Bahaso tersedia dalam versi aplikasi mobile untuk perangkat Android dan iOS.
Bahaso tersedia dalam versi aplikasi mobile untuk perangkat Android dan iOS.

Review Aplikasi

Bahaso, Belajar Bahasa via Aplikasi Mobile

Teknologi review aplikasi
Lufthi Anggraeni • 09 Mei 2016 10:04
medcom.id, Jakarta: Bahasa menjadi salah satu faktor menarik untuk dipelajari dari suatu negara. Tidak hanya menarik, di beberapa kasus, bahasa menjadi salah satu penentu keberhasilan untuk mencapai suatu pencapaian.
 
Salah satu bahasa yang dikenal luas masyarakat menjadi faktor penting dalam mencapai keberhasilan adalah bahasa Inggris. Bahasa ini menjadi bahasa global yang umum digunakan untuk berkomunikasi, karenanya kursus dan sertifikasi bahasa ini kian menjamur.
 
Jika beberapa tahun lalu, kursus bahasa Inggris hadir dalam bentuk fisik, kini kemajuan teknologi dan penetrasi smartphone turut mendorong kemunculan aplikasi dengan fungsi serupa. Salah satunya adalah Bahaso, aplikasi pembelajaran bahasa yang sebelumnya hanya tersedia dalam versi situs.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahaso, Belajar Bahasa via Aplikasi Mobile
 
Cara menggunakan aplikasi ini tergolong mudah, pengguna cukup membuat akun dengan mendaftarkan nama depan dan belakang, alamat email serta password yang diinginkan. Tampilan yang disuguhkan aplikasi ini juga tergolong sederhana dan menarik, terlebih untuk anak-anak. Aplikasi Bahaso ini hadir dengan warna biru lembut dan putih, serta didukung oleh gambar menarik seperti panda yang menjadi maskot aplikasi ini.
 
Kesederhaan juga ditampilkan pada pengaturan aplikasi dari platform yang merupakan hasil kerja sama Bahaso dengan Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Indonesia ini. Pengaturan tersebut dapat ditemukan pada tab diwakili oleh ikon tiga garis, yang hanya berisi Ubah Profil, Ganti Password dan Keluar.
 
Setelah berhasil mendaftar, pengguna akan disambut oleh beberapa bahasa yang dapat dipelajari, diwakili oleh lingkaran berisi bendera negara asal bahasa tersebut. Namun, saat pertama kali digunakan, pengguna baru dapat memilih bahasa Inggris sebagai bahasa yang akan dipelajari.
 
Setelahnya, pengguna akan diminta untuk memilih level yang sesuai dengan kemampuan, seperti A1 Beginner, A2 Elementary, B1 Intermediate, dan B2 Upper Intermediate. Kemudian, pengguna akan disuguhkan daftar kategori pembelajaran atau yang Bahaso sebut dengan nama Lesson.
 
Bahaso, Belajar Bahasa via Aplikasi Mobile
 
Lesson ini berisi sekitar 10 soal dengan penjelasan cara menjawab, dan didasarkan pada tema, seperti time to remember, fashion trend dan sebagainya. Tema ini akan menjadi dasar soal yang harus dijawab pengguna, dengan tata bahasa yang telah ditentukan.
 
Bahaso menyuguhkan soal dan cara menjawab interaktif. Beberapa soal yang diajukan aplikasi ini hadir dalam bentuk audio dan video, sehingga untuk mendengarkannya, pengguna disarankan untuk menggunakan headphone saat menggunakan aplikasi ini.
 
Pengguna dapat menjawab dengan mendiktekan jawaban via mikrofon pada headphone atau smartphone, menekan, ataupun menggunakan gestur geser untuk memilih jawaban yang sesuai dari daftar yang telah tersedia.
 
Diakhir bab, pengguna akan diberikan nilai berdasarkan jawaban yang benar. Setiap tiga bab, pengguna akan disuguhi tes untuk mengukur kemampuan, begitu juga di akhir level, setelah melalui seluruh bab.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif