Laptop gaming Asus ROG Zephyrus G14 dengan tampilan AniMe Matrix.
Laptop gaming Asus ROG Zephyrus G14 dengan tampilan AniMe Matrix.

Review Laptop Gaming

Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9

Teknologi teknologi asus hardware review laptop asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 30 Juni 2020 15:57
Jakarta: Asus mengumumkan laptop gaming terbarunya dari segmen laptop tipis mereka ROG Zephyrus Series yaitu ROG Zephyrus G14. Kehadiran laptop ini patut kami rayakan karena membawa banyak hal baru, termasuk momen baru.
 
Asus ROG Zephyrus bisa dibilang menjadi kali pertama prosesor AMD hadir di seri laptop gaming tingkat tinggi dari Asus. Laptop gaming yang punya tampilan baru ini dibekali prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile.
 
Medcom.id berkesempatan menjajal satu varian spesifikasi tertinggi Asus ROG Zephyrus G14 yang ditanamkan AMD Ryzen 9 4900HS, varisan prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile tertinggi dan mumpuni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prosesor ini punya 8-core/16-thread sehingga diklaim sebagai prosesor terbaik dan terhebat untul laptop gaming sekaligus content creatir terbaik. Berikut ini kami Medcom.id akan membeberkan alasan Asus ROG Zephyrus G14 begitu memikat.

Desain Baru Menawan Tanpa RGB

Asus ROG Zephyrus G14 punya formula yang sama seperti ROG Zephyrus Series yaitu desain tipis yang membuatnya mobile. Hal ini yang menyebabkan seri tersebut sebagai laptop gaming sekaligus kerja atau kreator konten.
 
Apabila ROG Zephyrus identik dengan warna hitam dan efek RGB, tidak dengan Asus ROG Zephyrus G14. Medcom.id berkesempatan menjajal ROG Zephyrus G14 (GA401) varian warna Moonlight White. Cover bagian luarnya punya warna putih pastel dan panel keyboard warna silver.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Bagian luar alias punggung dari monitor laptop gaming ini punya desain yang mengundnag perhatian. Ada sebuah titik-titik lubang yang membagi area tersebut secara diagonal yang menyediakan fitur bernama AniMe Matrix.
 
AniMe Matrix adalah efek visual berupa 1.215 mini LED yang memiliki 256 tingkat pencahayaan. Fitur ini bisa dikustomisasi untuk menyajikan tulisan maupun animasi atau grafis, termasuk menyesuaikan dengan equalizer musik yang berjalan.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Fitur AnimeMatrix akan kami jelaskan lebih detil nanti. Menurut kami ini menjadi bukti bahwa laptop gaming bisa tetap memukau tanpa efek RGB. Asus ROG Zephyrus G14 sendiri hadir dengan varian yang memiliki AniMe Matrix dan tidak.
 
Asus ROG Zephyrus G14 punya dimensi 32,4 x 22,2 cm dengan ketebalan 1,99cm serta bobot 1,7 kg. Dimensi ramping dan bobot ringan ini berlaku untuk varian yang memiliki AniMe Matrix, sementara yang tidak punya ukuran dan bobot lebih tips dan ringan.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Bodinya yang ramping tetap terasa nyaman dan ergonomis untuk digunakan. Asus ROG Zephyrus G14 masih menggunakan desain kaki ErgoLift khas Asus. Saat layar terbuka makan akan terlihat posisi lubang udara yang sudah didesain agar laptop bisa punya bodi ramping.
 
Layarnya mengusung ukuran 15,6 inci IPS resolusi FHD (1920x1080) refresh rate 120Hz yang reproduksi warnanya sudah divalidasi kualitas Pantone. Tidak heran ROG Zephyrus G14 semakin pas untuk hardcore gamer sekaligus content creator.

AniMe Matrix Jadi Fitur Paling Memikat

Tadi sudah dijelaskan bahwa bagian luar atau punggung monitor Asus ROG Zephyrus terdapat titik yang menyimpan mini LED untuk efek visual AniMe Matrix. Fitur kustomisasi tampilannya bisa diakses lewat ROG Armoury Create.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Menariknya, Anda tidak hanya diberikan efek static tapi mencipatakan loop atau pola efek visual AniMe Matrix. Tersedia fitur untuk memuat grafis pengganti logo Asus serta teks. Tingkat kecerahan cahaya dan kecepatan tampilan juga bisa diatur.
 
Mudahnya, AniMe Matrix punya efek serupa LED Digital Banner. Fitur ini dipastikan akan mengonsumsi baterai, makanya tersedia opsi untuk menonaktifkan fitur ini saat Asus ROg Zephyrus G14 tidak terhubung ke charger.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Beralih ke fitur lain, Asus ROG Zephyrus G14 hadir tanpa dukungan webcam yang biasa berfungsi sekaligus sebagai sistem keamanan. Penggantinya, laptop ini menyediakan sistem keamanan pemindai sidik jari di bagian tombol Power.
 
Keyboard laptop ini juga tidak hadir dengan backlit RGB melainkan LED backlit biasa tapi tetap memiliki dukungan N-Key Rollover yang membuatnya akurat dan responsif, pas bagi para gamer. Tersedia deretan tombol multimedia dan akses cepat ROG Armoury Crate di bagian atasnya.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Beralih ke dukungan I/O Port, tersedia beragam port yang sangat lengkap namun jangan harap Anda bisa mendapatkan MicroSD reader. Penggantinya, ROG Zephyrus G14 mendukung fitur Power Delivery yang memungkinkan laptop menggunakan charger berukuran kecil berdaya 65W.
 
Satu lagi fitur yang tidak bisa dilewatkan adalah dukungan konektivitas WiFi 6. Mengapa ini penting? WiFi 6 dikenal menyediakan bandwidth interner lebih besar dan transfer data lebih cepat, jadi laptop gaming ini bisa terhubung dan merasakn koneksi yang lebih cepat.

Performa AMD Ryzen 9 4900HS Berpadu NVIDIA GTX 2060

Sebuah kesempatan istimewa bagi Medcom.id untuk bisa menjajal varian spesifikasi tertinggi Asus ROG Zephyrus G14 dengan prosesor AMD Ryzen 9 4900HS.
 
Kartu grafis mengandalkan NVIDIA GeForce RTX 2060 VRAM 6GB GDDR6 serta kapasitas RAM 16GB DDR4 3200MHz dan kapasitas penyimpanan 1TB berbasis NVMe PCIe SSD. Ini adalah paket spesifikasi tertinggi Asus ROG Zephryus G14.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Varian lainya tersedia pilihan prosesor AMD Ryzen 7 dan Ryzen 5 dari Ryzen 4000 Sereis Mobile kemudian kapasitas RAM 8GB dan storage 512GB NVMe PCIe SSD. Kartu grafisnya juga diberikan pilihan NVIDIA GTX 1660Ti dan GTX 1650Ti.
 
Tidak sabar dengan kesempatan menjajal Asus ROG Zephyrus G14 varian spesifikasi tertinggi, Medcom.id langsung melakukan pengujian pertama. Semua pengujian yang dilakukan di laptop ini dilakukan dalam mode performa Turbo alis mode yang fokus ke performa maksimal dan terhubung ke charger.
Pengujian PCMark 10 3DMark Firestrike Cinebench R20 (single) Cinebench R20 (multi)
Skor 5644 13803 478 4045

Kami menguji di PCMark 10 skenario Modern Office dan Cinebench R20 single core dan multi core untuk melihat kemampuan AMD Ryzen 9 4900HS. Hasil skor yang diperoleh memperlihatkan performa laptop ini terbilang tinggi.
 
Selanjutnya kami melakukan pengujian kemampuan grafisnya dengan 3DMark Fire Strike. Asus ROG Zephyrus G14 juga masih mengantongi skor yang tinggi. Pengujian yang tidak boleh dilewatkan adalah melihat kemampuan grafisnya saat bermain game.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Di game Assassin's Creed Odyssey pengaturan grafis Ultra High diperoleh frame rate rata-rata (average) 45fps. Hasil ini sudah sangat memuaskan karena berhasil melampaui 30fps. Performanya bisa lebih tinggi lagi di kualitas grafis High dengan frame rate rata-rata melebihi 60fps.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Game kedua adalah Gears 5 di kualitas grafis Ultra. Asus ROG Zephyrus G14 bisa menyajikan frame rate rata-rata (average) di 62fps. Kemudian di game sekelas Word War Z kualitas grafis Ultra, frame rate rata-rata (average) berada di 103fps.
 
Artinya, pengalaman gaming di Asus ROG Zephyrus G14 tergolong sangat memuaskan karena frame rate rata-rata saat game berjalan sudah tinggi. Kini beralih pengujian baterainya, kami menggunakan software PCMark 10 skenario Modern Office. Pengujian ini dilakukan dengan fitur AniMe Matrix dan backlit nonaktif, baterai Save Mode, dan kecerahan layar 20 persen.
 
Kondisi ini disimulasikan Asus ROG Zephyrus G14 digunakan untuk bekerja secara mobile seperti di cafe atau tempat yang tidak memungkinkan terhubung ke charger. Simulasi dari PCMark 10 Modern Office berhasil mencatat daya tahan baterainya hingga 6 jam 13 menit.
 
Review Asus ROG Zephyrus G14, Tampilan Menawan AMD Ryzen 9
 
Meskipun ini sebatas simulasi, namun bisa diprediksi saat penggunaan sehari-hari daya tahannya mungkin tidak akan jauh berbeda. Laptop gaming yang bisa dipakai bekerja dengan perkiraan daya tahan hingga enam jam sudah tergolong sangat bagus.
 
Kesimpulan
Asus ROG Zephyrus G14 menurut Medcom.id adalah salah satu kesuksesan Asus menghadirkan laptop gaming tanpa RGB yang tetap menawan dan tidak berkompromi dengan spesifikasinya.
 
Melihat desain serta spesifikasi yang diberikan, kami sepakat bahwa Asus ROG Zephyrus G14 yang kami jajal adalah perpaduan sempurna laptop gaming dan content creator.
 
Asus ROG Zephyrus G14 dengan beberapa paket varian spesifikasi dibanderol mulai dari Rp23,9 juta hingga Rp34,9 juta. Spesifikasi yang kami jajal diatas masuk dalam harga tertingginya.
SPESIFIKASI Asus ROG Zephyrus G14
Prosesor AMD Ryzen 9 4900HS
RAM 16GB DDR4 3200MHz
Memori Internal 1TB NVMe PCIe SSD
Layar 15,6 IPS FHD (1920x1080) 120Hz, Pantone
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 VRAM 6GB GDDR6
Bobot 1,7 kg
Dimensi 32,4 x 22,2 x 1,99 cm
Harga Rp34.999.000
9
Asus ROG Zephyrus G14 (AMD Ryzen 9 4900HS)
Plus
  • Desain dan tampilan baru
  • AniMe Matrix
  • Bodi ringan dan tipis, semakincompact
  • Performa memuaskan
  • Kombinasi AMD Ryzen 9 dan NVIDIA GeForce RTX
  • RAM dan memori besar pakai NVMe PCIe SSD
  • Daya tahan baterai panjang
Minus
  • Tidak ada webcam

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif