realme 9 4G.
realme 9 4G.

Review Smartphone

realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah

Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 14 April 2022 13:50
Jakarta: realme ternyata masih menambah portofolio smartphone mereka di awal tahun ini dengan realme 9 4G. Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa rumpun realme 9 sebelumnya telah meluncur bulan Februari lalu.
 
Mengusung spesifikasi dan harga yang lebih menarik, realme tampaknya mencoba membuktikan bahwa smartphone 4G tetap menjadi produk yang layak dibeli saat ini.
 
Diperkenalkan sebagai smartphone kelas menengah, realme 9 4G tetap menyediakan sejumlah fitur yang cukup menarik di kelasnya. Ini juga berlaku dari aspek desain yang ditawarkan. Seperti apa desain dan kemampuannya? Berikut review dari redaksi teknologi Medcom.id.
 

Desain

realme 9 4G menyajikan desain yang mereka beri nama Ripple Holographic, menawarkan pantulan cahaya mengkilap pada warna Meteor Black. Desain ini harus diakui punya tampilan yang cukup memukau, baik dari bodi hingga bingkai kamera yang menawarkan model lebih mewah.
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bingkai kamera ini memang punya kesan yang berbeda, berkat ukuran yang cukup besar dan punya tekstur seperti kaca, tak lupa dengan elemen warna dasar yang membuatnya punya kombinasi desain bagus. realme mengaku desain ini memanfaatkan gabungan Plasma Atom-coating Process dan UV-nano Imprinting Process untuk menciptakan tekstur 3D bergelombang. Ini membuat kilauan bodinya seperti berombak.
 
realme 9 4G mencoba menawarkan bodi yang ergonomis. Ketebalannya 7,99 mm dan punya berat 178g, membuatnya cukup enteng saat dipegang satu tangan. Pinggiran bodinya juga punya grip yang memadai, berkat bentuk yang kukuh tanpa memberikan kesan tebal. Desain pinggiran bodi ini juga membuatnya enak dilihat dari berbagai sisi.
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
realme 9 4G menggunakan panel Super AMOLED 6,4 inci resolusi FHD+ (2400x1080) di bagian layarnya dan dilengkapi refresh rate 90Hz. Tergolong murah untuk ukuran layar AMOLED di harga Rp2 juta. Spesifikasi layarnya jelas mencukupi untuk bermain game dan menikmati konten video yang memanjakan mata.
 
Seperti realme 9 Pro+ yang pernah kami review, realme tetap menaruh tombol power di sisi kanan dan tombol volume di sisi kiri bodi. Fitur pemindai sidik jari ditaruh pada bagian atas layar alias in-display. Hal yang menarik adalah fitur ini juga dilengkapi sensor untuk membaca kecepatan detak jantung atau heart rate monitor.
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
Pada sisi bagian bawah dijumpai port USB-C serta audio jack. Ini adalah kabar baik untuk pengguna yang memilih untuk setia mengandalkan earphone model audio jack 3,5mm. Sedangkan slot kartu SIM terpasang di pinggir kiri, dan punya dukungan triple slot untuk dua kartu SIM dan satu kartu Micro SD.
 

Antarmuka dan Fitur

realme 9 4G langsung mengadopsi realme UI 3.0 berbasis Android 12. Antarmuka realme UI 3.0 memperkenalkan tampilan baru yang menyegarkan dengan desain Fluid Space dan Sketchpad AOD.
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
Sistem operasi ini juga mengusung sederet fitur baru untuk membantu melindungi privasi Anda, dan peningkatan di seluruh sistem untuk membuat smartphone realme Anda lebih cepat dan lebih lancar dari sebelumnya. Sistem operasi realme 3.0 diklaim realme dapat mengurangi 30 persen penggunaan memori.
 
Terdapat juga fitur Game Space andalan realme yang kini berubah nama menjadi aplikasi bernama Game namun fungsinya masih sama yaitu mengoptimalisasi performa perangkat saat bermain game. Di sini juga disediakan fitur untuk merekam momen di dalam game. Tampilannya masih serupa dengan realme 8i yang pernah kami coba.
 
Selain itu, berkat layar Super AMOLED yang dibawanya, realme 9 4G memiliki pemindai sidik jari di bawah layar yang responsif. Biasanya kami pesimistis dan menilai fingerprint scanner di bodi belakang atau tombol power masih lebih cepat.
 
Saat membuka kunci layar, pemindai sidik jari di realme 9 4G juga dapat mengukur detak jantung pengguna namun angka yang dihasilkan tidak bisa menjadi rujukan kesehatan karena pemindai sidik jari pada #HapeTerbaikRamadan dari realme dua jutaan ini hanya sebagai referensi saja.
`

Kamera

Berbeda dengan realme 9 Pro+, realme 9 4G menjagokan sensor utamanya Samsung Isocell HM6. Salah satu hal yang ingin ditonjolkan pada sensor ini adalah kemampuan Nonapixel Plus 9 in 1. Tidak seperti teknologi 3-average tradisional HM2, teknologi ini menggabungkan 9 piksel menjadi satu pada lensa 108MP.
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
Dengan begitu, ia diklaim mampu menghasilkan sensitivitas cahaya low-dark light dan fitur noise control capability telah ditingkatkan sehingga menciptakan performa maksimal untuk pemotretan malam hari. Berkat dukungan smart ISO, kecerahan maksimum sensor HM6 meningkat 1,6 kali dalam kondisi minim cahaya.
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
Selain itu, realme tetap menggunakan fitur-fitur yang cocok untuk mengambil Street Photography. Contohnya dari beberapa jenis filter yang ditawarkan, ditambah kualitas kamera yang memadai.
 

Performa dan Baterai

realme 9 4G mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 680, mengusung fabrikasi 6nm dan berduet dengan GPU Adreno 610. Qualcomm mengaku performanya 25 persen lebih kencang dari generasi sebelumnya, dan punya peningkatan kinerja AI sebanyak 25 persen. Smartphone ini ditawarkan dalam dua kapasitas RAM dan memori internal 6/128GB dan 8/128GB.
 
Kami menguji performa realme 9 4G menggunakan PCMark dan 3DMark dari UL Benchmarks. Skor yang dihasilkan bisa Anda lihat di bawah ini.
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
realme 9 4G punya baterai 5.000 mAh dan didukung fitur 33W Dart Charge. Pengisian baterai dari nol hingga 50 persen bisa dicapai dalam durasi kurang dari 30 menit. Saat kami uji dengan PCMark Battery, ia mampu bertahan hingga 22 jam 47 menit. Ketahanan ini tergolong lama untuk smartphone yang menawarkan daya baterai besar.
 
realme 9 4G, Desain Mewah di Kelas Menengah
 
Di pengalaman bermain game realme 9 4G langsung kami ajak bermain PUBG Mobile. Kualitas grafis default game ini adalah tingkat Balanced dengan frame rate medium. Performanya tergolong mulus, ditambah panas dari bodi yang hampir tidak terasa.
 
Kesimpulan
Medcom.id menilai realme 9 4G menawarkan pengalaman menarik di smartphone kelas menengah. Kemampuan kamera yang ditawarkan tergolong memuaskan dan performanya yang bisa diajak bermain game PUBG Mobile diatas layar AMOLED tanpa terasa berat dan suhu panas adalah daya tarik yang lain.
 
Daya tahan baterai yang panjang juga menjadi salah satu keunggulan yang layak dipertimbangkan. realme 9 4G bisa didapatkan secara online di realme Official Stores di Tokopedia.
 
Spesifikasi  realme 9 4G
Prosesor Qualcomm Snapdragon 680
GPU Adreno 610
OS Android 12 + realme UI 3.0
RAM  8GB
Memori Internal 128GB
Kamera Belakang 108MP+8MP+2MP
Depan 16MP
Baterai 5.000 mAh Dart Charge 33W
Layar  6,4 inci Super AMOLED FHD+ 90Hz
Harga Rp3.599.000
 
 
8.5
realme 9 4G
Plus
  • Baterai awet
  • Desain keren di kelasnya
Minus
  • Akses fitur detektor jantung kurang praktis
 
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif