Review Peripheral

Menjajal XPUMP, Soundcard Mungil Kemampuan Home Theater

Cahyandaru Kuncorojati 08 November 2018 23:48 WIB
hardwarereview peripheral
Menjajal XPUMP, Soundcard Mungil Kemampuan Home Theater
XPUMP.
Jakarta: Medcom.id sejak lama kerap membuat ulasan beragam produk teknologi yang tersedia di pasar Indonesia dan diproduksi masal. Jarang kami mengulas perangkat yang berasal dari program crowdfunding seperti Kickstarter.

Beberapa waktu lalu, Medcom.id kedatangan sebuah produk yang cukup unik buatan startup bernama Embrace Audio Labs, perusahaan yang mengklaim memproduksi teknologi digital signal processing (DSP) kelas tinggi.

Salah satu produknya adalah pengembangan komponen DSP bernama XROUND yang dihadirkan lewat sebuah soundcard berukuran mungil yang dirilis dengan nama XPUMP.


Perangkat ini sebetulnya sudah diproduksi sejak 2016 secara bertahap lewat beberapa gelombang penggalangan dana di Kickstarter.

Bentuk dan ukuran XPUMP mirip seperti ukuran satu pak permen karet berbentuk persegi panjang. Ukurannya 9,2 x 2,7 x 1,55 cm dengan bobot 35 gram, sangat ringan karena hampir seluruh bagiannya menggunakan material plastik yang sebagian menggunakan lapisan mengkilap.


Desainnya unik, tetapi material yang digunakan menurut Medcom.id sangat buruk. Menggenggam XPUMP mengingatkan kami pada era MP3 Player berbentuk flash disk drive.

Seperti yang sudah disebutkan,XPUMP adalah soundcard, artinya mampu meningkatkan sebuah kualitas audio dari perangkat output yang digunakan dan tidak memiliki soundcard yang langsung tertanam di dalamnya.

Dalam hal ini, XPUMP diklaim menjadi sebuah produk untuk menyajikan pengalaman audio sekelas home theater dari sumber audio atau perangkat input seperti PC, konsol, bahkan smartphone cara dengan menghubungkannya menggunakan kabel audio jack 3,5 mm dan kabel Micro USB.

Kualitas audio berdasakan line atau port input yang digunakan disebut berbeda, dan Medcom.id merasakannya. Kualitas audio saat terhubung ke XPUMP lewat port Micro USB lebih tajam ketimbang lewat audio jack 3,5 mm. Ini karena medium port Micro USB dikenal lebih baik untuk koneksi audio.



XPUMP memiliki tiga lubang yang dua di antaranya sebagai lubang input dan satu lubang output. Pengguna diberikan opsi untuk menyambungkan XPUMP ke perangkat apa saja termasuk perangkat output seperti speaker dan headphone.

Di sini keunggulan fitur XPUMP bisa digunakan untuk beragam perangkat. Terdapat dua tombol di sisi bawah yakni tombol mode output, opsi speaker atau headphone dan tombol volume.

Pada bagian atasnya terdapat tombol yang menyerupai tombol power yang dilengkapi LED melingkar dan disebut XROUND button. XPUMP tetap bisa digunakan sebagai saat LED tersebut tidak menyala namun efek DSP XROUND di XPUMP tidak akan bekerja.

Tekan sekali, LED akan berubah menjadi warna putih yang akan mengaktifkan fitur peningkatkan kualitas audio lewat penyesuaian frekuensi untuk audio jenis musik. Tekan sekali lagi, LED akan berubah menjadi warna jingga yang mengaktifkan fitur peningkatan kualitas audio untuk film dan game.



Mengingat selera serta tolok ukur kualitas audio tiap orang berbeda, maka penilaian Medcom.id mungkin berbeda dengan orang lain yang mencobanya. Menurut Medcom.id, efek audio yang dihasilkan menggunakan tombol XROUND tidak terlalu berbeda, baik di mode musik maupun video atau game, sama-sama tajam dan detil.

Medcom.id sama-sama bisa mendapatkan kualitas audio yang presisi antara telinga kanan dan kiri sesuai seperti arah datangnya audio di dalam video/game yang tengah diputar. Sementara untuk musik, kualitas audio lebih dalam dan tajam untuk setiap instrumen musik.

Diakui bahwa soundcard jenis DAC atau Digital to Analog Converter dari XPUMP sedikit lebih unggul ketimbang earphone yang juga disebut hadir dengan soundcard. Hal ini kemungkinan karena XPUMP juga mendukung penggunaan output device seperti speaker.

Ditambah fitur ini membuat output device apapun yang tanpa soundcard atau DAC juga bisa menghasilankan suara tajam dan detil, dengan catatan output device audio tersebut juga bukan yang murahan sekali.

Medcom.id sempat mencoba menghubungkan XPUMP dengan earphone murah di bawah harga Rp50.000. Efeknya, peningkatan kualitas audio yang dihasilkan memang ada, walau sangat minim. Baterainya menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dengan kapasitas 400 mAh yang cukup untuk penggunaan hingga tujuh jam.



Tidak lupa karena XPUMP bersifat sebagai soundcard atau konektor hub, Medcom.id juga menjumpai perangkat ini agak repot untuk digunakan tersambung dengan headset dan smartphone. Sebab Anda akan terbelit dengan kabel yang sangat panjang.

Kesimpulan
Bagi konsumen yang pertama kali merasakanmungkin akan sangat terkagum dengan kualitas yang dihadirkan oleh teknologi DSP XROUND di XPUMP. Menurut Medcom.id, di pasar saat ini sudah ada headphone atau earphone dengan kualitas yang lebih mengagumkan lagi, ketimbang XPUMP, dan dipastikan harganya lebih mahal. XPUMP dibanderol USD99,95 atau Rp1,4 juta.

Keuntungan memiliki XPUMP adalah setiap perangkat sumber audio maupun output bisa merasakan peningkatan kualitas audio berkat terhubung ke XPUMP. Di sisi lain, perangkat ini kurang nyaman di gunakan pada smartphone yang terhubung ke earphone karena akan semakin panjang kabel yang mengantung saat digunakan.

Untuk desainnya yang mungil sebetuknya sudah sangat pas. Di sisi lain, penggunaan material yang didominasi plastik membuat XPUMP rentan rusak saat jatuh menghantam lantai, dan rawan merusak komponen audio di dalamnya.
 
 
XPUMP
Plus
  • Efek peningkatan kualitas audio cukup terasa
  • Dapat terhubung dengan pernagkat sumber audio
  • Daya tahan baterai cukup tahan lama
Minus
  • Material perangkat mudah rusak
  • Ukuran kabel input dan output bawaan terlalu panjang.




(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.