Huawei P50 Pro.
Huawei P50 Pro.

Review Smartphone

Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik

Cahyandaru Kuncorojati • 04 Februari 2022 15:48
Jakarta: Huawei P Series yang dikenal sebagai smartphone premium high-end Huawei dengan keunggulan di bagian kameranya masih terus dipertahankan. Lini smartphone ini masih jadi andalan Huawei untuk menarik minat penggemar gadget yang lebih membutuhkan kemampuan kamera.
 
Kini Huawei P50 Series sudah diumumkan di Indonesia, Medcom.id kembali berkesempatan menjajal salah satu seri yaitu Huawei P50 Pro. Apakah smartphone ini cukup menarik bagi Anda? Berikut ulasan kami.
 

Desain

Huawei P50 Series merupakan seri smartphone high-end, Huawei sendiri memang tidak lagi berfokus ke segmen lain kecuali mid-high lewat seri Huawei nova. Di sini Huawei P50 Series kembali hadir dengan desain mewah.
 
Medcom.id yang telah menjajal seri Huawei P Series sejak P10 hingga saat ini memang merasakan bahwa Huawei P50 Series bukan hanya fokus ke bagian kamera tapi juga desainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Kesan mewah tersebut hadir pada bentuk bingkai atau bumper kamera belakangnya. Di sini ada dua lingkaran atau ring dengan tepi metal yang di dalamnya menjadi tempat lensa kamera.
Desain ini bisa dilihat mirip seperti sebuah cincin atau kacamata yang mewah.
 
Apabila membandingkan Huawei P Series sebelumnya diakui Huawei P50 Series kini tidak ada kesan geeky. Makanya menurut kami Huawei P50 Series cocok bagi mereka yang selama ini memilih Mate Series.
 
Huawei P50 Series punya bodi ramping dengan tepi panel layar yang melengkung sehingga semakin mantap di genggaman. Panel layarnya menggunakan jenis OLED dengan refresh rate hingga 90Hz dan touch sampling rate 120Hz serta resolusi FHD Plus di ukuran 6,6 inci.
 
Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Di atas kertas, spesifikasi layarnya memang sudah cukup untuk menikmati game dengan grafis atau visual memanjakan mata. Huawei P50 Pro menggunakan model punch hole di bagian tengah atas layar untuk kamera depannya.
 
Di sisi lain desain ini justru rentan tergores bahkan retak saat smartphone terbentur dengan keras di bagian tersebut. Ukuran lensa kameranya yang cukup lebar maka diprediksi dampaknya akan cukup serius.
 
Bodi bagian belakangnya sendiri menggunakan desain seperti kaca sehingga bisa memantulkan cahaya. Namun permukaannya tidak licin dibandingkan layarnya, meskipun begitu kami tetap menyarankan penggunaan casing tambahan untuk melindungi tapi bodi alias tepi layarnya.
 
Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Efek dari bodi ramping tersebut juga membuat Huawei P50 Pro tidak menyediakan lubang audiojack. Di bagian bawah hanya tersedia slot Dual SIM, USB-C dan Dual Speaker. Pemindai sidik jarinya tersedia di atas layarnya.
 

Antarmuka dan Fitur

Huawei P50 Pro menyajikan sistem operasi Android dengan antarmuka EMUI 12 pada versi yang kami pegang. Kabarnya antarmuka HarmonyOS 2.0 baru tersedia di versi Tiongkok. Di sini antarmukanya menurut kami terasa ringan dan navigasi yang mudah dipelajari.
 
Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Apabila Anda tidak terbiasa dengan navigasi gesture yaitu menyapukan jari dari titik atau arah tertentu di atas layar maka kami anjurkan untuk beralih ke three-key navigation yang akan menyajikan tombol sentuh back, home dan recent app.
 
Antarmuka di Huawei P50 Pro serupa dengan kebanyakan smartphone saat ini. Swipe dari tepi atas layar sebelah kanan akan menyajikan kontrol dan shortcut ke aktivasi Bluetooth, Data Connection, tingkat kecerahan layar dan lainnya. Swipe dari tepi kiri atas layar akan memperlihatkan kolom notifikasi.
 
Masuk ke bagian fiturnya, pemindai dan sidik jari hingga NFC dipastikan tersedia di Huawei P50 Pro meskipun menurut kami pemindai sidik jari di belakang bodi atau pada tombol Power kinerjanya lebih responsif.
 
Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Hal penting dari bagian fitur EMUI yang patut kami jelaskan dan perkenalkan adalah Petal Search. Fitur ini merupakan mesin pencarian tidak hanya informasi seperti Google Search tapi juga aplikasi yang akan terhubung ke Huawei AppGallery.
 
Tidak adanya Google di Huawei P50 Pro tidak akan menyulitkan Anda. Petal Search secara pintar akan mencarikan channel yang menyediakan link untuk mengunduh aplikasi yang Anda cari. Petal Search secara otomatis juga akan memindai link download tersebut, aman atau tidak.
 
Meskipun begitu memang harus diakui masih ada sedikit kekurangan, beberapa aplikasi mungkin tidak bisa digunakan atau bermasalah diakibatkan harus terhubung ke layanan Google, terutama apabila melakukan binding account ke Google dan bukan Facebook.
 

Kamera

Huawei P50 Pro maupun varian lain di P50 Series menjagokan teknologi di kemampuan kameranya. Hal ini sudah Medcom.id bahas di beberapa artikel mengenai kecanggihan kamera Huawei P50 Pro.
 
Di sini kami akan langsung berbagi pengalaman menggunakan kamera Huawei P50 Pro. Di kamera belakang ada tiga lensa yaitu lensa kamera utama 50MP, lensa kamera mono 40MP, lensa ultra-wide angle 13MP, dan lensa telephoto 12MP.
 
Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Di sini ada kemampuan digital zoom, optical zoom, dan hybrid zoom. Semuanya adalah kemampuan yang sejak lama disediakan Huawei P Series bermodalkan sejumlah lensa di kamera belakang.
 
Di dalamnya ada beragam mode fotografi, ada mode 50MP dan 50MP AI untuk foto resolusi tinggi. Namun kami memilih untuk menjajal mode foto biasa dengan rasio 4:3 dan mengaktifkan kemampuan AI.
 
Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Di sini hasil foto yang dihasilkan kamera Huawei P50 Pro sangat memuaskan, kualitas warna yang ditangkap menurut kami cukup akurat dan masih tajam saat foto diperbesar sekali dengan mengetukan jari pada foto di galeri.
 
Kekurangan kami temukan adalah ketajaman warnanya agak berkurang ketika mengabadikan foto dengan mode lensa ultrawide dan telephoto. Meskipun begitu kemampuan telephoto dan zoom dari kamera Huawei P50 Pro sangat menakjubkan.
 
Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Review Huawei P50 Pro, Desain Termewah Kamera Terbaik
 
Kami sempat mencoba memfoto objek yang sangat jauh dan tetap terlihat cukup tajam pada foto yang ditangkap kamera Huawei P50 Pro. Di kondisi minim cahaya, mode foto biasa atau normal tetap bisa menghasilkan kualitas foto yang memuaskan.
 
Kamera depan Huawei P50 juga demikian meskipun hanya memiliki kemampuan 13MP. Kemampuan kamera utama Huawei P50 Pro sekali lagi berhasil membuatnya dipuji, hal ini tidak terlepas dari kerja sama dengan Leica.
 

Performa dan Baterai

Huawei P50 Pro hadir dalam dua versi yaitu yang menggunakan Kirin 9000 dan Snapdragon 888. Kami menjajal versi yang kedua, namun chipset tersebut merupakan jenis Snapdragon 888 4G.
 
Jadi Huawei P50 Pro yang kami gunakan belum siap terhubung ke 5G. Hal ini menjadi sedikit kekurangan lainnya mengingat konsumen yang memilih smartphone premium pasti menginginkan perangkat yang future-proof alias teknologi terbaru.
 
Huawei P50 Pro hadir dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB. Di sini dilakukan pengujian menggunakan sejumlah skenario dari aplikasi PCMark dan 3DMark for Android buatan UL Benchmarks. Skor yang dikumpulkan Huawei P50 Pro cukup bagus.
 
PENGUJIAN: PCMark Work 2.0 3DMark Wild Life 3DMark Wild Life Extreme
SKOR:  8749 5857 5922

Di kapasitas baterai Huawei P50 Pro menyediakan 4.360 mAh yang didukung fast charging 66W serta fitur wireless charging 50W. Daya tahannya diuji menggunakan aplikasi PCMark diklaim bisa bertahan hingga sekitar 11 jam. 
 
Tentu saja hal tersebut akan berbeda dengan skenario penggunaan sehari-hari setiap orang dan pada tingkat kecerahan layar yang berbeda. Namun hal ini menunjukan bahwa daya tahan Huawei P50 Pro juga cukup bagus.
 
Di segi pengisian baterainya, fitur fast charging 66W bisa mengisi hingga kapasitas sekitar 70 persen dalam waktu kisaran 30 menit. Jadi pengguna Huawei P50 Pro tidak perlu takut baterai mereka habis selama masih sempat mengecas baterai menggunakan charger bawaannya.
 
Di pengalaman bermain game, Huawei P50 Pro bisa diajak bermain PUBG Mobile di grafis Ultra HD dan frame rate Ultra tanpa lag dan stuttering. Hal ini cukup menjadi modal bahwa smartphone tersebut juga bisa memainkan game berat sekelas Genshin Impact.
 
Kesimpulan
Menurut Medcom.id smartphone Huawei P50 Pro tetap menjanjikan kemampuan kamera yang mumpuni serta performa tinggi yang sangat bisa diandalkan dalam balutan desain mewah.
 
Tanpa Google Mobile Services, smartphone ini tetap menawarkan pengalaman terbaik selama Anda tidak mengandalkan aplikasi yang terhubung ke akun Google.
 
Huawei P50 Pro tersedia di Indonesia mulai tanggal 11 Februari, dengan kisaran harga kurang dari Rp16 juta.
 
Spesifikasi  Huawei P50 Pro
Prosesor Qualcomm Snapdragon 888
GPU Adreno 660
OS Android 11/EMUI 12
RAM  8GB
Memori Internal 256GB
Kamera Belakang 50MP+64MP+40MP+13MP
Depan 13MP
Baterai 4.360 mAh
Layar  6,6 inci OLED FHD Plus 120Hz
Harga TBA
 
 
9
Huawei P50 Pro
Plus
  • Desain semakin mewah
  • Kemampuan fotografi tergolong sangat memuaskan
  • Performa tinggi
  • Pengisian cepat baterai sangat membantu
  • Petal Search menjadi solusi tanpa Google
Minus
  • Masih ada beberapa aplikasi yang membutuhkan integrasi Google saat login.

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif