Monitor ViewSonic VX3258-2KC-MHD.
Monitor ViewSonic VX3258-2KC-MHD.

Begini Rasanya Monitor Gaming Lengkung ViewSonic VX3258

Teknologi viewsonic review monitor
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Juni 2019 16:57
Jakarta: ViewSonic beberapa waktu lalu mengumumkan memperluas jajaran produk monitor miliknya ke segmen gaming dengan sub-brand. Sebelum pengumuman tersebut, Medcom.idmenjajal salah satu produknya di segmen gaming dari seri VX.
 
Meja redaksi Medcom.id kedatangan ViewSonic VX3258-2KC-MHD. Penamaan monitor ini memang cukup sulit, namun hal ini tampaknya dipilih ViewSonic untuk membedakannya dengan varian lain yang memiliki spesifikasi berbeda.
 
Kesempatan kali ini cukup jarang mengingat selama ini ViewSonic belum benar-benar secara serius menggarap segmen produk monitor gaming. Langkah awal ini bisa terlihat dari desain tampilan ViewSonic VX3258-2KC-MHD yang tidak terkesan seperti monitor gaming.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dibalut dengan warna hitam, monitor gaming ini tidak memiliki efek pencahayaan RGB sedikitpun. Berbeda dari monitor gaming lain yang mungkin menyediakannya di bodi belakang monitor. Desain terlihat sangat biasa tapi tidak bisa dikatakan seperti monitor gaming murah.
 
Begini Rasanya Monitor Gaming Lengkung ViewSonic VX3258
 
Proses pemasangannya sangat mudah. Kaki penyangga monitor ini menggunakan bahan metal sehingga terasa sangat kokoh. Bulit quality monitornya juga tergolong bagus.
 
Sedikit problem adalah, ukuran kaki penyangganya cukup panjang. Jadi dibutuhkan ukuran meja yang cukup lebar untuk menggunakan ViewSonic VX3258-2KC-MHD dengan nyaman. Harus di catat juga bahwa monitor ini mengusung ukuran 32 inci.
 
Begini Rasanya Monitor Gaming Lengkung ViewSonic VX3258
 
Panel ukuran 32 inci yang disuguhkan hadir dengan ketebalan yang tergolong tipis untuk monitor gaming layar lengkung. ViewSonic VX3258-2KC-MHD memiliki tingkat lengkung 1800R dengan rasio layar 16:9 sehingga bezel sisi atas, kanan dan kirinya tipis.
 
Setelah terpasang, Medcom.id menemukan bahwa artikulasi atau gerak posisi arah monitor cukup terbatas. Bagi pengguna yang berencana memasang monitor ini ke dinding harus mengetahi bahwa ViewSonic VX3258-2KC-MHD tidak mendukung mounting VESA.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Di bagian belakang ViewSonic VX3258-2KC-MHD, tersedia I/O Port seperti input video dengan dua port HDMI dan dua DisplayPort serta audio jack 3,5mm. Absennya port USB seperti di produk lain digantikan oleh ViewSonic dengan built-in speaker.
 
Begini Rasanya Monitor Gaming Lengkung ViewSonic VX3258
 
Dari pengalaman Medcom.id, kualitas audio ViewSonic VX3258-2KC-MHD biasa saja tapi mungkin menjadi bonus bagi gamer yang kadang lebih menikmati permainan tanpa headphone. Kini Medcom.id menjajal kualitas gambarnya.
 
ViewSonic VX3258-2KC-MHD memiliki joystick untuk opsi OSD menu di sisi kanan bawah bodi belakangnya. Di sini disediakan beragam fitur misalnya konfigurasi preset gambar. Konfigurasinya cukup lengkap dan detil. Di sini kami menemukan dukungan fitur AMD FreeSync.
 
ViewSonic VX3258-2KC-MHD menggunakan panel LCD yang mengusung resolusi QHD 2560x1440p. Monitor ini mampu menyajikan refereh rate 144Hz dengan response time 5ms. Response time tersebut memang bukan yang tercepat, namun dengan menawarkan refresh rate tinggi dan dukungan AMD FreeSync sudah cukup memenuhi prasyarat monitor gaming.
 
Begini Rasanya Monitor Gaming Lengkung ViewSonic VX3258
 
Kustomisasi kualitas gambar termasuk warnanya yang cukup lengkap di opsi konfigurasi. Medcom.id menilai ViewSonic VX3258-2KC-MHD memiliki kualitas yang cukup baik meskipun bukan merupakan monitor gaming premium.
 
Kualitas warnanya cukup kaya dan tajam. Tersedia fitur untuk membuat warna hitam lebih gelap. Namun membandingkan dengan monitor gaming premium yang pernah Medcom.id ulas memang diakui kualitas warna dari ViewSonic VX3258-2KC-MHD belum sejajar.
 
Kesimpulan
ViewSonic VX3258-2KC-MHD memang bukan nama monitor gaming yang populer dan sering didengar. Dari pengalaman Medcom.id menjajalnya, produk ini tidak buruk dan pantas menjadi modal pelangkap PC gaming di rumah.
 
Monitor ini memiliki ukuran layar 32 inci layar lengkung dengan resolusi QHD 2560x1440 menyajikan ukuran yang lega dengan sudut pandang yang memuaskan. Namun artikulasinya yang hanya mendukung tilt serta tidak bisa menggunakan bracket VESA membuat pengguna tidak bisa memodifikasi posisi monitor gaming ini.
 
Soal kualitas gambarnya ViewSonic VX3258-2KC-MHD dinilai tidak buruk meskipun tidak memiliki response time 1ms. Hal ini digantikan dengan refresh rate 144Hz dan AMD FreeSync. Soal konfigurasi, monitor ini masih menyediakan opsi yang sangat lengkap.
 
Melihat harga jual ViewSonic VX3258-2KC-MHD di pasar yang masih terjangkau yaitu mulai dari Rp7 juta. Medcom.id menilai monitor gaming ini pantas dipilih bagi gamer yang tidak sabar memiliki monitor gaming lengkung berukuran besar dengan refresh rate tinggi.
ViewSonic VX3258-2KC-MHD
Plus
  • Layar lengkung 32 inci dan bezel tipis
  • Refresh rate 144Hz dan AMD FreeSync
  • Konfigurasi kualitas gambar yang lengkap dan detil
  • Harga masih terjangkau di kelasnya
Minus
  • Desain tidak terkesan gaming
  • Ukuran kaki penyangga panjang

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif