim menawarkan performa tertinggi di pasar saat ini. Produk ini telah tiba di meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id, dan kami sudah tidak sabar untuk mencobanya.
 
Sama seperti generasi sebelumnya, SanDisk Extreme Pro 2TB punya ukuran sangat ringkas. Ini berkat penggunaan modul SSD, sehingga hanya perlu menggunakan penutup atau enclosure yang cukup tahan banting. Lebih spesifik, penyimpanan data eksternal ini punya dimensi 110,26 mm x 57,33 mm x 10,21 mm, dapat digenggam satu tangan dengan mudah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


SanDisk Extreme Pro 2TB, Tahan Banting dan Paling Kencang
 
Di sisi lain, ukuran ini lebih besar dari versi non-Pro, walau selisihnya sangat sedikit. Ukurannya bahkan lebih kecil dari smartphone yang beredar saat ini. Ini berarti ia punya nilai lebih dalam penyimpanan, baik itu di saku celana atau tas.
 
Tak ada perbedaan desain dengan versi lama, SanDisk Extreme Pro 2TB menggunakan pelindung berlapis karet yang punya grip cukup baik. Namun, fungsi utama pelapis ini adalah meredam benturan berlebihan, tak lupa dengan bingkai berwarna oranye yang mengelilinginya.
 
Membicarakan kompatibilitas, SanDisk Extreme Pro 2TB dapat terhubung dengan berbagai perangkat dengan sistem operasi Windows dan Mac. Pengguna hanya perlu melakukan format yang sesuai, dan format bawaan SSD eksternal ini adalah untuk Windows. Demi menjamin proteksi, produk ini telah dilengkapi enkripsi AES 256-bit, yang memang merupakan suatu keharusan untuk produk penyimpanan eksternal saat ini.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 7 3800XT
Motherboard ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Saatnya membicarakan performa. SanDisk Extreme Pro 2TB dirancang sebagai media penyimpanan eksternal tercepat saat ini. Klaim SanDisk untuk kecepatannya adalah 2.000MB atau 2GB per detik saat membaca, dan kecepatan yang sama untuk menulis data. Satu hal yang harus diingat adalah untuk mengeluarkan kecepatan ini, dibutuhkan antarmuka USB 3.2 Gen 2x2.
 
Nama teknologi USB-C ini mungkin cukup rumit dan tak dikenal banyak orang, dan itu hal wajar karena sangat sedikit perangkat yang mengadopsinya. Secara teori, kecepatan antarmuka ini dapat mencapai 20Gbps. Jika hanya memanfaatkan port USB-C yang umum saat ini, kecepatan yang dihasilkan hanya mencapai setengahnya.
 
Untuk menghasilkan performa yang tepat, kami menggunakan interface PCIe card buatan Gigabyte. Ini berarti kami hanya bisa menguji kecepatannya di PC. Pengujian CrystalDiskMark membuktikan klaim kecepatan mereka sesuai, bahkan melebihi ekspektasi. Hasil performanya bisa Anda lihat pada screenshot CDM di bawah ini.
 
SanDisk Extreme Pro 2TB, Tahan Banting dan Paling Kencang
 
Terbukti bahwa ia mampu menghasilkan kecepatan baca 2.090MB per detik, dan kecepatan menulis 2.092MB per detik. Dengan performa ini, Anda bisa memakainya untuk memindahkan data berukuran sangat besar, seperti hasil olah video atau film beresolusi 4K, atau menggunakannya sebagai pendukung storage untuk konsol PS4 atau Xbox One.
 
Kesimpulan
Harga Sandisk Extreme Pro 2TB di Indonesia adalah Rp9.651.000, sangat tinggi untuk media penyimpanan eksternal. Salah satu alasannya adalah teknologi yang dipakai terbilang paling canggih saat ini, terutama dalam hal kecepatannya. Namun, kecepatan ini tak bisa optimal karena ketiadaan dukungan terhadap Thunderbolt 3, yang sejatinya telah hadir cukup lama dan lebih umum.
 
Thunderbolt 3 sudah dipakai pada laptop kelas premium tahun 2020, dan mendukung kecepatan 40Gbps. Seandainya kompatibilitas ini ditambah, ia bisa menjadi perangkat penyimpanan eksternal yang layak diperhitungkan. Mungkin bukan versi 2TB, Anda bisa melihat varian 500GB dan 1TB yang lebih murah.
8.5
SanDisk Extreme Pro 2TB
Plus
  • Kecepatan tertinggi
  • Bodi tahan banting
  • Kapasitas besar
  • Untuk Windows dan Mac
  • Garansi 5 tahun
Minus
  • Harga
  • Belum mendukung Thunderbolt 3


 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif