Corsair Glaive RGB Pro.
Corsair Glaive RGB Pro.

Corsair Glaive RGB Pro, Paling Nyaman Bisa Ganti Grip

Teknologi hardware corsair review mouse
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Juni 2019 19:07
Jakarta: Mouse gaming bukan cuma soal tombol yang bisa dikustomsasi, kecepatan sensor, atau tampilan pencahayaan RGB. Kenyamanan juga jadi faktor penting.
 
Mengingat kegiatan bermain game menghabiskan waktu berjam-jam, biasanya akan muncul rasa pegal di pergelangan tangannya. Menjadi penting bagi produsen menciptakan produk dengan performa sekaligus kenyamanan terbaik.
 
Beberapa waktu lalu Corsair mengumumkan kehadiran mouse gaming terbarunya, Corsair Glaive RGB Pro. Corsair memasukkannya ke mouse gaming untuk FPS dan MOBA. Sebelum bicara soal fitur unggulannya, terlebih dahulu Medcom.id memuji tampilan desainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Corsair Glave RGB Pro memiliki tampilan yang menarik meskipun memiliki bagian berhias efek RGB yang tidak terlalu banyak. Penampakannya ada di bagian logo Corsair, wheel scroller, serta tepi grip sisi kiri. Ada juga lima buah LED RGB yang berjajar vertikal dekat grip kiri.
 
Corsair Glaive RGB Pro, Paling Nyaman Bisa Ganti Grip
 
Namun, LED RGB tersebut memiliki fungsi khusus selain sebagai penghias. Fungsinya sebagai indikator DPI atau tingkat kecepatan atau sentivitas sensor. Tentu saja semua LED RGB bisa dikustomisasi warna maupun efeknya lewat software Corsair iCUE.
 
Untuk bobotnya,Corsair Glaive RGB Pro ringan tapi masih memiliki berat yang nyaman digenggam, terutama bagi gamer yang tidak menyukai mouse ringan karena alasan pengalaman bermain.
 
Kenyamanan lain yang menjadi keunggulan atau ciri khas Corsair Glaive RGB Pro adalah grip di sisi kiri atau jempol yang bisa diganti. Dalam paket penjualannya, mouse gaming ini memiliki tiga set grip. Medcom.id akan mencoba mendeskripsikannya.
 
Corsair Glaive RGB Pro, Paling Nyaman Bisa Ganti Grip
 
Desain grip pertama berupa bidang datar. Desain grip kedua memiliki lengkung agak ke dalam untuk posisi permukaan ibu jari yang ikut menahan Corsair Glaive RGB Pro. Desain grip ketiga memiliki lengkung kedua seperti desain sebelumnya, tapi bagian bawahnya agak melebar sehingga ibu jari tidak akan menyentuh mousepad.
 
Semua set grip ini bisa diganti dengan mudah karena Corsair RGB Glaive Pro mengandalkan magenetik pada bagian grip dan set grip yang disediakan tadi. Jangan cemas, dijamin semua magnet yang digunakan melekat sangat erat.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime
RAM Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Medcom.id mencoba mengayun-ayunkan Corsair Glaive RGB Pro cukup kencang di udara tapi aksesoris grip yang menempel tidak terlepas. Kelemahan perangkat ini yang baru disadari adalah kenyamanan grip yang jadi andalan ini tidak mendukung desain ambidextrous. Jadi gamer kidal tidak bisa menikmatinya.
 
Corsair Glaive RGB Pro, Paling Nyaman Bisa Ganti Grip
 
Beralih ke performanya, Corsair Glaive RGB Pro memiliki tingkat sensitiitas sensor hingga 18.000DPI yang bsia dikustomisasi tiap digit. Kemampuan tersebut sangat akurat saat digunakan. Diketahui Corsair mengandalkan sensor optik PWM3391 dari PixArt.
 
Tingkat DPI yang dikustomisasi bisa disimpan dalam lima preset yang kemudian bisa diakses di tengah game menggunakan DPI UP dan DPI Down button yang berada persis di bawah wheel scroller.
 
Sensornya yang akurat juga didukung kemampuan responsif dari penggunakan kabel USB sebagai konektivitasnya. Corsair mengklaim mouse gaming ini memiliki USB Report Rate hingga 1000Hz. Kabelnya memiliki panjang 1,8m dengan lapisan luar braided sehingga membuat kabel ini cukup awet dan tidak mudah kusut.
 
Corsair Glaive RGB Pro, Paling Nyaman Bisa Ganti Grip
 
Masih ada satu fitur canggih untuk mengatur sensitivitas sensornya. Corsair Glaive RGB Pro mendukung Surface Callibration Utility di Corsair iCUE. Secara otomatis tingkat sentitivitas dan respons sensor mouse optik dikalibrasi berdasarkan material yang menjadi permukaan mousepad.
 
Tidak lupa wheel scroller tadi juga bisa berfungsi sebagai Middle Click Button. Di atas grip juga terdapat dua tombol, Forward dan Backward Button yang juga bisa dikustomisasi fungsinya sebagai tombol untuk mengakses fitur Macro.
 
Corsair Glaive RGB Pro memiliki total tujuh tombol yang bisa dikustomisasi untuk mendukung fitur Macro. Mouse gaming ini juga memiliki onboard profile untuk menyimpan set kustomisasi yang dirancang tanpa harus diaktifkan lewat Corsair iCUE saat digunakan di perangkat lain. Pengalaman Medcom.id,feedback dari tombonya sangat tactile. Corsair Glaive RGB Pro menggunakan switch buatan Omron.
 
Kesimpulan
Corsair Claive RGB Pro tidak mengecewakan tampilannya yang dilengkapi cukup banyak tombol untuk dikustomisasi memang pas untuk game FPS atau MOBA untuk menyimpan banyak variasi fungsi Macro.
 
Kehadiran LED indikator DPI juga memudahkan pengguna yang mungkin belum terbiasa membedakan kecepatan atau sensitivitas sensor pada tiap DPI berbeda secara kasat mata. Rentang sensitivitas yang diberikan bisa dikustomisasi hingga tiap digit DPI.
 
Pengalaman Medcom.id menggunakan Corsair Glaive RGB Pro juga sangat memuaskan. Tombolnya sangat tactile. Fungsi gonta ganti grip juga sangat menunjang kenyamanan dan mungkin gaya bermain gamer profesional.
 
Namun disayangkan bahwa fitur tersebut tidak mendukung ambidextrous sehingga gamer dengan tangan kidal tidak bisa menjajal fitur ini. Apabila Corsair memiliki desain ambidextrous dengan fitur grip yang bisa diganti, diprediksi mouse gaming tersebut akan semakin diminati. Corsair Glaive RGB Pro dibanderol di pasar mulai dari harga Rp1 juta.
9
Corsair Glaive RGB Pro
Plus
  • Tampilan menarik
  • LED Indikator DPI
  • Kustomisasi sensitivitas atau DPI sangat detil
  • Nyaman dengan grip bisa diganti
Minus
  • Tidak ambidextrous

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif