Review Laptop

HP Envy 13, Futuristik Bertenaga

Lufthi Anggraeni 27 Oktober 2018 09:19 WIB
hpreview laptop
HP Envy 13, Futuristik Bertenaga
HP ENVY 13-ad181tx
Jakarta: Hawlett Packard atau lebih dikenal dengan HP merupakan produsen perangkat teknologi yang telah lama berkecimpung di industri ini. Seperti produsen lain, HP turut berupaya memenuhi kebutuhan konsumen mereka.

Termasuk dengan menghadirkan perangkat berdesain tipis, guna menyelaraskan gaya hidup konsumen yang kini semakin mobile. Meski demikian, HP juga berupaya menghadirkan perangkat berperforma baik, termasuk dengan menggandeng NVIDIA pada laptop karyanya, juga pada HP Envy 13 yang kami uji ini.

 

Desain

HP Envy 13 hadir dengan dominasi bahan bertekstur metal berwarna perak, serta garis desain tegas di sisi dan sedikit membulat di sejumlah sudut, yang menimbulkan kesan elegan. Kesan elegan nan futuristik ini juga terdukung oleh sematan logo HP berdesain huruf sederhana serta berwarna perak mengkilat di tengah bagian luar penutup serta di tengah bawah layar.


Perangkat ini juga didukung layar seluas 13,3 inci yang tampil lega berkat bezel yang tergolong tipis. Kehadiran layar dengan bezel tergolong tipis ini turut jadi salah satu faktor yang mendukung kesan elegan yang berupaya dihadirkan HP pada Envy 13.



Pada bodi di bagian penutup layar, terdapat bagian dengan warna perak sedikit mengkilat dan berdesain sedikit miring, mendukung kesan futuristik. Bagian miring tersebut bertugas untuk menyembunyikan engsel yang menghubungkan layar dan bodi, serta menimbulkan ilusi perangkat lebih tipis dari sebenarnya.

Uniknya, bagian miring tersebut juga berfungsi sebagai kaki penyangga bagian dengan sematan keyboard pada laptop. Kaki penyangga menyebabkan bagian tepian tersebut terangkat, sehingga memberikan kenyamanan sedikit lebih baik saat perangkat digunakan untuk mengetik atau sekadar menonton konten di layar.

Kesan nyaman saat mengetik juga terdukung oleh layout keyboard yang melebar namun tanpa bingkai dan tidak terlalu jauh dari tepi, serta bagian tatakan tangan yang tergolong luas. Desain ini membantu mengurangi peluang pergelangan tangan secara tidak sengaja menyentuh dan mengusap touchpad, saat jemari dengan lincah berkelana di atas keyboard.

Sementara itu, berdimensi tipis, laptop ini berbekal dukungan port cukup lengkap. Perangkat ini berbekal satu port USB 3.0 dan dua port USB standar, slot microSD, jack audio 3,5mm USB-C. Sedangkan tombol daya dapat ditemukan di bagian atas keyboard.



 

Fitur

Tampil lebih sederhana, HP Envy 13 ini tidak didukung oleh kemampuan layar untuk dilipat, sesuai bagi Anda yang kurang menyukai perangkat berdesain tersebut. Namun, HP tetap membekali layar perangkat ini dengan kemampuan sentuh.

Sehingga Anda tetap dapat berkreasi saat menggambar dengan memanfaatkan kemampuan ini, sebab hadir dengan presisi dan sensitivitas yang tergolong baik. Selain itu, layar ini juga menghadirkan tampilan dengan warna yang tergolong cerah dan tajam.

Sesuai untuk penikmat konten seperti film dan musik, HP juga membekali laptop ini dengan dukungan audio karya Bang & Olufsen. Dukungan nama besar tersebut cukup membuktikan kualitas audio suguhannya, yang cukup alami dan jernih, dan cukup keras saat digunakan pada ruangan berdimensi kecil.

