NEWSTICKER
EZVIZ C1C.
EZVIZ C1C.

Review Smartcam

EZVIZ C1C, CCTV Indoor Murah dan Mudah Digunakan

Teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Maret 2020 07:39
Jakarta: EZVIZmerupakan sub-brand produk CCTV berbasis IP Camera dari Hikvision. Apabila perusahaan induknya terkenal sebagai penyedia perangkat dan sistem CCTV untuk industri, EZVIZlebih menargetkan pengguna rumahan atau bisnis yang butuh kamera pengawas yang mudah digunakan.
 
Sebelumnya kami sudah menjajalEZVIZ C6CN yang punya keunggulan sudut putar 360 derajat. Kini kami menjajal EZVIZC1C yang ditujukan untuk kamera pengawas di dalam ruangan.
 
EZVIZC1C hadir dengan desain IP Camera sederhana. Perangkat ini tidak memiliki kemampuan putar 360 derajat. tapi punya engsel untul diatur sudut pandangnya secara manual. Engsel tersebut berada di penyanga kamera yang memberikan pengaturan sudut hingga 90 derajat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bodi EZVIZC1C cukup ringat makanya perangkat ini bisa terpasang di dinding atau atap rumah berbekal lem perekat yang kuat. Desainnya yang memiliki kaki penyangga juga membuat kamera pengawas ini cukup diletakan di atas meja atau benda lainnya.
 
EZVIZ C1C, CCTV Indoor Murah dan Mudah Digunakan
 
Di toko online resmi EZVIZTokopedia, produk ini dibanderol Rp369.000. Harga tersebut kami nilai masih sangat terjangkau untuk sebuah IP Camera, apalagi sensor kameranya bisa menghasilkan video resolusi 1080p. Kualitas gambar ini termasuk tinggi.
 
Kini Medcom.id mencoba melakukan instalasi atau pemasangan EZVIZC1C. Kamera pengawas ini memiliki dua satu lubang untuk kabel pasokan listrik atau adapter. Ya, tidak ada lubang RJ-45, artinya konektivitasnya menggunakan WiFi.
 
Hal ini punya nilai positif sekaligus negatif. Positifnya adalah proses pemasangan tidak rumit, pengguna hanya butuh mencari sumber listrik atau lubang colokan terdekat dari posisi pemasangan.
 
EZVIZ C1C, CCTV Indoor Murah dan Mudah Digunakan
 
Nilai negatifnya adalah, apabila kualitas WiFi di rumah sinyalnya lemah, maka akses ke EZVIZC1C akan butuh waktu sedikit agak lama. Kemudian transfer video real-time akan patah-patah.
 
EZVIZC1C tetap hadir dengan kendali lewat aplikasi mobile yang bisa dipasang di smartphone. Proses instalasi seperti koneksi WiFi dan konfigurasi kata sandi dilakukan dengan panduan dari aplikasi.
 
Menurut Medcom.id prosesnya pairing atau koneksi ke WiFi dan aplikasi lebih mudah dibandingkan EZVIZC6CN. Di perangkat Ezviz C1C ada indikator LED sebagai panduan tidak ketinggalan ada suara yang menandakan proses pairing apabila berhasil atau gagal.
 
Suara ini berasal dari speaker yang bisa digunakan untuk komunikasi dua arah. Fitur ini juga jadi nilai lebih EZVIZC1C yang juga dimiliki oleh EZVIZC6CN. Penggunanya bisa berkomunikasi via aplikasi di smartphone dengan orang yang terlihat oleh kamera pengawas.
 
EZVIZ C1C, CCTV Indoor Murah dan Mudah Digunakan
 
Setelah melakukan proses pairing, kami menemukan antarmuka aplikasi untuk EZVIZC1C masih sama seperti saat kami menguji EZVIZC6CN minggu lalu. Aplikasinya mudah digunakan. Kualitas video yang disajikan sangat tajam karena resolusi 1080p.
 
Tidak ketinggalan, kamera dari EZVIZC1C juga masih bisa melakukan pembesaran atau zooming. Kamera pengawas ini dilengkapi dengan fitur smart detect untuk memberikan notifikasi ke pengguna saat ada gerakan yang tertangkap kamera.
 
Kamera ini juga sudah memiliki penglihatan malam dengan dukungan infrared. Proses perubahan infrared cukup mulus dan cepat. Jadi proses perekaman video saat tiba-tiba ruangan menjadi gelap tidak akan terganggu.
 
EZVIZ C1C, CCTV Indoor Murah dan Mudah Digunakan
 
Apabila fitur ini diaktifkan, pengguna akan menerima notifikasi real-time berisi video yang direkam. Proses perekaman video bisa dengan berlangganan layanan cloud dari EZVIZatau memanfaatkan slot MicroSD di bagian belakang.
 
EZVIZ C1C, CCTV Indoor Murah dan Mudah Digunakan
 
Slot MicroSD ini bisa menampung kapasitas 256 GB. Namun Medcom.id menemukan proses memasukan dan melepaskan (eject) MicroSD di EZVIZC1C agak sulit. Kemungkinan karena desain slot yang dibuat tidak cukup sermpuna sehingga saat digunakan tidak mulus.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512G, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Kesimpulan
Menurut Medcom.id produk kamera pengawas EZVIZC1C sangat menarik untuk dimiliki sebagai pelengkap sistem CCTV indoor atau di dalam ruangan. Desainnya yang sederhana membuat proses pemasangan sangat mudah.
 
Meskipun begitu konektivitas yang hanya menggunakan WiFi memiliki efek positif dan negatif. Pengguna diharapkan bisa menentukan lokasi yang tepat untuk memasang EZVIZC1C dengan tetap memperhatikan kualitas sinyal WiFi di rumah.
 
Dibanderol harga yang masih sangat terjangkau, fitur yang disediakan EZVIZC1C termasuk cukup lengkap. Aplikasinya juga mudah digunakan. Hal ini membuat EZVIZsebagai pemain baru di IP Camera berpeluang punya reputasi bagus di Indonesia.
EZVIZC1C
Plus
  • Desain ringan dan mudah dipasang di mana saja
  • Proses pemasangan dan mengaktifkan mudah
  • Aplikasi mobile mudah digunakan
  • Mengandalkan konektivitas WiFi
  • Harga sangat terjangkau
  • Punya speaker komunikasi dua arah
Minus
  • Terlalu bergantung pada kualitas sinyal WiFi
  • Proses pasang dan melepas MicroSD tidak mulus

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif