Cambridge Yoyo S

Seperti Apa Kualitas Speaker Portabel Rp4 Juta?

Cahyandaru Kuncorojati 01 Mei 2018 09:41 WIB
review peripheral
Seperti Apa Kualitas Speaker Portabel Rp4 Juta?
Cambridge Yoyo S.
Jakarta: Mendengarkan musik memang selalu lebih menyenangkan saat menggunakan speaker ketimbang menyumbat lubang telinga dengan earphone. AlasannyaAnda bisa mendengarkan musik sambil melakukan apa saja.

Hal ini juga yang mendorong alasan untuk memiliki sebuah speaker portabel. Beberapa waktu lalu Medcom.id berkesempatan untuk menjajal speaker portabel bernama Cambridge Yoyo S buatan Cambridge Audio dari seri Yoyo.

Pertama melihat perangkat ini, kesan yang kami dapatkan adalah Cambridge Yoyo S merupakan speaker portabel premium yang tidak digunakan hanya untuk memutar musik, tapi untuk dipajang di bagian ruangan manapun sebagai dekorasi karena menggunakan material wol yang dirajut oleh Marton Mills Yorkshire, Inggris.


Mengingat kami, dan sebagian besar konsumen mungkin tidak terlalu mengenal lokasi dan merek tersebut maka kami hanya bisa mengatakan bahwa hal ini cukup mewah. Pada bagian belakangnya terdapat lapisan bermaterial karet yang menjadi subwoofer.



Cambridge Yoyo S memiliki ukuran dimensi 9,68 x 5,04 x 2,64 inci dengan bobot 1,2kg. Meskipun perangkat ini bisa digenggam dengan satu tangan, menurut kami ukuran dan bobotnya membuat speaker ini sebetulnya tidak benar-benar ringkas, apabila Anda memutuskan untuk membawanya mengggunakan tas punggung.

Kami merasa speaker ini kurang cocok apabila digunakan di luar ruangan, mengingat tampilannya yang sangat estestis. Selain dari ukurannya yang kurang mini, speaker ini juga tidak dilengkapi fitur water resistant.

Meskipun begitu Cambridge Yoyo S memiliki banyak sekali fitur sehingga tidak mengherankan ukurannya cukup bongsor untuk sebuah speaker. Untuk konektivitas Cambridge Yoyo S mengandalkan koneksi Bluetooth dan NFC.



Bagi perangkat yang tidak memiliki kedua konektivitas tersebut Cambridge Yoyo S masih menyediakan audio jack AUX-in 3,5mm serta USB port. Jadi seluruh perangkat bisa memanfaatkan speaker ini sebagai music player.

Tentu saja fungsi USB port tersebut tidak hanya itu saja tapi juga bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone Anda. Berdasarkan pengalaman kami menggunakan Cambridge Yoyo S, baterai speaker portabel ini bisa bertahan hingga lebih dari 12 jam jadi tidak mengherankan apabila Cambride Yoyo S juga bisa berfungsi sebagai powerbank.

Seluruh I/O Ports tersebut diletakkan di bagian bawah speaker dengan masih menyisakan ruang agar kabel bisa lewat di bagian bawahnya. Desain ini cukup cerdik sehingga tidak merusak nilai estetika Cambridge Yoyo S. Lalu panel berisi tombol sentuh operasional diletakkan di bagian atasnya.



Menariknya, Cambridge Yoyo S panel bagian atas tersebut mendukung gesture control. Anda bisa memilih fungsi setiap tombol tanpa menyentuhnya, cukup menyapukan tangan Anda di atas panel tersebut.

Sayangnya, fitur ini juga memiliki kekurangan, musik tiba-tiba berhenti saat kami mencoba menjangkau bagian atas speaker untuk mengambil dan memindahkannya.

Sama seperti speaker umumnya, Cambridge Yoyo S juga memiliki mikrofon yang digunakan untuk fungsi menerima panggilan. Berdasarkan pengalaman kami, mikrofon tersebut mampu menangkap suara dengan cukup jelas.



Beralih ke aspek utama yakni audio disebutkan oleh Cambridge Audio bahwa speaker ini two full range drivers, subwoofer, dan passive bass radiator. Kami tidak heran apabila dimensi speaker ini menjadi sangat tebal, dan kami akui kualitas suaranya sangat bagus.

Suara yang dihasilkan tetap bulat atau tidak pecah ketika volume suaranya ditingkatkan hingga keras dengan kualitas yang masih tajam. Begitupun dengan suara bass yang dihasilkan masih terasa tebal di volume kencang. Sedikit kekurangannya adalah Cambridge Yoyo S kurang mampu menghadirkan suara bass di tingkat yang rendah atau low bass.

Kesimpulan
Nama Cambridge Audio mungkin tidak diketahui banyak orang. Speaker ini dihargai sekitar Rp4 juta, dan harga ini memang meminta Anda untuk tidak perlu meragukan lagi kualitasnya.

Speaker ini tetap memiliki beragam fungsi dan kualitas audio yang memuaskan di balik ukurannya yang tidak mini semungil speaker portabel lainnya tapi ukurannya yang tebal masih dilengkapi dengan fitur yang sangat dibutuhkan.

Terlepas dari kualitas audionya yang kurang mampu menghasilkan audio jenis low bass, secara keseluruhan audionya sudah sangat memanjakan telinga, bahkan dalam volume paling keras, kualitas suaranya tidak pecah.
 
 
8.5
Cambridge Yoyo S
Plus
  • Desain estetis
  • Menyediakan konektivitas yang lengkap
  • Berfungsi sebagai power bank
  • Gesture control
  • Kualitas audio secara keseluruhan memuaskan
Minus
  • Dimensi tebal, tidak cocok untuk outdoor
  • Gesture control kadang salah mengartikan gerakan
  • Kualitas audio low bass kurang terasa

 



(MMI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.