Pengalaman kami menjajal Mi TV 4 55
Pengalaman kami menjajal Mi TV 4 55

Review Smart TV

Rasanya Menonton Film 4K dan Main Game PS4 Pro di Mi TV 4 55

Teknologi review smart tv
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 04 Mei 2020 20:29
Jakarta: Perlahan tapi pasti, Xiaomi memperluas ekosistem produk mereka di pasar Indonesia. Setelah smartphone, mereka juga memboyong aksesori pendukung seperti powerbank dan smartband.
 
Smart TV merupakan produk berikutnya yang mulai menunjukkan konsistensi di Tanah Air. Pada paruh pertama ini, Xiaomi membawa Smart TV yang semakin canggih. Mereka menamainya Mi TV 4 55. Penamaan sederhana ini menggunakan angka 4 sebagai seri, kemudian angka 55 yang menunjukkan ukuran layar.
 
Kami sebelumnya sudah pernah mengulas Mi TV 4A, dengan harga yang cukup terjangkau saat pertama kali diumumkan. Smart TV besutan Xiaomi juga identik dengan antarmuka spesial Patchwall.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apakah ada perkembangan dari antarmuka ini? Apakah dengan layar yang besar ini membuat harganya menjadi lebih mahal? Berikut ulasan Medcom.id.
 
Rasanya Menonton Film 4K dan Main Game PS4 Pro di Mi TV 4 55
 
Ukuran 55 inci memang sangat besar, sehingga kami tidak menyarankan untuk mengeluarkannya dari kardus sendirian. Ini karena bodi yang besar membuatnya harus ditarik dari dua pinggir secara bergantian sampai akhirnya unit Smart TV keluar.
 
Sebelum meletakkannya dalam posisi berdiri, jangan lupa untuk memasang kedua kaki yang terbuat dari plastik di kedua ujung tempat pemasangan yang telah tersedia. Jangan khawatir terhadap material plastik, kualitas kaki penyangga Mi TV 4 55 cukup tebal dan kuat. Satu hal yang penting adalah Anda harus memasang baut dengan sangat kencang, hingga kaki tidak memiliki ruang untuk bergerak sendiri, bahkan lepas.
 
Mi TV 4 55 mengusung warna hitam, warna yang terbilang sangat biasa. Jika melihat beberapa produk kompetitor yang sudah meluncur, sebenarnya ini saat yang tepat untuk Xiaomi dalam mengeksplorasi pilihan warna yang lebih banyak.
 
Rasanya Menonton Film 4K dan Main Game PS4 Pro di Mi TV 4 55
 
Rasanya Menonton Film 4K dan Main Game PS4 Pro di Mi TV 4 55
 
Pengalaman mereka dalam menciptakan varian warna untuk smartphone layak digunakan pada produk lainnya. Mi TV 4 55 ditemani oleh satu remote kontrol berukuran kecil dan tidak punya banyak tombol.
 
Pengendali ini menggunakan koneksi bluetooth, yang memang sangat memudahkan pengoperasian. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengarahkan pemancar sinyal ke TV demi memasukkan perintah.
 
Saat pemasangan pertama kali, Anda diminta untuk menghubungkan pengendali terlebih dahulu, karena untuk berikutnya Anda harus memasukkan akun Gmail, seperti menggunakan ponsel Android.
 
Rasanya Menonton Film 4K dan Main Game PS4 Pro di Mi TV 4 55
 
Rasanya Menonton Film 4K dan Main Game PS4 Pro di Mi TV 4 55
 
Untuk antarmuka fisiknya, Mi TV 4 55 dua port USB 2.0, satu port AV, tiga port HDMI, satu port S/PDIF, dan satu port LAN. Demi mendukung audio, ia dilengkapi dua speaker 10W, yang diklaim cukup menghasilkan suara berkualitas.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Setelah akun Gmail masuk, Mi TV 4 55 sudah siap digunakan. Sebelum masuk ke Patchwall, Anda akan dihadapkan pada tampilan bawaan Android TV untuk pengaturan awal lebih lanjut, seperti menghubungkan TV ke internet via kabel atau nirkabel. Anda juga bisa menambahkan perangkat lainnya sebagai pendukung lewat Settings.
 
Pada tampilan Android TV standar ini terlihat beberapa aplikasi yang telah terpasang, dan sebagian besar aplikasi film streaming. Keuntungannya, smart TV Xiaomi kali ini sudah tersedia Netflix, yang ditemani oleh Amazon Prime. Untuk pengalaman menonton yang lebih banyak, Anda bisa langsung mengakses Patchwall.
 
Seperti yang sudah dijelaskan, Patchwall lebih menekankan rekomendasi film dari layanan streaming yang telah bekerja sama. Salah satu keunggulan Mi TV 4 55 adalah pengguna bisa menonton siaran lokal tanpa terhubung dengan antena.
 
Ini berkat akses digital smart TV dengan menggandeng layanan VOD lokal, sehingga konsepnya sama dengan streaming. Untuk itu, dipastikan Anda harus terhubung dengan internet. Secara keseluruhan, tampilan Patchwall sederhana dan mudah dioperasikan, juga cukup nyaman karena menggunakan elemen warna yang cerah tetapi lembut.
 
Rasanya Menonton Film 4K dan Main Game PS4 Pro di Mi TV 4 55
 
Panel OLED Mi TV 4 55 diklaim mendukung resolusi 4K dengan refresh rate 60Hz. Demi membuktikannya, kami mencoba memutar beberapa konten 4K, seperti film Netflix yang punya tanda dukungan 4K Ultra HDR, dan bermain game dengan konsol PS4 Pro.
 
Hasilnya memuaskan, resolusi dan refresh rate berjalan sesuai klaim, ditambah dengan kualitas warna yang cukup baik. Bahkan, kami bisa mengatakan kualitas warnanya hampir menyaingi smart TV yang menggunakan panel AMOLED.
 
Secara keseluruhan, Mi TV 4 55 sangat menggiurkan. Selain menyediakan kualitas visual yang mumpuni, ia juga dibanderol Rp4.999.000. Ini menjadikannya salah satu Smart TV yang cukup terjangkau untuk kelas bentang layar yang ditawarkan.
 
Ditambah lagi, kemudahan pengoperasian Patchwall dan banyak pilihan film dan saluran TV membuatnya kaya akan konten. Sebagai sebuah Smart TV, ia punya fitur esensial yang mampu menampilkan konten hiburan penggunanya.
 
Di sisi lain, di balik harganya yang masih terjangkau, ada kekurangan yang terlihat menurut kami. Dua di antaranya adalah pilihan warna bodi yang semestinya lebih berani, serta aplikasi bawaan yang lebih variatif.
Xiaomi Mi TV 4 55
Plus
  • Kualitas warna bagus
  • Banyak rekomendasi film
  • Visual sesuai klaim
Minus
  • Aplikasi bawaan
  • Warna bodi kurang 'berani'

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif