Logitech M187 hadir dengan desain sederhana dan mengunggulkan ukurannya yang mungil.
Logitech M187 hadir dengan desain sederhana dan mengunggulkan ukurannya yang mungil.

Review Mouse

Logitech M187, Si Mungil Ekonomis

Teknologi teknologi logitech review gadget
Lufthi Anggraeni • 05 September 2020 10:37
Jakarta: Pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk bekerja dari rumah mungkin membuat beberapa dari Anda menyadari pentingnya dukungan aksesori komputasi guna menunjang kenyamanan saat bekerja dari rumah.
 
Mouse mungkin salah satu aksesori yang masuk dalam bahan pertimbangan Anda. Namun, penggunaan mouse pada laptop kerap ditinggalkan oleh pengguna, atas dasar penilaian perangkat periferal ini mengharuskan Anda untuk menyiapkan ruang khusus untuk menyimpannya.
 
Hal ini mungkin tidak dibutuhkan oleh Anda yang mempertimbangkan keringkasan dalam penyimpanan sehingga dapat dibawa serta dalam aktivitas saat pandemi berakhir dan mobilitas Anda berlangsung seperti sebelum pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Logitech telah sejak lama menyadari hal ini, karenanya menghadirkan mouse nirkabel berukuran sangat kecil yaitu M187. Mouse ini mungkin tidak asing bagi Anda, sebab Logitech telah menghadirkan produk dengan penamaan dan desain serupa beberapa tahun lalu.
 
Namun kali ini, kami menemukan satu perbedaan kentara antara versi baru ini dengan versi sebelumnya, yaitu penyematan logo Logi di bagian permukaan atas. Sebab pada versi pendahulu, logo yang tersemat pada permukaan atas perangkat adalah Logitech.
 
Menyoal kenyamanan menggenggam mouse saat digunakan, pengguna bertangan kecil pun mungkin masih menilai mouse ini terlalu kecil. Meskipun demikian, menggenggamnya dengan metode palm yaitu telapak tangan menangkup seluruh permukaan bagian atas perangkat. Logitech M187 ini tetap mampu menghadirkan kenyamanan.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Hanya saja, untuk menekan tombol klik kanan dan klik kiri, posisi jari harus sedikit terangkat, dapat menimbulkan ketidaknyamanan jika digunakan secara aktif dan dalam jangka waktu lama. Sementara itu, unit yang kami coba hadir dalam warna putih dengan hiasan berwarna abu-abu di bagian sisi dan di roda gulir.
 
Mengingat ukurannya yang mungil dan merupakan mouse pada kategori kasual, tidak mengherankan jika Logitech M187 ini hadir hanya dengan dukungan tombol dan roda gulir tersebut. Jika bagian permukaan atas hadir dengan bahan mengkilat, pada bagian sisi, Logitech M187 hadir dengan bahan matte.
 
Selain itu, roda gulir hadir dalam balutan serupa karet sehingga tidak licin saat digunakan. Sementara itu, mengingat Logitech tidak mempromosikan M187 ini sebagai perangkat senyap, jangan heran saat mendengar suara saat menekan tombol klik atau menggulirkan roda.
 
Kehadiran suara ini mungkin mengganggu, namun jika Anda yang menyukai suara tersebut karena membantu menstimulasi otak, maka Logitech M187 ini sesuai untuk Anda. Dan men menyoal presisi, selama menggunakannya, kami hanya disuguhi pengalaman penggunaan minim lag dan presisi baik.
 
Dan juga perlu kami ingatkan, bahwa Logitech M187 ini merupakan mouse nirkabel, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan keterbatasan atau kerumitan yang diakibatkan oleh juntaian kabel. Anda dapat memanfaatkan mouse ini secara langsung setelah memasangkan dongle penghubung di komputer atau laptop.
 
Dongle ini mengusung metode plug and play, artinya Anda dapat segera menggunakan mouse sesaat setelah dongle terpasang di komputer, dan Anda tidak perlu mengunduh atau menyesuaikan pengaturan tertentu terlebih dahulu.
 
Selain itu, kemampuan nirkabel pada mouse ini dapat Anda nikmati hingga jarak 10 meter, meski sebaiknya tidak terhalang obyek demi kelancaran proses navigasi kursor. Hanya saja, seperti mouse pada umumnya, Logitech ini mengalami sedikit jeda saat mouse diletakan di atas permukaan mengkilat, termasuk lantai.
 
Dengan demikian, kami menyarankan Anda untuk menggunakan alas mouse jika memang harus menggunakannya di atas lantai.
 
Kesimpulan
Mengusung ukuran mungil, kami tidak merekomendasikan mouse ini untuk digunakan oleh pengguna bertelapak tangan besar. Selain ukuran, hal lain yang ditawarkan perangkat ini cukup mampu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan.
 
Kesenangan penggunaan mouse Logitech M187 mungkin akan semakin menyenangkan bagi konsumen beranggaran terbatas, karena mouse ini ditawarkan seharga Rp209.000.
8
Logitech M187
Plus
  • Ringan, mungil
  • Harga terjangkau
  • Presisi baik
Minus
  • Ukuran terlalu kecil untuk pengguna bertangan besar

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif