Asus ROG Zephyrus M16.
Asus ROG Zephyrus M16.

Review Laptop

Review Asus ROG Zephyrus M16, Layar 16 Inci Nyaman Buat Gaming dan Kerja

Teknologi teknologi asus hardware review laptop asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 19 September 2021 13:46
Jakarta: Beberapa waktu lalu Asus merilis laptop gaming baru dari seri Asus ROG yang kembali menghasil sebuah inovasi. Mereka meluncurkan Asus ROG Zephyrus M16 yang menjadi laptop ukuran 16 inci pertama di dunia.
 
Seri Zephyrus sendiri merupakan salah satu seri laptop gaming tipis dan ringan dari Asus. Jadi dipastikan bahwa Asus ROG Zephyrus M16 tetap memiliki desain yang ramping dengan ukuran layar tersebut ditambah tampilannya yang menawan. Medcom.id berkesempatan untuk mengulas laptop ini.
 
 

Desain

Asus ROG Zephyrus M16 masih mengusung tampilan luar yang serupa dengan versi Asus ROG Zephyrus G14 namun dibalik lubang-lubang yang ada di bagian belakang layar tidak memiliki fitur AniME Matrix. Di sini ada Prismatic Film yang akan terlihat mengkilap saat terkena pantulan cahaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Review Asus ROG Zephyrus M16, Layar 16 Inci Nyaman Buat Gaming dan Kerja
 
Tampilan Asus ROG Zephyrus M16 dengan balutan warna hitam terasa sangat low profile ditambah minimnya efek RGB yang hanya dijumpai pada backlit keyboard. Hal ini cocok bagi pengguna yang tidak terlalu ingin menarik perhatian tapi menginginkan laptop yang terlihat mewah.
 
Review Asus ROG Zephyrus M16, Layar 16 Inci Nyaman Buat Gaming dan Kerja
 
Laptop ini punya bobot hanya 1,9 kg dan ketebalan 19,9mm. Meskipun punya layar 16 inci tapi Asus ROG Zephyrus M16 tetap bisa masuk ke dalam tas laptop 15 inci. Di sini digunakan desain engsel Asus ErgoLift yang membuat posisi kemiringan keyboard lebih ergonomis ditambah ukuran trackpad yang luas.
 

Layar

Asus ROG Zephyrus M16 mengusung layar 16 inci dalam laptop berukuran 15 inci. Hal ini dicapai berkat desain bezel super tipis di sisi kanan dan kiri serta atas dan bawahnya. Meskipun begitu di sini tetap tersedia webcam, tidak seperti seri Zephyrus G14.
 
Review Asus ROG Zephyrus M16, Layar 16 Inci Nyaman Buat Gaming dan Kerja
 
Layar laptopnya mengusung resolusi WQHD dengan refresh rate 165Hz. Layar tersebut sudah didukung fitur Adaptive-Sync untuk refresh rate serta kalibrasi warna PANTONE Validated Display dan color space 100% DCI-P3 sehingga cocok untuk content creator.
 
Review Asus ROG Zephyrus M16, Layar 16 Inci Nyaman Buat Gaming dan Kerja
 

Fitur dan Konektivitas

Asus ROG Zephyrus M16  masih tetap didukung software Armory Crate yang bisa digunakan untuk kustomisasi preset performa CPU dan GPU serta fitur RGB di backlit keyboard. Fitur tersebut bisa diakses lewat tombol shortcut yang ada di deretan tombol multimedia di deretas atas keyboard.
 
Review Asus ROG Zephyrus M16, Layar 16 Inci Nyaman Buat Gaming dan Kerja
 
Di bagian audio tersedia enam speaker yang didukung teknologi Dolby Atmos serta mikrofon 3D mic array yang tidak cuma memiliki teknologi noise canceling tapi juga mode cardioid untuk live stream dan omnidirectional saat conference call yang menjadi kualitas menangkap suara penggunanya.
 
Meskipun punya bodi tipis dan ringan tapi Asus ROG Zephyrus M16 tetap punya port yang lengkap, port USB 3.2 Gen2 Type-C yang mendukung Power Delivery dan DisplayPort, port USB Thunderbolt 4, lubnng combo audiojack, port HDMI, hingga RJ45LAN, dan MicroSD card reader.
 
Review Asus ROG Zephyrus M16, Layar 16 Inci Nyaman Buat Gaming dan Kerja
 
Konektivitas nirkabelnya sudah mendukung WiFi6 dan Bluetooth 5.1 yang memastikan laptop ini bisa menikmati sambungan internet dan pairing yang cepat dengan perangkat lain.
 

Performa dan Baterai

Medcom.id menjajal varian tertinggi dari spesifikasi Asus ROG Zephryus M16 yaitu yang menggunakan Intel Core i9 Generasi ke-11 dan grafis Nvidia GeForce RTX 3060 serta kapasitas RAM 16Gb (2x 8GB) DDR4 3200MHz Dual Channel serta storage 1tb M.2 NVMe PCI3 4.0.
 
Spesifikasi tersebut tergolong tinggi meskipun kartu grafis yang ditawarkan tidak sepadan dengan prosesor yang digunakan. Medcom.id kemudian melakukan pengujian menggunakan beberapa software atau mode benchmark dari UL Benchmarks.
 
PENGUJIAN PCMARK 10
MODERN OFFICE
3DMARK 
FIRE STRIKE
CINEBENCH R23
MULTI/SINGLE CORE
SKOR 7078 18286 13672/1584

Hasil benchmark Asus ROG Zephyrus M16 menunjukan performanya sangat mumpuni. Pengujian kedua adalah benchmark game, kami menggunakan game Assassin’s Creed Valhalla di pengaturan grafis Ultra High dan Horizon New Dawn di grafis Ultimate untuk melihat frame rate yang dihasilkan.
 
Review Asus ROG Zephyrus M16, Layar 16 Inci Nyaman Buat Gaming dan Kerja
 
Catatan yang harus diketahui adalah semua pengujian di atas dilakukan dengan mode Turbo di Armory Crate serta laptop tersambung ke listrik pengisian daya. Di sini performa gaming Asus ROG Zephyrus M16 juga tidak perlu diragukan lagi.
 
Kesimpulan
Medcom.id menilai Asus ROG Zephyrus M16 menawarkan pilihan terbaik bagi konsumen yang mencari laptop gaming tapi layar lega untuk bekerja dan tetap hadir dengan desain yang ringkas dan tipis.
 
Bukan cuma performa yang pasti sangat mumpuni, desain Asus ROG Zephyrus M16 yang menyajikan layar 16 inci ke dalam dimensi bodi laptop 15 inci adalah daya tarik tersendiri dari produk ini. Asus ROG Zephryus M16 dengan spesifikasi yang Medcom.id diluncurkan di harga Rp35,9 juta.
 
SPESIFIKASI Asus ROG Zephyrus M16 (GU603)
Prosesor Intel Core i9-11900H
RAM 16GB (2x 8GB) DDR4 3200MHz
Memori Internal 1TB M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD
Layar 16 inci WQXGA (2560x16000) 165Hz 100% DCI-P3, PANTONE Validated
GPU NVIDIA GeForce RTX 3060
Bobot 1,9kg
Dimensi 35,5 x 24,3 x 1,99 cm
Harga Rp35.999.000
 
9.5
Asus ROG Zephyrus M16
Plus
  • Tampilan low profile
  • Spesifikasi tinggi dan powerful
  • Ukuran layar sangat lega
  • Bezel tipis tetap dilengkapi webcam
Minus
  • Efek Prismatic Film kurang terlihat
  • Kartu grafisnya bisa lebih tinggi lagi

 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif