Vivo X70 Pro menyuguhkan performa baik, tidak hanya soal kamera yang diunggulkannya.
Vivo X70 Pro menyuguhkan performa baik, tidak hanya soal kamera yang diunggulkannya.

Review Smartphone

Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile

Lufthi Anggraeni • 22 Oktober 2021 11:38
Jakarta: Pada awal bulan Oktober lalu, Vivo mengumumkan kehadiran smartphone unggulan terbarunya di Indonesia, Vivo X70 Pro. Smartphone ini merupakan hasil kolaborasi Vivo dengan perusahaan teknologi optik kenamaan, Zeiss.
 
Bekerja sama dengan Zeiss, Vivo mengunggulkan kemampuan kamera pada X70 Pro ini. Kehadiran Vivo X70 Pro ini tergolong mengejutkan mengingat Vivo baru meluncurkan generasi sebelumnya, yaitu Vivo X60 Pro di Indonesia pada bulan April 2021 lalu.
 
Selain soal kamera, Vivo turut mengunggulkan sejumlah perubahan yang dibenamkannya baik di bagian dalam maupun bagian luar dari X70 Pro ini. Sehingga, tidak hanya menawarkan pengalaman fotografi lebih baik, Vivo turut mengklaim X70 Pro mampu menyuguhkan pengalaman lebih lengkap dari generasi sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ulasan kami terkait dengan smartphone unggulan terbaru Vivo di pasar Indonesia ini.
 

Desain

Portabilitas menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh desain yang diusung oleh Vivo X70 Pro. Sebab, meski berbekal layar berukuran 6,56 inci, Vivo X70 Pro masih mampu menghadirkan kenyamanan saat dipegang dan digunakan dengan satu tangan.
 
Hal ini berkat dimensi Vivo X70 Pro yang tergolong ringkas dan tipis, bagian tepian bodi yang berlekuk, serta bezel yang simetris di sekitar layar. Selain itu, desain ponsel ini juga menghadirkan kenyamanan saat menyimpan ponsel cerdas unggulan Vivo ini di saku celana, yang turut didukung oleh bobotnya yang ringan.
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Sementara itu, bagian belakang ponsel ini berlapis finishing tidak mengkilat meski tetap akan mendapati kilauan saat bodi belakang perangkat ini terpapar cahaya. Selain itu, saat mengusap bodi belakangnya, Anda akan menyadari bahwa bahan tidak mengkilat tersebut memiliki tekstur sedikit kasar.
 
Namun, meski membantu mengurangi visibilitas noda sidik jari yang menempel di bodi ponsel, tekstur bodi belakang Vivo X70 Pro ini tidak menghilangkan kesan licin saat menggenggam perangkat, terutama dengan telapak tangan berkeringat.
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Mengusung dimensi tipis hampir di seluruh bodi ponsel, Anda hanya akan menemukan bagian yang lebih menonjol pada bodi ponsel ini di bagian belakang, yaitu lokasi penyematan kamera. Bekal lebih dari satu kamera menjadikan bagian tersebut lebih tebal dibandingkan dengan bodi di sekitarnya.
 
Soal tombol fisik, Anda hanya akan menemukan tombol volume dan daya yang tersemat berdampingan di sisi kanan perangkat. Sedangkan di sisi bawah, Anda akan menemukan dua slot kartu SIM, serta lubang speaker yang mengapit port USB-C.
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 

Antarmuka dan Fitur

Vivo X70 Pro masih menggunakan sistem operasi Android 11, namun dengan antarmuka pengguna terbaru buatan Vivo yaitu Funtouch 12. Secara default, home screen menampilkan ikon shortcut aplikasi, sedangkan ikon aplikasi secara keseluruhan dapat Anda temukan di dalam laci aplikasi.
 
Vivo membekali X70 Pro ini dengan sejumlah pembaruan menarik, termasuk menu sistem yang disesuaikan untuk penggunaan satu tangan. Sejumlah konten menu dipindahkan ke bagian paruh bawah saat Anda mengusap layar ke arah bawah, meski tidak semua konten.
 
