Review Smartphone

Xiaomi Redmi 5A, Murah Meriah dan Menyenangkan

Lufthi Anggraeni 31 Desember 2017 10:22 WIB
xiaomireview gadget
Xiaomi Redmi 5A, Murah Meriah dan Menyenangkan
Xiaomi Redmi 5A.
Jakarta: Xiaomi kian menggencarkan upaya mengukuhkan eksistensinya di berbagai wilayah di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Menjelang pergantian tahun ke 2018, Xiaomi telah mempersiapkan strategi untuk mendukung upayanya tersebut.

Salah satunya dengan menghadirkan Redmi 5A, smartphone untuk pengguna baru dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Harga terjangkau tersebut diklaim Xiaomi tidak menyebabkannya melengkapi ponsel ini dengan spesifikasi rendah.

Xiaomi mengklaim telah membekali ponsel tersebut dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Lantas, apa saja yang ditawarkan Redmi 5A tersebut? Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya.


 

Desain

Hadir di kelas entry level tidak menyebabkan Xiaomi Redmi 5A punya desain seadanya. Walaupun menggunakan bahan plastik, kesan elegan dan mewah tetap dapat ditemukan pada sasis ponsel cerdas ini.

Kesan tersebut hadir berkat dukungan sentuhan metalik pada casis belakang, serta usungan desain unibodi. Namun, desain secara keseluruhan ponsel cerdas ini serupa dengan perangkat lini Redmi lainnya, dengan kesan serupa Redmi 4 yang diperkecil saat digenggam.



Kesan kokoh juga terasa saat menggenggam ponsel cerdas ini, meski mengusung bobot tergolong ringan. Bobot dan ukuran bodi yang tergolong kecil tersebut turut menambah kenyamanan saat digunakan dengan satu tangan, terutama bagi pengguna bertangan kecil.

Pada bagian depan ponsel, Anda akan dapat menemukan kamera depan berdampingan dengan speaker untuk menelepon, dan sensor cahaya sekitar di bagian atas layar. Tombol sentuh kapasitif tiga menu utama tersemat di bagian bawah layar.



Sayangnya, tombol tersebut tidak dibekali dengan pencahayaan backlit, sehingga menyulitkan untuk mengetahui keberadaan tombol saat digunakan pada sejumlah kondisi pencahayaan, kecuali di bawah paparan sinar matahari langsung.

Sementara itu di sisi bawah bodi, Anda akan menemukan mikrofon berdampingan dengan port micro USB. Di sisi atas ponsel terdapat jack audio 3,5mm dan pemancar inframerah yang berfungsi untuk sejumlah fitur, salah satunya adalah remote kendali.



Pada bagian belakang, terdapat kamera berdampingan dengan lampu LED di sudut kiri atas, serta speaker di bagian belakang bawah ponsel. Uniknya, Anda akan menemukan bagian kecil yang menonjol di bawah lubang speaker, ditujukan untuk menjaga bodi ponsel tidak sepenuhnya menempel di permukaan saat diletakan di atas meja atau lainnya.

 

Antarmuka & Software

Redmi 5A hadir dengan dukungan antarmuka Xiaomi MIUI 9 berbasis Android 7.0 Nougat. Tampilan antarmuka pengguna ponsel cerdas ini tidak jauh berbeda dari versi yang digunakan oleh perangkat pendahulunya.

Antarmuka terbaru karya Xiaomi ini tetap mampu menghadirkan kenyamanan penggunaan berkat kesederhanaan yang disuguhkannya. Tidak hanya sederhana, tampilan antarmuka perangkat ini juga tergolong rapi, dengan aplikasi berikon tergolong besar.

Ponsel cerdas juga dibekali dengan sejumlah aplikasi bawaan Mi, seperti MIUI Forum, Mi Drop, Mi Community, Mi Remote dan sebagainya. Selain dari Xiaomi, ponsel ini juga dibekali aplikasi bawaan  pihak ketiga, seperti PicMix dan Caping.



Mengingat Redmi 5A dibekali dengan kapasitas ruang penyimpanan internal tergolong terbatas, Xiaomi menghadirkan kemampuan pada ponsel cerdas ini, memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan yang dinilai tidak dibutuhkan.

Penggunaan MIUI versi terbaru tersebut juga memungkinkan Anda memanfaatkan fitur split screen untuk menampilkan dua aplikasi secara bersamaan. Untuk dapat memanfaatkannya, Anda hanya perlu mengakses menu Recent Apps dan mengetuk ikon bertuliskan split screen di bagian atas layar, dan memilih aplikasi dari daftar di menu tersebut.

Sementara itu, kehadiran aplikasi Mi Remote pada ponsel cerdas karyanya menjadi salah satu pendukung upaya Xiaomi untuk ekosistem produk IoT miliknya di pasar yang dirambah produk smartphone Xiaomi.

Aplikasi Mi Remote tersebut mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan karena mendukung merek peralatan lain selain Xiaomi. Saat dicoba pada sejumlah peralatan bermerek lain, remote tersebut belum dapat seperti semestinya.