HP menghadirkan keyboard bertombol tergolong besar, dalam balutan bahan dan warna serupa bodi perangkat. Tidak hanya terkesan cantik dan elegan, keyboard ini turut mampu menghadirkan pengalaman mengetik yg nyaman, berkat umpan balik taktil saat digunakan.



Keyboard memang tidak terlalu empuk saat ditekan kala mengetik, tetapi juga tidak terlalu keras. Sementara itu, touchpad pada bagian bawah keyboard juga menghadirkan kenyamanan saat digunakan berkat responsifitas, akurasi dan kecepatan cukup baik. Salah satunya terasa saat digunakan pada gestur cubit untuk zoom.

 

Performa

HP Envy 13 hadir dengan dukungan prosesor Intel Core i7-8550U, RAM 8GB dan SSD PCIe 256GB. Kombinasi ketiganya mendukung performa baik yang disuguhkan perangkat, salah satunya terlihat saat digunakan untuk mengakses sejumlah tab di peramban secara bersamaan, serta membuka aplikasi notepad dan paint.

Selain itu selama penggunaan, kami juga tidak mendapat lag berarti. Performanya juga ditampilkan melalui perolehan nilai benchmark yang tergolong tinggi, termasuk pada pengujian benchmark PCMark 10 untuk mengetahui performa dalam memenuhi kebutuhan multitasking dan komputasi sehari-hari.

Pada pengujian benchmark tersebut, Envy 13 memperoleh nilai sebesar 3.380. Sementara itu, bukan ditujukan sebagai laptop gaming, HP Envy 13 mampu menghasilkan performa yang juga baik dalam pengujian 3DMark Cloud Gate dan Sky Diver.

Pada 3DMark Cloud Gate, laptop ini memperoleh nilai 12.729, sedangkan pada pengujian Sky Diver HP Envy 13 memperoleh skor 8.959. Laptop ini didukung kartu grafis NVIDIA GeForce MX150.
 
Pengujian PCMark 10 3DMark Cloud Gate 3DMark Sky Diver
Skor 3380 12729 8959

Dukungan kartu grafis ini memungkinkan laptop digunakan edit foto dengan mulus dan baik. Dengan empat core dan delapan thread, CPU laptop ini mampu menyelesaikan tes render gambar dengan cukup cepat dan menyuguhkan nilai sebesar 481 saat diuji menggunakan Cinebench.

Menyoal baterai, laptop ini mampu menyuguhkan performa tergolong baik, mampu bertahan selama 3 jam 57 menit. Sementara itu pada penggunaan sehari-hari, perangkat ini mampu bertahan selama sekitar lima hingga enam jam, dengan kondisi penggunaan cukup aktif.


Kesimpulan
HP Envy 13 ini menyenangkan saat dibawa bepergian, berkat bodi yang cukup ringkas dan bobot yang tergolong ringan. Selain itu, konsumsi baterai tidak terlalu boros, karena perangkat dapat digunakan dalam waktu cukup lama saat digunakan untuk komputasi sehari-hari sebelum baterai perlu diisi kembali.

Performa cukup baik juga menjadi daya tarik perangkat ini, terlihat saat membuka sejumlah tab di peramban internet. Ditambah dengan dukungan keyboard yang juga nyaman saat digunakan mengetik. Hal yang kurang menyenangkan dari laptop ini adalah penawaran harga cukup tinggi, ditambah ukuran adapter yang cenderung lebih besar.
 
Spesifikasi HP Envy 13-ad181tx
Ukuran Layar 13,3 inci FHD (1920 x 1080)
CPU Intel Core i7-8550U
GPU NVIDIA GeForce MX150
RAM 8GB
Storage SSD PCIe 256GB
Bobot 1,32 kg
Harga Rp19.299.000
 
 
8
HP Envy 13
Plus
  • Keyboard nyaman
  • Bobot ringan
  • Performa baik
Minus
  • Harga cukup tinggi
  • Adapter charger besar




(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.