Sementara itu, laci aplikasi pada Vivo X70 Pro ini masih hadir dengan tampilan serupa bawaan dari Android, dengan kategori aplikasi yang direkomendasikan dan dapat ditampilkan secara lebih luas di bagian atas.
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Anda juga dapat mengakses tab widget dengan mengusap layar ke arah kanan saat berada di laci aplikasi. Selain itu, Vivo X70 Pro berbekal pemindai sidik jari bawah layar atau under-display fingerprint scanner, dengan jenis optical sebagai salah satu fitur keamanan yang ditawarkan Vivo.
 
Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendaftarkan hingga lima sidik jari sebagai kunci Vivo X70 Pro. Namun tidak banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memicu kemunculan ikon pemindai sidik jari saat layar dalam kondisi terkunci.
 
Ikon pemindai sidik jari hanya akan muncul saat sensor pergerakan mendeteksi pergerakan di layar bagian bawah. Dengan demikian, Anda hanya perlu meletakan jari di bagian sensor di layar, dan menunggu hingga kunci layar terbuka.
 
Meskipun demikian, sensor pemindai sidik jari ini tergolong cepat dan andal untuk dimanfaatkan sebagai cara membuka kunci layar.
 

Kamera

Soal kamera, Vivo membekali X70 Pro dengan kamera utama 50MP dengan f/1.8, OIS, dan gimbal stabilization, kamera portrait 12 MP dengan f/2.0, dan zoom optik 2x, kamera ultra wide 12 MP dengan kemampuan macro 2,5 cm dan f/2.2, serta kamera telephoto 8 MP dengan f/3.4, OIS, dan zoom optik 5x.
 
Kamera portrait 12MP ini hadir dengan ukuran fisik lensa nyaris sama besar dengan kamera utama, sehingga baik kamera utama maupun kamera portrait ini tampak mendominasi bagian belakang Vivo X70 Pro.
 
Soal kualitas gambar, kamera utama Vivo X70 Pro mampu menyuguhkan hasil foto dengan ketajaman, kecerahan warna, dan detail baik. Kamera ini mampu menyuguhkan gambar dengan rentang dinamis luas, meski fitur Auto HDR tidak diaktifkan.
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Juga didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI), teknologi pada kamera Vivo X70 Pro ini menyuguhkan tampilan lebih baik dalam hal saturasi warna. Sebab pada sejumlah perangkat lain, kehadiran AI kerap menyebabkan saturasi menjadi berlebihan.
 
Selain itu, dukungan Gimbal Stabilization 3.0 memungkinkan kamera menangkap fokus lebih cepat dari kemampuan pada umumnya. Performa baik juga ditunjukan kamera Vivo X70 Pro ini, sebab menampilkan blur pada batas antara objek utama dan latar belakang rapi tanpa kebocoran.
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Mengusung bukaan lensa dan ukuran sensornya yang besar, kamera utama Vivo X70 Pro juga mampu menyuguhkan hasil foto baik saat digunakan memotret di malam hari atau kondisi pencahayaan redup.
 
Hal ini juga terbentuk oleh dukungan mode malam khusus seperti Astro dan Supermoon, serta stabilisasi gimbal. Untuk bagian depan, vivo menyematkan kamera 32MP pada bagian layar dengan desain Punch Hole, menyuguhkan kemampuan sama baik dengan pendahulunya, Vivo X60 Pro.
 
Soal performa, kamera depan Vivo X70 Pro juga mampu menyuguhkan hasil foto yang baik, dengan warna alami, baik untuk pengambilan gambar otomatis ataupun portrait. Sementara itu, smartphone ini juga bisa merekam video dengan resolusi maksimal 4K dan 1080p di 60 FPS, dengan fitur stabilisasi gambar tetap aktif.
 

Performa

Vivo X70 Pro didukung chipset MediaTek Dimensity 120, berbekal CPU octa-core terbagi menjadi tiga cluster, yaitu 1x 3GHz Cortex-A78, 3x 2,6GHz Cortex-A78, dan 4x 2GHz Cortex-A55, serta GPU Mali-G77 MC9.
 