 

Kamera dan Video

Mengusung resolusi 13 MP dengan aperture f/2.2, fitur PDAF dan lampu flash LED, kamera belakang Xiaomi cukup mampu menghadirkan pengalaman memotret via smartphone yang tergolong menyenangkan.

Sayangnya, kamera kurang mampu menghadirkan hasil foto yang cukup baik pada kondisi pencahayaan redup, akibat gangguan noise yang terlihat pada foto. Hasil foto dengan tampilan warna dan ketajaman yang baik juga kami dapati pada hasil foto di pencahayaan cukup. Hal serupa juga didapati pada hasil foto kamera depan.

Xiaomi kembali menghadirkan fungsi shutter dengan menyentuh layar serupa dengan gestur untuk memilih titik fokus pada obyek yang diinginkan. Fungsi ini mampu menghadirkan kemudahan. Anda tidak perlu menggeser jari dari layar untuk memotret.

Namun, fungsi ini mungkin akan sedikit mengganggu kenyamanan bagi Anda yang sering merasa kali tidak yakin terhadap titik fokus pada obyek foto, dan mengetuk layar untuk menyakinkan fokus sudah benar sebanyak lebih dari satu kali.

Hasil foto dan gestur serupa juga tersedia saat memotret dengan kamera depan beresolusi 5MP. Pada kedua kamera tersebut, Anda juga dapat mengubah tingkat kecerahan foto dengan mengusap ke atas atau ke bawah di area titik fokus yang akan menampilkan tanda panah kecil ke atas dan bawah.

Sementara itu, fitur autofokus ponsel cerdas ini juga membutuhkan waktu lama untuk dapat siap memotret kembali setelah diakses atau setelah memotret. Selain itu, Xiaomi turut membekali kamera belakang dengan fitur Straighten, dari sejumlah fitur lain termasuk Panorama Manual dan Beautify.

Fitur ini hadir sebagai pengganti fitur Grid pada layar menu kamera, bertugas untuk membantu Anda dalam menghasilkan foto dengan garis horison lebih lurus. Hal ini akan sangat berguna bagi pengguna kamera smartphone dengan keluhan kesulitan memotret secara lurus.

Berikut foto kamera Xiaomi Redmi 5A.













 

Performa dan Baterai

Menggunakan Qualcomm Snapdragon 425, Xiaomi Redmi 5A mampu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan tanpa lag, dalam aktivitas sehari-hari baik sekadar mengirim pesan atau berselancar di internet.

Dibekali RAM 2GB dan ruang penyimpanan 16GB, performa baik Redmi 5A terlihat salah satunya saat memainkan game Ashpalt 8: Airborn. Game berjalan mulus tanpa gangguan lag berarti. Layar berukuran 5 incinya juga mampu menampilkan gambar dengan detil yang baik.

Performa yang baik juga ditampilkan saat mengujinya menggunakan aplikasi PCMark dan 3DMark. Pada pengujian di aplikasi PCMark Work 2.0, Xiaomi Redmi 5A mendapatkan nilai 3376.

Sementara itu pada pengujian Sling Shot di aplikasi 3DMark, ponsel cerdas ini memperoleh nilai sebesar 55. Sayangnya, aplikasi 3DMark hadir dalam versi baru yang kami perkirakan memiliki ketidaksesuaian sistem, sehingga pada pengujian Ice Storm Unlimited, Redmi 5A mendapatkan nilai 0.



Menggunakan ponsel untuk aktivitas sehari-hari seperti menerima dan mengirim pesan melalui aplikasi pesan instan dan email, serta berselancar di internet dan sebagainya tidak menyebabkan bodi perangkat dengan cepat terasa hangat.

Untuk urusan baterai, Xiaomi Redmi 5A mampu bertahan selama sekitar 13 jam dalam penggunaan harian normal. Sedangkan saat diuji menggunakan aplikasi benchmark, baterai ponsel cerdas tersebut dapat bertahan selama 9 jam 28 menit.



Kesimpulan
Ditawarkan dengan harga terjangkau, yaitu kurang dari Rp1,2 juta, Xiaomi Redmi 5A mampu menawarkan pengalaman penggunaan menyenangkan, yang juga didukung oleh desain kokoh dan elegan dan performa yang baik.

Sayangnya, menyasar konsumen kelas entry, perangkat ini tidak didukung oleh fitur giroskop dan keamanan melalui sensor pemindai sidik jari. Berbanding terbalik dengan tombol, layar perangkat justru kurang mampu menampilkan konten dengan baik saat di bawah paparan sinar matahari langsung.

 
  Xiaomi Redmi 5A
Prosesor Qualcomm Snapdragon 425
RAM 2GB
OS Android 7.1. Nougat dengan MIUI 9 
Memori Internal 16GB
Kamera Depan 13MP, Belakang 5MP
Baterai 3.080 mAh
Layar 5 inci 720 x 1280 piksel
Harga Rp999.000
  
 
8.3
Xiaomi Redmi 5A
Plus
  • Bodi kokoh dan elegan
  • Performa tergolong baik
  • Harga terjangkau
Minus
  • Tidak tersedia sensor pemindai sidik jari
  • Layar kurang mampu menampilkan konten di bawah sinar matahari
  • Tombol menu utama tanpa backlight




(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.