Selain itu, Vivo X70 Pro yang kami uji berbekal RAM berkapasitas 12GB dan ruang penyimpanan internal 256GB. Dalam penggunaan sehari-hari, Vivo X70 Pro mampu menyuguhkan performa yang baik tanpa hambatan berarti.
 
Selain itu, performa baik ini juga ditampilkan pada hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark 3DMark dan PCMark, yang menampilkan hasil skor tergolong tinggi, mengindikasikan performanya yang baik.
 
Vivo X70 Pro mampu melampaui pengujian pada aplikasi benchmark 3DMark Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1. Sedangkan pada hasil pengujian 3DMark Sling Shot, ponsel cerdas ini memperoleh skor 6.713.
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Pada pengujian yang melibatkan aplikasi PCMark Work 3.0, Vivo X70 Pro memperoleh skor sebesar 8.098. Performa ini juga kami temui saat menggunakan smartphone ini untuk memainkan PUBG Mobile.
 
Secara default, pengaturan grafis pada game ini diatur pada pengaturan grafis HD dan Frame Rate High, meski game masih tetap mampu berjalan dengan cukup baik saat pengaturan Frame Rate ditingkatkan menjadi Ultra dan grafis menjadi HDR, sebagai pengaturan maksimal.
 
Performa gaming tanpa rasa lag ini juga berkat dukungan refresh rate hingga 120Hz pada layar Vivo X70 Pro ini. Sementara itu, pengujian baterai yang melibatkan aplikasi PCMark menampilkan ponsel cerdas ini mampu bertahan 16 jam 11 menit.
 
Vivo X70 Pro, untuk Penggemar Fotografi Mobile
 
Sebagai informasi, kapasitas baterai Vivo X70 Pro sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan pendahulunya, dari 4.200 mAh menjadi 4.450 mAh. Sementara itu dalam kondisi siaga, baterai perangkat ini mampu bertahan hampir satu hari penuh.
 
Baterai Vivo X70 Pro juga didukung oleh teknologi pengisian daya cepat Flash Charge 44 watt. Dengan charger dan kabel bawaan, baterai Vivo X70 Pro dapat terisi dari kondisi kosong menjadi 50 persen dalam waktu sekitar 30 menit.
 
Sementara itu, dalam waktu 45 menit, daya baterai dapat terisi hingga 75 persen, dan terisi penuh dalam waktu kurang dari 1 jam 10 menit.
 
Kesimpulan
Tidak hanya menawarkan kemampuan di bidang fotografi berkat dukungan Zeiss, Vivo X70 Pro juga cukup mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan, salah satunya soal gaming.
 
Kamera Vivo X70 Pro ini mampu menghadirkan gambar jernih, serta hasil perekaman video yang stabil, berkat teknologi stabilisasi gimbal yang mendukungnya. Selain itu, desain menawan juga menjadi salah satu daya tarik dari smartphone ini.
 
Sayangnya, smartphone yang tersedia dalam pilihan warna Aurora Blue, seperti yang kami uji, serta biru, ungu, dan hitam ini kurang andal di bidang audio, sebab tidak didukung oleh speaker stereo serta keluaran suara dari smartphone ini juga bukanlah yang terkeras di ranah smartphone.
 
Spesifikasi  Vivo X70 Pro
Prosesor  MediaTek Dimensity 1200
GPU  Mali-G77 MC9
OS  Funtouch OS, Android 11
RAM  12GB
Memori Internal   256GB
Kamera  Belakang  50MP + 8MP + 12MP + 12MP
Depan 32MP
Baterai  4.450mAh
Layar AMOLED 6,56 inci, Full HD+, refresh rate 120Hz
Harga  Rp10.999.000
 
 
8.8
Vivo X70 Pro
Plus
  • Kemampuan kamera menawan
  • Performa baik
  • Desain menarik
  • Refresh rate 120Hz
  • Baterai cukup tahan lama
Minus
  • Speaker masih mono

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif